pengaruh pola asuh orang tua otoriter terhadap hasil belajar siswa kls VII di SMP Asy_Syifa darusalam abung jayo kotabumi Lampung Utara T.A. 2023/2024

Penulis

  • rani susilawati sekolah tinggi ibnu rusyd
  • Meilisa
  • Mutho'i

Kata Kunci:

Pola asuh otoriter, hasil belajar, pendidikan, motivasi belajar, siswa SMP

Abstrak

Abstract: Education is a crucial factor in individual development, especially for students at the junior high school level. Student learning success is influenced not only by internal factors such as motivation and intellectual ability but also by external factors, including parental upbringing. Authoritarian parenting is one of the parenting styles commonly applied by parents, characterized by strict control, high expectations, and minimal two-way communication. This study aims to analyze the influence of authoritarian parenting on the academic performance of seventh-grade students at SMP Asy-Syifa Darussalam Abung Jayo Kotabumi, North Lampung, in the 2023/2024 academic year. The research method used is a quantitative approach with a survey method, involving a sample of seventh-grade students. The study results indicate a negative correlation between authoritarian parenting and student learning outcomes. Authoritarian parenting can lead to psychological pressure that affects students' low learning motivation, although in some cases, it also enhances academic discipline.

Keywords: Authoritarian parenting, academic performance, education, learning motivation, junior high school students

Abstrak: Pendidikan merupakan faktor penting dalam perkembangan individu, terutama bagi siswa di tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP). Keberhasilan belajar siswa tidak hanya dipengaruhi oleh faktor internal seperti motivasi dan kemampuan intelektual, tetapi juga oleh faktor eksternal, termasuk pola asuh orang tua. Pola asuh otoriter merupakan salah satu bentuk pola asuh yang sering diterapkan oleh orang tua, yang ditandai dengan kontrol ketat, ekspektasi tinggi, serta minimnya komunikasi dua arah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pola asuh orang tua otoriter terhadap hasil belajar siswa kelas VII di SMP Asy-Syifa Darussalam Abung Jayo Kotabumi Lampung Utara pada tahun ajaran 2023/2024. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan metode survei, melibatkan sampel siswa kelas VII. Hasil penelitian menunjukkan adanya korelasi negatif antara pola asuh otoriter dan hasil belajar siswa. Pola asuh otoriter dapat menyebabkan tekanan psikologis yang berdampak pada rendahnya motivasi belajar siswa, meskipun dalam beberapa kasus juga meningkatkan kedisiplinan akademik.

Kata Kunci: Pola asuh otoriter, hasil belajar, pendidikan, motivasi belajar, siswa SMP. 

Referensi

Aumrind, D. (1967). Child care practices

anteceding three patterns of preschool

behavior. Genetic Psychology

Monographs, 75, 43–88.

Baumrind, D. (1967). "Child Care Practices

Anteceding Three Patterns of Preschool

Behavior." Genetic Psychology

Monographs, 75(1), 43–88.

Baumrind, D. (1991). The Influence of

Parenting Style on Adolescent Competence

and Substance Use. Journal of Early

Adolescence, 11(1), 56–95.

https://doi.org/10.1177/0272431691111004

Gunarsa, S. D. (2004). Psikologi Perkembangan

Anak dan Remaja. Jakarta: BPK Gunung

Mulia.

Gunarsa, S. D. (2004). Psikologi Perkembangan

Anak dan Remaja. Jakarta: PT BPK

Gunung Mulia.

Gunarsa, S. D. (2017). Psikologi Anak dan

Remaja. Jakarta: BPK Gunung Mulia.

Mulyasa, E. (2019). Manajemen Pendidikan

Karakter. Jakarta: Bumi Aksara.

Nting Style on Adolescent Competence and

Substance Use. Journal of Early

Adolescence, 11(1), 56-95.

Santrock, J. W. (2011). Educational

Psychology. New York: McGraw-Hill.

Santrock, J. W. (2011). Educational

Psychology. New York: McGraw-Hill.

Sudjana, N. (2010). Penilaian Hasil Proses

Belajar Mengajar. Bandung: Remaja

Rosdakarya.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian

Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung:

Alfabeta.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian

Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung:

Alfabeta.

Santrock, J. W. (2018). Educational Psychology

(6th ed.). McGraw-Hill Education.

Santrock, J. W. (2021). Life-span development

(17th ed.). McGraw-Hill.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian

Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung:

Alfabeta.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian

Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif,

Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Yusuf, M. (2019). Pengaruh gaya parenting

terhadap prestasi akademik siswa sekolah

menengah pertama. Jurnal Pendidikan dan

Psikologi, 10(2), 123–135.

Yusuf, S. (2015). Psikologi Perkembangan

Anak dan Remaja. Bandung: Remaja

Rosdakarya.

Yusuf, S. (2016). Psikologi Perkembangan

Anak dan Remaja. Bandung: PT Remaja

Rosdakarya.

Unduhan

Diterbitkan

2023-05-05

Cara Mengutip

susilawati, rani, Sajdah, M., & Mutho’i. (2023). pengaruh pola asuh orang tua otoriter terhadap hasil belajar siswa kls VII di SMP Asy_Syifa darusalam abung jayo kotabumi Lampung Utara T.A. 2023/2024. JPIB : Jurnal Penelitian Ibnu Rusyd, 2(2), 1–5. Diambil dari https://ojs.stai-ibnurusyd.ac.id/index.php/jpib/article/view/431