Journal of Family and Social Edu Pengaruh Metode Pendidikan Dalam Keluarga Terhadap Kemampuan Bersosialisasi Anak di Desa Negara Ratu Kecamatan Sungkai Utara Kabupaten Lampung Utara
Metode Pendidikan Keluarga, Kemampuan Bersosialisasi Anak, Pendidikan Keluarga
Abstrak
Pendidikan dalam keluarga memiliki peran penting dalam membentuk kemampuan bersosialisasi anak. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh metode pendidikan dalam keluarga terhadap kemampuan bersosialisasi anak di Desa Negara Ratu, Kecamatan Sungkai Utara, Kabupaten Lampung Utara. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain deskriptif korelasional. Sampel penelitian terdiri dari 100 anak usia sekolah dasar yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan dianalisis dengan teknik regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pendidikan dalam keluarga berpengaruh signifikan terhadap kemampuan bersosialisasi anak (p < 0,05). Semakin baik metode pendidikan dalam keluarga, semakin tinggi pula kemampuan bersosialisasi anak. Oleh karena itu, orang tua perlu menerapkan pola pendidikan yang mendukung perkembangan sosial anak.
Referensi
Alexander Guci, Anggi Ripana, Musthofa, & Ade Dwi Yulianti. (2024). Pengaruh Metode Diskusi Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam di Madrasah Aliyah Negeri 1 Tangerang. Edukasia: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 5(1), 269-278.
Gunarsa, S. D. (2012). Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Jakarta: PT BPK Gunung Mulia.
Hamdani, M. (2021). Komunikasi dalam Pendidikan Keluarga. Jakarta: RajaGrafindo Persada.
Hildawati Wulandari, Basilius Redan Werang, & Ni Luh Gede Erni Sulindawati. (2024). Hubungan Efikasi Diri, Dukungan Orang Tua, dan Motivasi Berprestasi dengan Prestasi Belajar Fisika Siswa SMAN 1 Giri Banyuwangi. Edukasia: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 5(1), 1-10.
Hurlock, E. B. (2003). Perkembangan Anak. Jakarta: Erlangga.
Lina Kamalin, Neni Mariana, & Heru Subrata. (2024). Implementasi Profil Pelajar Pancasila Dalam Menghadapi Perundungan Di Sekolah Dasar: Perspektif Glokalisasi. Edukasia: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 5(1), 11-24.
Munir, A., Suryani, N., & Wahyuni, S. (2019). Pola Asuh Orang Tua dengan Kemampuan Sosialisasi Anak Usia Pra Sekolah. Jurnal Ilmu Kesehatan, 7(1), 45-53.
Pratama, Y. R., & Purnomo, H. (2023). Pengaruh Lingkungan Keluarga Terhadap Keterampilan Sosial Siswa Sekolah Dasar. Wawasan Pendidikan, 3(2), 481-487.
Pratiwi, D. (2020). Pengaruh Pendidikan dalam Keluarga Terhadap Kemampuan Bersosialisasi Anak di Desa Labuhan Ratu Pasar Kecamatan Sungkai Selatan Kabupaten Lampung Utara. Skripsi, IAIN Metro.
Purwati, N. (2019). Pengaruh Pendidikan dalam Keluarga terhadap Kemampuan Bersosialisasi Anak di Desa Labuhan Ratu Pasar Kecamatan Sungkai Selatan Kabupaten Lampung Utara. IAIN Metro Digital Repository.
Rahmat, M. (2020). Strategi Pembelajaran Sosial bagi Anak Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 10(1), 112-125.
Setiawan, R. (2018). Pola Asuh Orang Tua dan Pengaruhnya terhadap Perkembangan Sosial Anak. Jurnal Pendidikan Anak, 7(1), 45-60.
Soelaeman, M. (2010). Pendidikan dalam Keluarga: Teori dan Aplikasi. Bandung: Alfabeta.
Sunarti, E. (2017). Dinamika Perkembangan Anak dalam Konteks Sosial Budaya. Bogor: IPB Press.
Suryadi, A. (2019). Peran Orang Tua dalam Pendidikan Karakter Anak. Jurnal Ilmu Pendidikan, 8(2), 78-90.
Wijaya, H. (2015). Psikologi Perkembangan Sosial Anak Usia Dini. Yogyakarta: Andi.
Winarko, P. (2016). Pengaruh Metode Pendidikan Dalam Keluarga Terhadap Kemampuan Bersosialisasi Anak di Desa Gantimulyo Kecamatan Pekalongan Kabupaten Lampung Timur. Skripsi, STAIN Jurai Siwo Metro.
Yusuf, M. (2016). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Gabungan. Jakarta: Prenada Media.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Nadita Fajarini, Puji Rahayu Ningsih , Dewi Kurniawati

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
1) Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepenulisan karya dan publikasi awal di jurnal ini.
2) Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan awal publikasi di jurnal ini.
3) Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusi atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menghasilkan pertukaran yang produktif, serta kutipan lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.