Pengaruh Kemampuan Membaca Al-Qur'an terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Al-Qur'an Hadis Siswa Kelas IX di MTs Miftahul Huda Sindang Sari Lampung Utara Tahun Pelajaran 2024/2025":
Kata Kunci:
Membaca Al-Quran, Hasil Belajar, Mata Pelajaran Al-Quran hadistAbstrak
Artikel ini menginterpretasikan tentang kemampuan membaca al-quran terhadap hasil belajar peserta didik Pada mata Al-Quran hadist, didalamnya terdapat ayat Al Quran atau hadits Nabi yang memerlukan kemampuan khusus untuk membaca, menulis, serta menghafalkanya. Penelitian ini dilakukan dengan observasi lapangan menggunakan metode kausal komparatif dimana data dikumpulkan setelah fenomena/kejadian yang diteliti berlangsung. Adapun data yang didapatkan peneliti melalui penyebaran angket kepada siswa sebagai responden mengenai masalah yang sedang diteliti. Dalam kegiatan membaca Al - Quran ini siswa diharapkan, selain melatih kemampuan membaca Al Quran siswa dengan baik dan benar, sehingga hasil belajar dari tujuan pendidikan dapat tercapai. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui bagaimana hasil belajar siswa pada pelajaran Al-quran Hadist (2) Untuk mengetahui adakah pengaruh membaca Al Quran terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Al-quran Hadist. Untuk menunjang keberhasilan siswa dalam kegiatan membaca Al Quran, maka kelancaran dalam memahami Al Quran, membaca sesuai dengan kaidah ilmu tajwid dan kafasihan dalam membaca Al Quran harus dimiliki oleh siswa. Selanjutnya untuk memperoleh hasil belajar siswa maka dapat dilihat dari ketiga aspek belajar, yaitu kognitif, afektif dan psikomotorik.
Referensi
Abdul Majid Khon, (2013) Praktikum Qira‟at Keanehan Membaca Alquran
Qira‟at Ashim dari Hafash.
Acep Lim Abdurrohim. (2013). Pedoman Ilmu Tajwid Lengkap. Bandung:
CV. Penerbit Diponegoro.
Ahmad Salim Badwilan, (2020). Panduan Cepat Menghafal Alquran.
Yogyakarta: Diva Press.
Ahmad Syam Madyan. (2018). Peta Pembelajaran Alquran. Yogyakarta:
Pustaka Belajar.
Ahmad Zainal Abidin. (2015). Kilat dan Mudah Hafal Juz‟ Amma.
Yogyakarta: Sabil.
Ahsin W. Al-Hafidz. (2020). Bimbingan Praktis Menghafal Alquran. Jakarta:
Bumi Aksara.
Ali Romdhoni, MA. (2013). Alquran dan Literasi Sejarah Rancang Bangun
Ilmu-Ilmu Keislaman. Jakarta: Litaratur Nusantara.
Anas Sudijono. (2019). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Rajawali
Press.
Andi Prastowo. (2014). Pembelajaran Kontruktivistik Untuk Pendidikan
Agama Di sekolah/Madrasah. Jakarta: Rajawali Pers.
Dalman. (2014). Ketrampilan Membaca. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Drs. Ahsin W. A-Hafidz. (2020). Bimbingan Praktis Menghafal Alquran.
Jakarta: Bumi Aksara.
H. Baharuddin dan Esa Nur Wahyuni. (2018). Teori belajar dan
Pembelajaran. Yojyakarta: Ar-Ruzza Media.
Hadeli. (2016). Model Penelitian Kependidikan. Cet, I; Ciputat Quantum
Teaching..
Heru Siswanto dan Dewi Lailatul Izza. (2018). hubungan kemampuan
menghafal Alquran dan motivasi belajar dengan hasil belajar PAI siswa
Madrasah Aliyah Al-Fathimiyah BanjarWati Pacitan Lamongan (Jurnal
Agama Islam Tarbiyatut Tholabah Lamongan, Indonesia).
Imam Abu Zakaria Yahya bin Syaraf An-Nawawi. (2014). AtTibyanu Fi
Adabi Hamalatil Qur‟ani. Solo: Al-Qowam.
Kuandar. (2019). Penilaian Autentik Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik
Berdasarkan Kurikulum 2013. Jakarta: Rajawali.
M. Abdul Qadir Abu Faris. (2015). Mensucikan Jiwa. Jakarta: Gema Insani.
Muhibbin Syah. (2016). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan baru,
(Bandung: Remaja Rosda Karya.
Nana Syaodih Sukmadinata. (2005). Model Penelitian Pendidikan. Bandung:
PT Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. (2014). Model Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Cet.
XX; Bandung: Alfabeta.
Suherman, M.Ag. Muhammad Arif Fadhillah Lubis, SHI. M.SI. hubungan
kemmapuan membaca Alquran dengan Hasil Belajar Mahasiswa. Program
Studi Teknik Mesin Politeknik Negeri Medan. Jurnal Ilmiah
”INTEGRITAS”. Volume 3, Nomor 2.
Sukardi. (2012). Metodologi Penelitian Pendidikan. Cet. XI. Jakarta : PT
Bumi Aksara,
Tedjo N. Reksoatmodjo. (2019). Statistika Un tuk Psikologi dan Pendidikan.
Cet, II; Bandung : PT. Refika Aditama.
W.J.S, Poerwardarminta. (2016). Kmaus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta:
Balai Pustaka.
Wiwi Alawiyah Wahid. (2018). Cara Cepat Bisa Menghafal Aqluran.
Jogjakarta: Divapress.
Zakiyah Drajat. (2019). Metodik Khusus Pengajaran Agama Islam. Jakarta:
Bumi Aksara.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 ahmad agung_ Safaat1922, Ahmad Ainur Rofik , Hadi Saroyo

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
1) Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepenulisan karya dan publikasi awal di jurnal ini.
2) Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan awal publikasi di jurnal ini.
3) Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusi atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menghasilkan pertukaran yang produktif, serta kutipan lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.