Penggunaan Game Interaktif Wordwall Dalam Evaluasi Mata Pelajaran SKI

Penulis

  • Dessy Kurnia Mulyani Sekolah Tinggi Agama Islam Ibnu Rusyd Kotabumi Indonesia

Abstrak

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengguanaan game interaktif wordwall dalam evaluasi mata pelajara SKI. Penelitian ini jenis penelitian kepustakaan atau Ilibrary research dengan metode analisis konsep. Sumber data adalah buku dan jurnal ilmiah. Penggnaan game interaktif wordwall sangat baik digunakan dalam evaluasi mata pelajaran, khususnya pada mata pelajaran sejarah kebudayaan islam. Hal ini dikarenakan banyaknya fitur yang terdapat di dalamnya, sehingga memudahkan pendidik untuk memilih fitur-fitur yang cocok dalam materi pembahasan yang telah di lalaui. Adanya media web wordwall juga mengasah kemampuan avektif peserta didik dalam mengoprasikan komputer dimana kemampuan menggunakan teknologi adalah softskills yang harus dimiliki oleh setiap orang, di era industri 5,0 ini setiap orang haruslah melek terhadap teknologi. Adanya game interaktif wordwall juga memberikan dampak positif kepada pendidik guna meningkatkan kreatifitas dan inovasinya. Sebuah penelitian menunjukkan 97,4% peserta didik lebih senang mengerjakan evaluasi dengan menggunakan wordwall.

Referensi

Alfurqan, A., Wardefi, R., Doni, S., Hidayat, A. T., & Andriani, A. (2020). Pemanfaatan Media Pembelajaran Oleh Guru PAI SD Di Kecamatan Pancung Soal Kabupaten Pesisir Selatan. Murabby: Jurnal Pendidikan Islam, 3(2), 165-172.

Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. In CV Jejak (Jejak Publisher)

Arimbawa, I. G. P. A. (2021). Penerapan word wall game quis berpadukan classroom untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar biologi. Indonesian Journal of Educational Development, 2(2), 324–332. https://doi.org/10.5281/zenodo.5244716

Asmiatun, S., & Putri, A. N. (2017). Belajar Membuat Game 2D dan 3D Menggunakan Unity. In Online book (pp. 1–238).

Auliya, A. (2021). Pengembangan Instrumen Evaluasi Berbasis Wordwall Untuk Mata Pelajaran Ipa Smp Kelas Vii. Institut Agama Islam Negeri (Iain) Bengkulu, 1-134.http://www.nutricion.org/publicaciones/pdf/prejuicios_y_verdades_sobre_grasas.pdf%0Ahttps://www.colesterolfamiliar.org/formacion/guia.pdf%0Ahttps://www.colesterolfamiliar.org/wp-content/uploads/2015/05/guia.pdf

L, I. (2019). Evaluasi Dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 9(2), 920–935.

Sawaluddin, S., & Muhammad, S. (2020). Langkah-Langkah dan Teknik Evaluasi Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam. Jurnal PTK Dan Pendidikan, 6(1), 13–24.https://doi.org/10.18592/ptk.v6i1.3793

Sugiono, Noerdjanah, & Wahyu, A. (2020). Uji Vali ditas dan Reliabilitas Alat Ukur SG Posture Evaluation. Jurnal Keterapian Fisik, 5(1), 55–61. https://doi.org/10.37341/jkf.v5i1.167

Zahilah, dhilan & alfurqon (2022)’ Penggunaan Game Interaktif Wordwall Dalam Eva Luasi Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sdn 17 Gurun Laweh Padang’ , Manhzim (Jurnal Manajemen dan Ilmu Pendidikan) vol.4, no. 2.

Sun’iyah, S. L. (2020). Media Pembelajaran Daring Berorientasi Evaluasi Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Pai Di Tingkat Pendidikan Dasar. Jurnal Studi Keagamaan, Pendidikan Dan Humaniora, 7(1), 1–18. http://www.unp.ac.id/sites/default/files/2018-

/pengembangan pembelajaran daring.pdf

Unduhan

Diterbitkan

2024-02-05

Cara Mengutip

Mulyani, D. K. (2024). Penggunaan Game Interaktif Wordwall Dalam Evaluasi Mata Pelajaran SKI. JPIB : Jurnal Penelitian Ibnu Rusyd, 3(1), 7–15. Diambil dari https://ojs.stai-ibnurusyd.ac.id/index.php/jpib/article/view/345