Peran Guru Dalam Menanamkan nilai Toleransi pada Pembelajaran PAI Peserta didik kelas VIII Putri di Mts Husnul Amal Tahun Ajaran 2023/2024

-

Penulis

  • A.ridhwan Stai Ibnu Rusyd
  • Wahyu Hidayat stai Ibnu Rusyd
  • ria sivti fendi stai Ibnu Rusyd

Kata Kunci:

Peran guru pai, Nilai toleransi

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dan mengidentifikasi strategi optimal serta tantangan yang dihadapi oleh guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam menanamkan nilai-nilai toleransi antarumat beragama pada peserta didik kelas VIII di MTS Husnul Amal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru PAI menerapkan berbagai strategi pengajaran, antara lain mengintegrasikan nilai-nilai toleransi dalam materi ajar dengan menggunakan contoh dari sejarah Islam, mengadakan diskusi kelas dan studi kasus yang melibatkan situasi nyata, serta melaksanakan kegiatan lintas agama seperti kunjungan ke rumah ibadah dan dialog antar agama. Guru menghadapi tantangan seperti stereotip dan prasangka yang sudah tertanam dalam pikiran siswa dari lingkungan mereka, tekanan sosial dan politik dari kelompok-kelompok tertentu, serta keterbatasan sumber daya dan materi ajar. Dukungan yang diberikan oleh pihak sekolah sangat bervariasi, dengan beberapa sekolah memberikan dukungan penuh melalui pelatihan dan kegiatan, sementara sekolah lain kurang memberikan perhatian yang cukup terhadap isu ini. Dengan pendekatan dan dukungan yang memadai, penanaman nilai toleransi dapat menjadi bagian integral dari sistem pendidikan yang berkontribusi pada pembangunan masyarakat yang damai dan harmonis.

 

Referensi

Asriyanto, M., Janah, F., & Setiawan, A. (2023). Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Penanaman Nilai Toleransi pada Peserta Didik di SMP Negeri 38 Samarinda. Jurnal Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Borneo, 4(1), 31-44.

Djollong, A. F., & Akbar, A. (2019). Peran guru pendidikan agama islam dalam penanaman nilai-nilai toleransi antar ummat beragama peserta didik untuk mewujudkan kerukunan. Jurnal Al-Ibrah, 8(1), 72-92.

Ruslan, I. (2020). Kontribusi Lembaga-Lembaga Keagamaan dalam Pengembangan Toleransi Antar Umat Beragama di Indonesia. Arjasa Pratama.

Umar Hasyim, Toleransi dan Kemerdekaan Beragama dalam Islam Sebgai Dasar Menuju Dialog dan Kerukunan Antar Agama, (Surabaya : PT.Bintag Ilmu, 1991) h. 228.

Djalal, F. (2017). Optimalisasi pembelajaran melalui pendekatan, strategi, dan model pembelajaran. SABILARRASYAD: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Kependidikan, 2(1).

Faisal, A., & Setiawan, A. (2024). Optimalisasi Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Toleransi Antar Umat Beragama Pada Peserta Didik. Al-Rabwah, 18(2), 070-082.

Sudiana, G. N., Ihsan, H., & Nurendah, G. (2020). Kontak antarkelompok dan demografi sebagai prediktor prasangka Etnis Sunda terhadap Etnis Tionghoa. Mediapsi,

Unduhan

Diterbitkan

2023-02-05

Cara Mengutip

A.ridhwan, Hidayat , W. ., & ria sivti fendi. (2023). Peran Guru Dalam Menanamkan nilai Toleransi pada Pembelajaran PAI Peserta didik kelas VIII Putri di Mts Husnul Amal Tahun Ajaran 2023/2024: -. JPIB : Jurnal Penelitian Ibnu Rusyd, 2(1), 33–41. Diambil dari https://ojs.stai-ibnurusyd.ac.id/index.php/jpib/article/view/396