Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membina Moral Siswa SMP Asy-Syifa Darussalam Abung Jayo Kotabumi Lampung Utara T.P. 2021/2022

Penulis

  • Siska Handayani STAI IBNURUSYD
  • Wahyu Hidayah

Kata Kunci:

Pendidikan Agama Islam, Moral Siswa, Peran Guru, Pendidikan Karakter, Konseling

Abstrak

Pendidikan Agama Islam (PAI) memiliki peran penting dalam membentuk moral dan kepribadian siswa, tidak hanya dalam aspek kognitif tetapi juga dalam nilai-nilai spiritual dan sosial. Guru PAI berperan sebagai pendidik, teladan, dan konselor dalam membantu siswa menghadapi berbagai tantangan moral yang mereka hadapi. Penelitian ini menemukan bahwa bimbingan dari guru PAI mendorong siswa untuk berperilaku lebih baik dan mengembangkan karakter yang lebih positif. Selain itu, kerja sama antara guru dan orang tua terbukti efektif dalam meningkatkan pembinaan moral siswa. Studi ini juga menegaskan bahwa pendidikan agama memiliki peran strategis dalam membangun karakter generasi muda, sehingga diperlukan dukungan dari berbagai pihak untuk memperkuat pendidikan moral di sekolah.

Referensi

Daradjat, Zakiyah. (2005). Pendidikan Islam

dalam Keluarga dan Sekolah. Jakarta:

Rineka Cipta.

Hamzah B. Uno, Teori Motivasi dan

Pengukurannya, 2011

Hurlock, E.B., Psikologi Perkembangan:

Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang

Kehidupan, 2003

Maslow, A.H., A Theory of Human

Motivation, 1943

Nata, A., Pendidikan dalam Perspektif Al

Qur’an, 2012

Rahmat, J., Psikologi Komunikasi, 2017

Sudjana, Metode dan Teknik Pembelajaran,

Suyadi, Strategi Pembelajaran Pendidikan

Karakter, 2015

Tilaar, H.A.R., Membenahi Pendidikan

Nasional, 2002

Ulwan, Abdullah Nashih. (2012). Pendidikan

Anak dalam Islam. Jakarta: Gema

Insani

Yusuf, S., Psikologi Perkembangan Anak

dan Remaja, 2010

Zakiah Daradjat, Pendidikan Islam dalam

Keluarga dan Sekolah, 2001

Unduhan

Diterbitkan

2024-05-05

Cara Mengutip

Handayani, S., & Hidayah, W. (2024). Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membina Moral Siswa SMP Asy-Syifa Darussalam Abung Jayo Kotabumi Lampung Utara T.P. 2021/2022. JPIB : Jurnal Penelitian Ibnu Rusyd, 3(2), 34–39. Diambil dari https://ojs.stai-ibnurusyd.ac.id/index.php/jpib/article/view/401