Kognitif Anak Melalui Metode Bermain Puzzle pada Kelompok Anak B di IT Quen Srimenanti Tanjung Raja Kabupaten Lampung Utara T.A. 2022/2023

permainan puzzle, perkembangan kognitif, anak usia dini, pemecahan masalah, koordinasi motorik halus, sosial-emosional, kurikulum pendidikan.

Penulis

  • Citra Ayu Hidayah Mahasiswi
  • Halen
  • sukawati

Kata Kunci:

permainan puzzle, perkembangan kognitif, anak usia dini, pemecahan masalah, koordinasi motorik halus, sosial-emosional, kurikulum pendidikan.

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh metode bermain puzzle terhadap perkembangan kognitif anak kelompok B di IT Quen Srimenanti, Tanjung Raja, Kabupaten Lampung Utara pada tahun ajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan sampel 30 anak yang dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen yang bermain puzzle dan kelompok kontrol. Data dikumpulkan melalui observasi, tes kognitif, dan wawancara dengan guru serta orang tua.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa anak-anak yang terlibat dalam kegiatan bermain puzzle mengalami peningkatan yang signifikan dalam kemampuan pemecahan masalah, pengenalan bentuk, koordinasi motorik halus, serta daya ingat visual. Selain itu, mereka juga menunjukkan peningkatan dalam interaksi sosial dan kemampuan bekerja sama. Oleh karena itu, bermain puzzle dapat digunakan sebagai metode yang efektif dalam mendukung perkembangan kognitif dan sosial-emosional anak usia dini. Penelitian ini menyarankan agar puzzle diintegrasikan lebih luas dalam kurikulum pendidikan anak usia dini dan melibatkan orang tua dalam mendampingi anak di rumah.

 

Referensi

Dari beberapa jurnal dan artikel

Unduhan

Diterbitkan

2023-09-05

Cara Mengutip

Hidayah, C. A., Dwistia, H., & Sukawati. (2023). Kognitif Anak Melalui Metode Bermain Puzzle pada Kelompok Anak B di IT Quen Srimenanti Tanjung Raja Kabupaten Lampung Utara T.A. 2022/2023: permainan puzzle, perkembangan kognitif, anak usia dini, pemecahan masalah, koordinasi motorik halus, sosial-emosional, kurikulum pendidikan. JPIB : Jurnal Penelitian Ibnu Rusyd, 2(3), 82–99. Diambil dari https://ojs.stai-ibnurusyd.ac.id/index.php/jpib/article/view/422