Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Pada Anak Usia Dini Melalui Media Kartu Huruf di RA. Al-Hanif Desa Sukamulya Kecamatan Tanjung Raja Tahun Pelajaran 2021/2022

Penulis

  • lisa279 lina279 STAI IbnuRusyd Kotabumi
  • Halen
  • Ridho

Kata Kunci:

kemampuan membaca,anak usia dini, media kartu huruf

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca anak usia dini melalui penggunaan media kartu huruf di RA Al-Hanif, Desa Sukamulya, Kecamatan Tanjung Raja, pada tahun pelajaran 2021/2022. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK), yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus mencakup perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah 20 anak usia dini yang terdaftar di RA Al-Hanif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media kartu huruf secara signifikan meningkatkan kemampuan membaca anak. Pada siklus pertama, persentase anak yang mencapai kriteria ketuntasan minimum (KKM) sebesar 75% hanya mencapai 60%. Namun, setelah dilakukan perbaikan dan variasi kegiatan pada siklus kedua, persentase tersebut meningkat menjadi 85%. Temuan ini menunjukkan bahwa media kartu huruf dapat digunakan sebagai alat yang efektif untuk membantu anak usia dini dalam mengenal dan membaca huruf, serta meningkatkan keterlibatan dan motivasi belajar mereka. Penelitian ini merekomendasikan penggunaan media yang bervariasi dan interaktif dalam pembelajaran membaca untuk anak usia dini.

Referensi

Arikunto, S. (2013). Prosedur penelitian: suatu pendekatan praktik (edisi revisi). Jakarta: Rineka Cipta

.Aulia. (2012). Mengajarkan balita anda membaca. Yogyakarta: Intan Media.

Dalman. (2013). Keterampilan membaca. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Dhieni, dkk. (2005). Metode pengembangan bahasa. Jakarta: Pusat Penerbitan Universitas Terbuka.

Unduhan

Diterbitkan

2023-05-05

Cara Mengutip

lina279, lisa279, Dwistia, H., & Hidayah, R. (2023). Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Pada Anak Usia Dini Melalui Media Kartu Huruf di RA. Al-Hanif Desa Sukamulya Kecamatan Tanjung Raja Tahun Pelajaran 2021/2022. JPIB : Jurnal Penelitian Ibnu Rusyd, 2(2), 6–12. Diambil dari https://ojs.stai-ibnurusyd.ac.id/index.php/jpib/article/view/383