Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mapel SKI Pokok Bahasan Peradaban Dinasti Abasiyah melalui strategi Quiz Team Kelas VIII B Mts Darul Ulum Batu Raja Sungkai Utara Tahun Ajaran 2022/2023

Penulis

  • laelatul fatimah Stai Ibnu Rusyd
  • Afif
  • Harmono

Kata Kunci:

Quiz Team, Hasil Belajar, Sejarah Kebudayaan Islam

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Peradaban Dinasti Abbasiyah melalui penerapan strategi Quiz Team pada kelas VIII B MTs Darul Ulum Batu Raja Sungkai Utara tahun ajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah 30 siswa. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Data dikumpulkan melalui tes hasil belajar, observasi pembelajaran, dan wawancara dengan siswa. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan pada hasil belajar siswa. Nilai rata-rata kelas pada siklus I adalah 70,6 dan meningkat menjadi 83,1 pada siklus II, dengan peningkatan yang signifikan dalam partisipasi siswa dalam diskusi dan kuis kelompok. Penerapan strategi Quiz Team berhasil meningkatkan keterlibatan siswa dalam pembelajaran, serta mendorong mereka untuk lebih percaya diri dalam berpartisipasi. Kendala yang dihadapi, seperti kurangnya waktu untuk diskusi mendalam dan rasa kurang percaya diri beberapa siswa, dapat diatasi dengan memberikan waktu tambahan dan dorongan untuk berpartisipasi lebih aktif. Secara keseluruhan, penelitian ini menunjukkan bahwa strategi Quiz Team efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Peradaban Dinasti Abbasiyah.

 

Referensi

Agus Suprijono. (2015). Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Belajar

Arifin, Z. (2014). Evaluasi Pembelajaran. Jakarta: PT Remaja Rosdakarya.

Arikunto, S. (2013). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Dimyati, M., & Mudjiono. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Huda, M. (2013). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

ILMIYAH, E. (2022). UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SKI POKOK BAHASAN PERADABAN DINASTI ABBASIYAH MELALUI STRATEGI QUIZ TEAM DI KELAS VIII A. 2 MTs GONDANG WONOPRINGGO. SECONDARY: Jurnal Inovasi Pendidikan Menengah, 2(4), 495-502.://www.jurnalp4i.com/index.php/secondary/article/view/1707/1603

Saadah, N. (2016). Penerapan Metode Team Quiz Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VI Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayan Islam (SKI) Materi Khalifah Ali Bin Abi Thalib Di MSI 03 SugihWaras Kota Pekalongan Tahun Pelajaran 2016/2017 (Doctoral dissertation, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Pekalongan). http://etheses.uingusdur.ac.id/6928/1/2021311171%20NAILUS%20SAADAH%20BAB%20I%2C%20V%20DAN%20LAMP_1.PDF

Sanjaya, W. (2006). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Suprijono, A. (2013). Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Suprijono, A. (2015). Strategi Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Kencana.

Suryanto, D. (2019). Pendidikan Sejarah Kebudayaan Islam. Jakarta: Prenadamedia Group.

Suyadi. (2013). Panduan Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Diva Press

Unduhan

Diterbitkan

2022-11-05

Cara Mengutip

fatimah, laelatul, Afifatun, S., & Harmono. (2022). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mapel SKI Pokok Bahasan Peradaban Dinasti Abasiyah melalui strategi Quiz Team Kelas VIII B Mts Darul Ulum Batu Raja Sungkai Utara Tahun Ajaran 2022/2023. JPIB : Jurnal Penelitian Ibnu Rusyd, 1(3), 35–43. Diambil dari https://ojs.stai-ibnurusyd.ac.id/index.php/jpib/article/view/485