Penggunaan Game Interaktif Wordwall Dalam Evaluasi Mata Pelajaran SKI
Abstrak
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengguanaan game interaktif wordwall dalam evaluasi mata pelajara SKI. Penelitian ini jenis penelitian kepustakaan atau Ilibrary research dengan metode analisis konsep. Sumber data adalah buku dan jurnal ilmiah. Penggnaan game interaktif wordwall sangat baik digunakan dalam evaluasi mata pelajaran, khususnya pada mata pelajaran sejarah kebudayaan islam. Hal ini dikarenakan banyaknya fitur yang terdapat di dalamnya, sehingga memudahkan pendidik untuk memilih fitur-fitur yang cocok dalam materi pembahasan yang telah di lalaui. Adanya media web wordwall juga mengasah kemampuan avektif peserta didik dalam mengoprasikan komputer dimana kemampuan menggunakan teknologi adalah softskills yang harus dimiliki oleh setiap orang, di era industri 5,0 ini setiap orang haruslah melek terhadap teknologi. Adanya game interaktif wordwall juga memberikan dampak positif kepada pendidik guna meningkatkan kreatifitas dan inovasinya. Sebuah penelitian menunjukkan 97,4% peserta didik lebih senang mengerjakan evaluasi dengan menggunakan wordwall.
Referensi
Alfurqan, A., Wardefi, R., Doni, S., Hidayat, A. T., & Andriani, A. (2020). Pemanfaatan Media Pembelajaran Oleh Guru PAI SD Di Kecamatan Pancung Soal Kabupaten Pesisir Selatan. Murabby: Jurnal Pendidikan Islam, 3(2), 165-172.
Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. In CV Jejak (Jejak Publisher)
Arimbawa, I. G. P. A. (2021). Penerapan word wall game quis berpadukan classroom untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar biologi. Indonesian Journal of Educational Development, 2(2), 324–332. https://doi.org/10.5281/zenodo.5244716
Asmiatun, S., & Putri, A. N. (2017). Belajar Membuat Game 2D dan 3D Menggunakan Unity. In Online book (pp. 1–238).
Auliya, A. (2021). Pengembangan Instrumen Evaluasi Berbasis Wordwall Untuk Mata Pelajaran Ipa Smp Kelas Vii. Institut Agama Islam Negeri (Iain) Bengkulu, 1-134.http://www.nutricion.org/publicaciones/pdf/prejuicios_y_verdades_sobre_grasas.pdf%0Ahttps://www.colesterolfamiliar.org/formacion/guia.pdf%0Ahttps://www.colesterolfamiliar.org/wp-content/uploads/2015/05/guia.pdf
L, I. (2019). Evaluasi Dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 9(2), 920–935.
Sawaluddin, S., & Muhammad, S. (2020). Langkah-Langkah dan Teknik Evaluasi Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam. Jurnal PTK Dan Pendidikan, 6(1), 13–24.https://doi.org/10.18592/ptk.v6i1.3793
Sugiono, Noerdjanah, & Wahyu, A. (2020). Uji Vali ditas dan Reliabilitas Alat Ukur SG Posture Evaluation. Jurnal Keterapian Fisik, 5(1), 55–61. https://doi.org/10.37341/jkf.v5i1.167
Zahilah, dhilan & alfurqon (2022)’ Penggunaan Game Interaktif Wordwall Dalam Eva Luasi Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sdn 17 Gurun Laweh Padang’ , Manhzim (Jurnal Manajemen dan Ilmu Pendidikan) vol.4, no. 2.
Sun’iyah, S. L. (2020). Media Pembelajaran Daring Berorientasi Evaluasi Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Pai Di Tingkat Pendidikan Dasar. Jurnal Studi Keagamaan, Pendidikan Dan Humaniora, 7(1), 1–18. http://www.unp.ac.id/sites/default/files/2018-
/pengembangan pembelajaran daring.pdf
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Dessy Kurnia Mulyani

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
1) Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepenulisan karya dan publikasi awal di jurnal ini.
2) Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan awal publikasi di jurnal ini.
3) Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusi atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menghasilkan pertukaran yang produktif, serta kutipan lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.