pengaruh pola asuh orang tua otoriter terhadap hasil belajar siswa kls VII di SMP Asy_Syifa darusalam abung jayo kotabumi Lampung Utara T.A. 2023/2024
Kata Kunci:
Pola asuh otoriter, hasil belajar, pendidikan, motivasi belajar, siswa SMPAbstrak
Abstract: Education is a crucial factor in individual development, especially for students at the junior high school level. Student learning success is influenced not only by internal factors such as motivation and intellectual ability but also by external factors, including parental upbringing. Authoritarian parenting is one of the parenting styles commonly applied by parents, characterized by strict control, high expectations, and minimal two-way communication. This study aims to analyze the influence of authoritarian parenting on the academic performance of seventh-grade students at SMP Asy-Syifa Darussalam Abung Jayo Kotabumi, North Lampung, in the 2023/2024 academic year. The research method used is a quantitative approach with a survey method, involving a sample of seventh-grade students. The study results indicate a negative correlation between authoritarian parenting and student learning outcomes. Authoritarian parenting can lead to psychological pressure that affects students' low learning motivation, although in some cases, it also enhances academic discipline.
Keywords: Authoritarian parenting, academic performance, education, learning motivation, junior high school students
Abstrak: Pendidikan merupakan faktor penting dalam perkembangan individu, terutama bagi siswa di tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP). Keberhasilan belajar siswa tidak hanya dipengaruhi oleh faktor internal seperti motivasi dan kemampuan intelektual, tetapi juga oleh faktor eksternal, termasuk pola asuh orang tua. Pola asuh otoriter merupakan salah satu bentuk pola asuh yang sering diterapkan oleh orang tua, yang ditandai dengan kontrol ketat, ekspektasi tinggi, serta minimnya komunikasi dua arah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pola asuh orang tua otoriter terhadap hasil belajar siswa kelas VII di SMP Asy-Syifa Darussalam Abung Jayo Kotabumi Lampung Utara pada tahun ajaran 2023/2024. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan metode survei, melibatkan sampel siswa kelas VII. Hasil penelitian menunjukkan adanya korelasi negatif antara pola asuh otoriter dan hasil belajar siswa. Pola asuh otoriter dapat menyebabkan tekanan psikologis yang berdampak pada rendahnya motivasi belajar siswa, meskipun dalam beberapa kasus juga meningkatkan kedisiplinan akademik.
Kata Kunci: Pola asuh otoriter, hasil belajar, pendidikan, motivasi belajar, siswa SMP.
Referensi
Aumrind, D. (1967). Child care practices
anteceding three patterns of preschool
behavior. Genetic Psychology
Monographs, 75, 43–88.
Baumrind, D. (1967). "Child Care Practices
Anteceding Three Patterns of Preschool
Behavior." Genetic Psychology
Monographs, 75(1), 43–88.
Baumrind, D. (1991). The Influence of
Parenting Style on Adolescent Competence
and Substance Use. Journal of Early
Adolescence, 11(1), 56–95.
https://doi.org/10.1177/0272431691111004
Gunarsa, S. D. (2004). Psikologi Perkembangan
Anak dan Remaja. Jakarta: BPK Gunung
Mulia.
Gunarsa, S. D. (2004). Psikologi Perkembangan
Anak dan Remaja. Jakarta: PT BPK
Gunung Mulia.
Gunarsa, S. D. (2017). Psikologi Anak dan
Remaja. Jakarta: BPK Gunung Mulia.
Mulyasa, E. (2019). Manajemen Pendidikan
Karakter. Jakarta: Bumi Aksara.
Nting Style on Adolescent Competence and
Substance Use. Journal of Early
Adolescence, 11(1), 56-95.
Santrock, J. W. (2011). Educational
Psychology. New York: McGraw-Hill.
Santrock, J. W. (2011). Educational
Psychology. New York: McGraw-Hill.
Sudjana, N. (2010). Penilaian Hasil Proses
Belajar Mengajar. Bandung: Remaja
Rosdakarya.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian
Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung:
Alfabeta.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian
Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung:
Alfabeta.
Santrock, J. W. (2018). Educational Psychology
(6th ed.). McGraw-Hill Education.
Santrock, J. W. (2021). Life-span development
(17th ed.). McGraw-Hill.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian
Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung:
Alfabeta.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian
Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif,
Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Yusuf, M. (2019). Pengaruh gaya parenting
terhadap prestasi akademik siswa sekolah
menengah pertama. Jurnal Pendidikan dan
Psikologi, 10(2), 123–135.
Yusuf, S. (2015). Psikologi Perkembangan
Anak dan Remaja. Bandung: Remaja
Rosdakarya.
Yusuf, S. (2016). Psikologi Perkembangan
Anak dan Remaja. Bandung: PT Remaja
Rosdakarya.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 rani susilawati, Meilisa, Mutho'i

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
1) Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepenulisan karya dan publikasi awal di jurnal ini.
2) Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan awal publikasi di jurnal ini.
3) Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusi atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menghasilkan pertukaran yang produktif, serta kutipan lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.