PENGARUH PERILAKU BAIK SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI SISWA KELAS V DI SD ISLAM IBNU RUSYD KOTABUMI LAMPUNG UTARA TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Penulis

  • dwi sari Stai Ibnu Rusyd
  • Anita

Kata Kunci:

Sikap Baik, Hasil Belajar, Pembelajaran Agama Islam, Budi Pekerti, Siswa Kelas V, SD Islam Ibnu Rusyd.

Abstrak

Riset ini bertujuan buat menganalisis pengaruh sikap baik siswa terhadap hasil belajar mata pelajaran Pembelajaran Agama Islam serta Budi Pekerti di SD Islam Ibnu Rusyd Kotabumi Lampung Utara pada tahun pelajaran 2022/2023. Lewat tata cara kuantitatif, informasi dikumpulkan dari siswa kelas V dengan memakai kuesioner yang mengukur sikap baik, dan nilai akademik yang diperoleh dari laporan hasil belajar. Hasil analisis menampilkan kalau ada ikatan positif yang signifikan antara sikap baik siswa dengan hasil belajar mereka. 

 

Sikap baik siswa, yang mencakup perilaku disiplin, kerjasama, serta rasa hormat, berfungsi berarti dalam tingkatkan motivasi serta fokus belajar. Siswa yang menampilkan sikap baik cenderung mempunyai interaksi yang lebih baik dengan guru serta sahabat sebaya, yang pada gilirannya bisa tingkatkan uraian serta pelaksanaan modul pelajaran. Riset ini menggarisbawahi berartinya pembinaan sikap baik di area sekolah selaku salah satu aspek penentu keberhasilan akademik. 

 

Hasil riset diharapkan bisa jadi acuan untuk para pendidik serta orang tua dalam menunjang pengembangan sikap baik siswa. Dengan tingkatkan sikap baik, diharapkan hasil belajar mata pelajaran Pembelajaran Agama Islam serta Budi Pekerti bisa bertambah secara signifikan. Riset ini pula menganjurkan perlunya program-program pembinaan kepribadian di sekolah buat menanamkan nilai-nilai positif pada siswa. 

Referensi

Berliana, I. (2019). Hubungan Pengetahuan dan Pola Asuh Orang Tua Dengan Pola Makan Pada Anak Sindrom Nefrotik.

Emirita E. (2018). Pengaruh Pendidikan Agama Islam Terhadap Pembentukan Akhlak dan Kedisiplinan Siswa di SDIT Insan Robbani Lampung Utara.

Febrianti, A. R., Asep Dudi Suhardini, & Fitroh Hayati. (2022). Kerjasama Sekolah dan Orangtua dalam Pembinaan Akhlak Siswa. Bandung Conference Series: Islamic Education, 2(2), 548–552. https://doi.org/10.29313/bcsied.v2i2.3878

Mutakin, T. Z. (2014). Penerapan teori pembiasaan dalam pembentukan karakter religi siswa di tingkat sekolah dasar. Edutech, 13(3), 361-373.

Nasucha, J. A. (2021). Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam Membentuk Karakter Religius Siswa. Tabyin: Jurnal Pendidikan Islam, 3(02), 7-23.

Noviyanto, R. (2017). Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Kegiatan Keagamaan Di Mi Mathla’ul Anwar Landbaw Kecamatan Gisting Kabupaten Tanggamu (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).

Nurbaiti, R., Alwy, S., & Taulabi, I. (2020). Pembentukan Karakter Religius Siswa Melalui Pembiasaan Aktivitas Keagamaan. EL Bidayah: Journal of Islamic Elementary Education, 2(1), 55-66. Pekalongan).

Purboretno, A. A., Mansur, R., & Mustafida, F. (2022). Pembentukan Karakter Disiplin Melalui Kegiatan Keagamaan Siswa Pada Mata Pelajaran Pai Di Smpn 3 Jatinom Klaten. Vicratina: Jurnal Pendidikan Islam, 7(7), 96-106.

Rosada, A. (2019). Pembentukan karakter religius siswa melalui kegiatan keagamaan di MTs Attaqwa Desa Wonokerto Kecamatan Bandar Kabupaten Batang (Doctoral dissertation, IAIN

Rukmana, L., Hakim, L., & Fatmawati, K. (2020). Upaya Guru dalam Membentuk Karakter Tanggung Jawab melalui Kegiatan Keagamaan pada Siswa Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Nurul Ihsan Kota Jambi (Doctoral dissertation, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi).

Sanaky, AH. H. (2003). Paradigma Baru Pendidikan Islam.

Shinta, M., & Ain, S. Q. (2021). Strategi Sekolah Dalam Membentuk Karakter Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 4045-4052.

Shobirin, M. (2018). Pembelajaran Tahfidz Al Qur’an dalam Penanaman Karakter Islami. Quality, 6(1), 16-30.

Sholiha, D. A., Alfa, F., & A'yun, Q. (2021). Pembentukan Karakter Religius Siswa Melalui Kegiatan Keagamaan Mujahadah di Pondok Pesantren Kedunglo II Kepanjen Malang. Vicratina: Jurnal Pendidikan Islam, 6(5), 92-101.

Sulistiyorini, D., & Nurfalah, Y. (2019). Pembentukan Karakter Religius Siswa Melalui Kegiatan Dewan Jama’ah Mushola (DJM) Di SMK PGRI 2 Kota Kediri. Indonesian Journal of Islamic Education Studies (IJIES), 2(1), 40-49.

Suyono, & Hariyanto. (2011). Belajar dan Pembelajaran. Rosda Karya.

Wensi, E., M, I., & Neli, A. F. (2023). Urgensi Implementasi Pendidikan Agama Islam terhadap Pembentukan Akhlak dan Sopan Santun Siswa di SMP Negeri 1 Sitiung Dharmasraya. Al-DYAS, 2(1), 104–112. https://doi.org/10.58578/aldyas.v2i1.880

Unduhan

Diterbitkan

2022-09-05

Cara Mengutip

sari, dwi, & Anita. (2022). PENGARUH PERILAKU BAIK SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI SISWA KELAS V DI SD ISLAM IBNU RUSYD KOTABUMI LAMPUNG UTARA TAHUN PELAJARAN 2022/2023. JPIB : Jurnal Penelitian Ibnu Rusyd, 1(3), 49–61. Diambil dari https://ojs.stai-ibnurusyd.ac.id/index.php/jpib/article/view/449