Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mapel SKI Pokok Bahasan Peradaban Dinasti Abasiyah melalui strategi Quiz Team Kelas VIII B Mts Darul Ulum Batu Raja Sungkai Utara Tahun Ajaran 2022/2023
Kata Kunci:
Quiz Team, Hasil Belajar, Sejarah Kebudayaan IslamAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Peradaban Dinasti Abbasiyah melalui penerapan strategi Quiz Team pada kelas VIII B MTs Darul Ulum Batu Raja Sungkai Utara tahun ajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah 30 siswa. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Data dikumpulkan melalui tes hasil belajar, observasi pembelajaran, dan wawancara dengan siswa. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan pada hasil belajar siswa. Nilai rata-rata kelas pada siklus I adalah 70,6 dan meningkat menjadi 83,1 pada siklus II, dengan peningkatan yang signifikan dalam partisipasi siswa dalam diskusi dan kuis kelompok. Penerapan strategi Quiz Team berhasil meningkatkan keterlibatan siswa dalam pembelajaran, serta mendorong mereka untuk lebih percaya diri dalam berpartisipasi. Kendala yang dihadapi, seperti kurangnya waktu untuk diskusi mendalam dan rasa kurang percaya diri beberapa siswa, dapat diatasi dengan memberikan waktu tambahan dan dorongan untuk berpartisipasi lebih aktif. Secara keseluruhan, penelitian ini menunjukkan bahwa strategi Quiz Team efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Peradaban Dinasti Abbasiyah.
Referensi
Agus Suprijono. (2015). Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Belajar
Arifin, Z. (2014). Evaluasi Pembelajaran. Jakarta: PT Remaja Rosdakarya.
Arikunto, S. (2013). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Dimyati, M., & Mudjiono. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta
Huda, M. (2013). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
ILMIYAH, E. (2022). UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SKI POKOK BAHASAN PERADABAN DINASTI ABBASIYAH MELALUI STRATEGI QUIZ TEAM DI KELAS VIII A. 2 MTs GONDANG WONOPRINGGO. SECONDARY: Jurnal Inovasi Pendidikan Menengah, 2(4), 495-502.://www.jurnalp4i.com/index.php/secondary/article/view/1707/1603
Saadah, N. (2016). Penerapan Metode Team Quiz Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VI Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayan Islam (SKI) Materi Khalifah Ali Bin Abi Thalib Di MSI 03 SugihWaras Kota Pekalongan Tahun Pelajaran 2016/2017 (Doctoral dissertation, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Pekalongan). http://etheses.uingusdur.ac.id/6928/1/2021311171%20NAILUS%20SAADAH%20BAB%20I%2C%20V%20DAN%20LAMP_1.PDF
Sanjaya, W. (2006). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Suprijono, A. (2013). Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Suprijono, A. (2015). Strategi Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Kencana.
Suryanto, D. (2019). Pendidikan Sejarah Kebudayaan Islam. Jakarta: Prenadamedia Group.
Suyadi. (2013). Panduan Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Diva Press
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 laelatul fatimah, Afif, Harmono

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
1) Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepenulisan karya dan publikasi awal di jurnal ini.
2) Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan awal publikasi di jurnal ini.
3) Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusi atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menghasilkan pertukaran yang produktif, serta kutipan lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.