Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Pada Anak Usia Dini Melalui Media Kartu Huruf di RA. Al-Hanif Desa Sukamulya Kecamatan Tanjung Raja Tahun Pelajaran 2021/2022
Kata Kunci:
kemampuan membaca,anak usia dini, media kartu hurufAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca anak usia dini melalui penggunaan media kartu huruf di RA Al-Hanif, Desa Sukamulya, Kecamatan Tanjung Raja, pada tahun pelajaran 2021/2022. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK), yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus mencakup perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah 20 anak usia dini yang terdaftar di RA Al-Hanif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media kartu huruf secara signifikan meningkatkan kemampuan membaca anak. Pada siklus pertama, persentase anak yang mencapai kriteria ketuntasan minimum (KKM) sebesar 75% hanya mencapai 60%. Namun, setelah dilakukan perbaikan dan variasi kegiatan pada siklus kedua, persentase tersebut meningkat menjadi 85%. Temuan ini menunjukkan bahwa media kartu huruf dapat digunakan sebagai alat yang efektif untuk membantu anak usia dini dalam mengenal dan membaca huruf, serta meningkatkan keterlibatan dan motivasi belajar mereka. Penelitian ini merekomendasikan penggunaan media yang bervariasi dan interaktif dalam pembelajaran membaca untuk anak usia dini.
Referensi
Arikunto, S. (2013). Prosedur penelitian: suatu pendekatan praktik (edisi revisi). Jakarta: Rineka Cipta
.Aulia. (2012). Mengajarkan balita anda membaca. Yogyakarta: Intan Media.
Dalman. (2013). Keterampilan membaca. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Dhieni, dkk. (2005). Metode pengembangan bahasa. Jakarta: Pusat Penerbitan Universitas Terbuka.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 lisa279 lina279, Halen, Ridho

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
1) Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepenulisan karya dan publikasi awal di jurnal ini.
2) Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan awal publikasi di jurnal ini.
3) Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusi atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menghasilkan pertukaran yang produktif, serta kutipan lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.