Pengeloaan Kegiatan Belajar Mengajar Dalam Meningkatkan Efektifitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam SMP Islam Ibnu Rusyd Kotabumi Lampung Utara Tahun Pelajaran 2023/2024

Penulis

  • Siska Handayani STAI IBNURUSYD
  • Afif
  • Harmono

Kata Kunci:

Pengelolaan KBM, Efektivitas Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam, Metode Interaktif, Karakter Siswa

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengelolaan kegiatan belajar mengajar (KBM) dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMP Islam Ibnu Rusyd Kotabumi, Lampung Utara. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa efektivitas pembelajaran PAI dipengaruhi oleh berbagai faktor, seperti peran guru, metode pembelajaran, interaksi siswa, serta dukungan sekolah dan keluarga. Penerapan metode pembelajaran interaktif, seperti diskusi, studi kasus, dan pembelajaran berbasis proyek, terbukti meningkatkan pemahaman dan partisipasi siswa dalam pembelajaran. Namun, terdapat beberapa kendala, seperti minimnya pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran dan kurangnya variasi dalam evaluasi. Secara keseluruhan, pembelajaran PAI telah memberikan dampak positif terhadap perkembangan karakter siswa, terutama dalam meningkatkan kedisiplinan dan sikap religius. Implikasi dari penelitian ini adalah perlunya pengembangan strategi yang lebih inovatif dan berbasis teknologi agar pembelajaran PAI semakin menarik dan efektif dalam membentuk karakter siswa yang berakhlak mulia.

Referensi

Daradjat, Zakiah. (2001). Pendidikan Islam

dalam Keluarga dan Sekolah. Jakarta:

Rineka Cipta.

Sagala, Syaiful. (2013). Konsep dan Makna

Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Unduhan

Diterbitkan

2023-05-05

Cara Mengutip

Handayani, S., Afifatun, S., & Harmono. (2023). Pengeloaan Kegiatan Belajar Mengajar Dalam Meningkatkan Efektifitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam SMP Islam Ibnu Rusyd Kotabumi Lampung Utara Tahun Pelajaran 2023/2024. JPIB : Jurnal Penelitian Ibnu Rusyd, 2(2), 42–46. Diambil dari https://ojs.stai-ibnurusyd.ac.id/index.php/jpib/article/view/394