Peran Guru Dalam Menanamkan nilai Toleransi pada Pembelajaran PAI Peserta didik kelas VIII Putri di Mts Husnul Amal Tahun Ajaran 2023/2024
-
Kata Kunci:
Peran guru pai, Nilai toleransiAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dan mengidentifikasi strategi optimal serta tantangan yang dihadapi oleh guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam menanamkan nilai-nilai toleransi antarumat beragama pada peserta didik kelas VIII di MTS Husnul Amal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru PAI menerapkan berbagai strategi pengajaran, antara lain mengintegrasikan nilai-nilai toleransi dalam materi ajar dengan menggunakan contoh dari sejarah Islam, mengadakan diskusi kelas dan studi kasus yang melibatkan situasi nyata, serta melaksanakan kegiatan lintas agama seperti kunjungan ke rumah ibadah dan dialog antar agama. Guru menghadapi tantangan seperti stereotip dan prasangka yang sudah tertanam dalam pikiran siswa dari lingkungan mereka, tekanan sosial dan politik dari kelompok-kelompok tertentu, serta keterbatasan sumber daya dan materi ajar. Dukungan yang diberikan oleh pihak sekolah sangat bervariasi, dengan beberapa sekolah memberikan dukungan penuh melalui pelatihan dan kegiatan, sementara sekolah lain kurang memberikan perhatian yang cukup terhadap isu ini. Dengan pendekatan dan dukungan yang memadai, penanaman nilai toleransi dapat menjadi bagian integral dari sistem pendidikan yang berkontribusi pada pembangunan masyarakat yang damai dan harmonis.
Referensi
Asriyanto, M., Janah, F., & Setiawan, A. (2023). Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Penanaman Nilai Toleransi pada Peserta Didik di SMP Negeri 38 Samarinda. Jurnal Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Borneo, 4(1), 31-44.
Djollong, A. F., & Akbar, A. (2019). Peran guru pendidikan agama islam dalam penanaman nilai-nilai toleransi antar ummat beragama peserta didik untuk mewujudkan kerukunan. Jurnal Al-Ibrah, 8(1), 72-92.
Ruslan, I. (2020). Kontribusi Lembaga-Lembaga Keagamaan dalam Pengembangan Toleransi Antar Umat Beragama di Indonesia. Arjasa Pratama.
Umar Hasyim, Toleransi dan Kemerdekaan Beragama dalam Islam Sebgai Dasar Menuju Dialog dan Kerukunan Antar Agama, (Surabaya : PT.Bintag Ilmu, 1991) h. 228.
Djalal, F. (2017). Optimalisasi pembelajaran melalui pendekatan, strategi, dan model pembelajaran. SABILARRASYAD: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Kependidikan, 2(1).
Faisal, A., & Setiawan, A. (2024). Optimalisasi Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Toleransi Antar Umat Beragama Pada Peserta Didik. Al-Rabwah, 18(2), 070-082.
Sudiana, G. N., Ihsan, H., & Nurendah, G. (2020). Kontak antarkelompok dan demografi sebagai prediktor prasangka Etnis Sunda terhadap Etnis Tionghoa. Mediapsi,
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 A.ridhwan, Wahyu Hidayat , ria sivti fendi

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
1) Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepenulisan karya dan publikasi awal di jurnal ini.
2) Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan awal publikasi di jurnal ini.
3) Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusi atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menghasilkan pertukaran yang produktif, serta kutipan lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.