PENGARUH GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP PEMBENTUKAN AKHLAK SISWA KELAS V SD NEGERI 7 KOTABUMI TAHUN AJARAN 2022/2023
Kata Kunci:
Tata cara Pengajaran, Nilai-nilai Moral, Keterlibatan Siswa.Abstrak
Riset ini bertujuan buat mengkaji pengaruh guru Pembelajaran Agama Islam (PAI) terhadap pembuatan akhlak siswa di kelas V SD Negara 7 Kotabumi. Dalam konteks pembelajaran guru PAI mempunyai kedudukan berarti dalam menanamkan nilai-nilai moral serta etika yang cocok dengan ajaran agama. Lewat tata cara pengajaran yang efisien guru bisa membimbing siswa buat menguasai serta menginternalisasi ajaran agama, yang berkontribusi pada pertumbuhan kepribadian mereka.
Hasil riset menampilkan kalau pendekatan yang digunakan oleh guru PAI, semacam dialog interaktif serta aktivitas aplikasi bisa tingkatkan uraian siswa tentang akhlak mulia. Siswa yang ikut serta aktif dalam pendidikan menampilkan pergantian positif dalam sikap sehari-hari, semacam lebih menghormati orang tua, berlagak jujur, serta hirau terhadap sesama. Interaksi sosial yang dibentuk di dalam kelas pula berfungsi dalam membentuk perilaku bersama menghargai di antara siswa.
Secara totalitas penemuan ini mengindikasikan kalau pengaruh guru PAI sangat signifikan dalam membentuk akhlak siswa. Oleh sebab itu, berarti untuk sekolah buat menunjang pengembangan kompetensi guru PAI lewat pelatihan serta penyediaan sumber belajar yang mencukupi Dengan demikian, diharapkan pembelajaran agama bisa lebih maksimal dalam membentuk generasi yang berakhlak mulia serta bertanggung jawab di warga.
Referensi
Aryanto, Fahry. Peranan Guru PAI Pada Proses Pembentukan Akhlak Siswa SMP Al Imam Metro Kibang Kelas IX. Diss. IAIN Metro, 2020.
Bahar, Hafiz. "Pengaruh Pendidikan Agama Islam terhadap Pembentukan Akhlak Siswa di SMA Darussalam Cimanggis Ciputat." (2008).
D LIANA, D. I. N. A. R. Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pembentukan Akhlak Siswa Kelas I SD Islam Kasih Embun Pagi Konawe Selatan. Diss. IAIN KENDARI, 2023.
Daulay, Haidar Putra, and Nurussakinah Daulay. "Pembentukan Akhlak Mulia: Tinjauan Pendidikan Agama Islam Dan Psikologi Positif." (2022).
Romadhoni, Ahsanu Akbar. Straregi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Akhlak Siswa Di MTsN 1 Blitar. Diss. IAIN Kediri, 2022.
Sibuea, Parulian, Meyniar Albina, and Abdul Fattah Nasution. "Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam: Mewujudkan Pembelajaran Inovatif di Sekolah/Madrasah." (2023).
Ani, Suprati, Nina Kurniah Nurul Ihsani,Hubungan Metode Pembiasaan dalam Pembelajaran dengan Disiplin Anak Usia Dini.Jurnal Ilmiah Potensia, Vol. 3 No 1,(2018):52
Hidayat, Tatang, Endis Firdaus, and Momod Abdul Somad. "Model pengembangan kurikulum Tyler dan implikasinya dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di sekolah." POTENSIA: Jurnal Kependidikan Islam 5.2 (2020): 197-218.
Iriani, Farida. "Kreativitas Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pemanfaatan Media Pembelajaran dan Kemampuan Siswa dalam Memahami Materi PAI di Sekolah Dasar." DAYAH: Journal of Islamic Education 2.2 (2019): 168-181.
Ismail, Fajri. "Inovasi evaluasi hasil belajar pendidikan agama islam (Model-model penilaian berbasis afektif)." Ta'dib: Jurnal Pendidikan Islam 18.02 (2013): 228-259.
Miharjarudin. “Peran Guru Agama Islam dalam Pembinaan Akhlak pada peserta didikSDN 32 Kubu”, Jurnal Bimbingan Konseling 2, no. 1, (2022): 40.
Nasution, Lita Rizky. "UPAYA PENINGKATAN TATA CARA BERWUDHU YANG BENAR PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI." Jurnal Siklus: Penelitian Tindakan Kelas (PTK) 1.2 (2023): 433-440.
Nurhasan.“Pola Kerjasama Sekolah Dan Keluarga Dalam Pembinaan Akhlak (Studi Multi Kasus Di MI Sunan Giri Dan MI Al-Fattah Malang).” Al-Makrifat: Jurnal Kajian Islam3, no. 01. (2018) : 101
Sari, Rosita, Muh Ihsan, and Yassir Arafat Nasution. "Analisis Peran Kepala Sekolah sebagai Supervisor dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam di Era Digitalisasi Peserta Didik SDIT Asy Syaamil Tahun Pelajaran 2023/2024." NABAWI: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam 1.2 (2024): 243-258.
Syaâ, Moch. "Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Terpadu di Sekolah." Al-Ibrah: Jurnal Pendidikan Dan Keilmuan Islam 2.1 (2017): 60-87.
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 fidari nur dini, Martoyo

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
1) Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepenulisan karya dan publikasi awal di jurnal ini.
2) Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan awal publikasi di jurnal ini.
3) Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusi atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menghasilkan pertukaran yang produktif, serta kutipan lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.