PENERAPAN METODE PEMBIASAAN SEBAGAI UPAYA INTERNALISASI NILAI DISIPLIN DI MTS AL-MA'ARIF BATU NANGKOP
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan metode pembiasaan sebagai upaya internalisasi nilai disiplin pada siswa MTs AlMa'arif Batu Nangkop. Kedisiplinan merupakan nilai karakter yang fundamental dalam pengembangan kepribadian siswa. Metode pembiasaan dipilih sebagai strategi utama karena mampu membentuk perilaku secara konsisten dan berkelanjutan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian terdiri dari kepala madrasah, guru, dan siswa MTs Al-Ma'arif Batu Nangkop. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode pembiasaan dilakukan melalui tiga tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Bentuk pembiasaan yang diterapkan meliputi pembiasaan rutin, pembiasaan spontan, dan pembiasaan keteladanan. Faktor pendukung dalam implementasi metode ini adalah komitmen seluruh stakeholder madrasah, sementara faktor penghambatnya meliputi keterbatasan sarana prasarana dan pengaruh lingkungan eksternal. Penelitian ini menyimpulkan bahwa metode pembiasaan efektif dalam menginternalisasikan nilai disiplin pada siswa yang ditandai dengan meningkatnya kesadaran disiplin siswa baik dalam konteks ibadah, belajar, maupun tata tertib madrasah.
Referensi
Arief, A. (2019). Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam Jakarta: Ciputat Press.
Creswell, J. W. (2017). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. London: Sage Publications.
Djaali. (2018). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Djamarah, S. B. (2016). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Gunawan, H. (2019). Pendidikan Karakter: Konsep dan Implementasi. Bandung: Alfabeta.
Hidayat, R. (2019). Pemikiran Pendidikan Islam Ibn Miskawaih Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Hurlock, E. B. (2013). Perkembangan Anak Jakarta: Erlangga.
Lickona, T. (2013). Educating for Character. How Our Schools Can Teach Respect and Responsibility. New York: Bantam Books.
Mulyana, R. (2016). Mengartikulasikan Pendidikan Nilai Bandung: Alfabeta.
Mulyasa, E. (2018). Manajemen Pendidikan Karakter Jakarta: Bumi Aksara.
Rusn, A. I. (2017). Pemikiran Al-Ghazali tentang Pendidikan Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kualitatif Bandung: Alfabeta.
Sukmadinata, N. S. (2017). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Tươu, T. (2018). Peran Disiplin pada Perilaku dan Prestasi Siswa Jakarta: Grasindo.
Wibowo, A. (2017). Pendidikan Karakter: Strategi Membangun Karakter Bangsa Berperadaban Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Alfira Mersania Shintia, Supriyanti, Mutho'i

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
1) Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepenulisan karya dan publikasi awal di jurnal ini.
2) Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan awal publikasi di jurnal ini.
3) Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusi atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menghasilkan pertukaran yang produktif, serta kutipan lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.