Aplikasi Metode Peer Tutoring Teman Sebaya Untuk Meningkatkan Kemampuan Tahsin Al–Qur’an Mahasiswa STAI Ibnu Rusyd
Kata Kunci:
Metode peer tutoring, tahsin al- quran, teman sebayaAbstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam belajar tahsin al-qur’an Stai Ibnu Rusyd. peneliti menerapkan metode peer tutoring sebagai sarana pembelajaran mahasiswa. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas dengan 3 siklus hasil penelitian diketahui dalam pelaksanaan aktivitas mahasiswa dari indikator I pada siklus I mencapai 56 %, kemudian 68 % di siklus II dan mencapai 92% pada siklus III. Indikator II mencapai 36 % mahasiswa pada siklus I, kemudian di siklus II 72% dan pada siklus III mencapai 97% . Dapat ditarik kesimpulan bahwa metode Peer Tutoring teman sebaya dapat meningkatkan kemampuan belajar mahasiswa Stai Ibnu Rusyd Kotabumi.
Referensi
Abdelkarim, R., & Abuiyada, R. 2016. The Effect of Peer Teacing on Matematis Academic Achievement of The Undergraduate Students in Oman. International Education Studies. IX (5), 124-132.
Afifatun, S. (2021) ‘Pengaruh Supervisi Akademik Kepala Madrasah Dan Iklim Organisasi Terhadap Motivasi Kerja Serta Implikasinya Pada Kinerja Guru Madrasah Aliyah Se-Kabupaten Lampung Utara Tahun Pelajaran 2019/2020’, Disertasi, pp. 1–310. http://repository.radenintan.ac.id/15797/1/SAMPUL%20BAB%201-2%20PUSTAKA%20SITI%20AFIF%20.pdf
Ali, M.M. (2022) ‘Optimalisasi Kompetensi Kepribadian Dan Profesionalisme Guru Pendidikan Agama Islam (Pai) dalam Mengajar’, 1(2), pp. 100–121. doi:10.17534/arrusyd.1234-1234.1456. http://ojs.stai-ibnurusyd.ac.id/index.php/arrusyd/article/view/27/13
Anisah, A., Dwistia, H., & Selvia, F. (2022). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Melalui Metode Bercerita pada Kelompok A di RA. Akhlakul Karimah Tanjung Aman. Al Jayyid: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 1-19.
http://ojs.stai-ibnurusyd.ac.id/index.php/aljayyid/article/view/19/6
Arikunto, S., Suhardjono dan Supardi. (2015). Penelitian Tindakan Kelas . Edisi Revisi. Jakarta : Bumi Aksara.
Defnaldi (2022) ‘Afiksasi Morfologi Pada Fi ’ il Tsulaasi Maziid Geminasi Dalam Bahasa Arab’, STAI Ibnu Rusyd, 1(2), pp. 122–137. doi:10.17534/arrusyd.1234-1234.1456. http://ojs.stai-ibnurusyd.ac.id/index.php/arrusyd/article/view/50/14
Gunawan, AR, & Amalia, R. (2022). Peran guru pai dalam bimbingan konseling siswa bermasalah di sma 1 tambun utara kabupaten bekasi. Eduprof: Jurnal Pendidikan Islam , 4 (1), 32-47. Https://iaibbc.ejournal.id/xx/article/view/112/112
Hidayah, W. (2022). APLIKASI METODE SOROGAN DALAM MENINGKATKAN BERBICARA BAHASA ARAB DI SEKOLAH MENEGAH KEJURUAN. Humantech: Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 2(Spesial Issues 1), 148-154. http://journal.ikopin.ac.id/index.php/humantech/article/view/1129/691
Hidayah, W. (2022). Presensi Kurikulum Takmiliyah Pesantren dalam Prespektif Pendidikan. Ar Rusyd: Jurnal Pendidikan Agama Islam , 1 (1), 28-40. http://ojs.stai-ibnurusyd.ac.id/index.php/arrusyd/article/view/6/2
Nasution,S. (2000). Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar dan Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
MULYANI, D. K. (2019). PENDIDIKAN AKHLAK DALAM NOVEL AYAT AYAT CINTA 2 KARYA HABIBURRAHMAN EL SHIRAZY (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung). http://repository.radenintan.ac.id/5964/1/Tesis%20Full.pdf
Mulyani, DK (2022). Aplikasi Kinemaster sebagai MediaPembelajaran Daring pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Ar Rusyd: Jurnal Pendidikan Agama Islam , 1 (1), 1-27. http://ojs.stai-ibnurusyd.ac.id/index.php/arrusyd/article/view/4/1
Roza, M. et al. (2022) ‘Meningkatkan Motorik Kasar Anak Melalui Permainan Tradisional Lompat Tali Di TK ABA VI Sukajadi Kecamatan Abung Selatan Tahun Ajaran 2020/2021’, Al-Jayyid : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Din, 1(1), pp. 20–39. doi:10.17534/aljayyid.1234-1234.1456. http://ojs.stai-ibnurusyd.ac.id/index.php/aljayyid/article/view/16/7
Sani.,R.A. (2013). Inovasi Pembelajaran. Jakarta : Bumi Aksara.
Silbermen, L. M. (2009). 101 Strategi Pembelajaran Aktif. Terjemahan oleh Sarjuli, AA, Sutrisno, dkk. Yogyakarta : Pustaka Insan Madani.
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta : PT Rineka Cipta.
Surono, Y. and Anita, A. (2022) ‘Ijtihad Ra’yu Sahabat dalam Tafsir Al-Qur’an’, Ar Rusyd: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(1), pp. 41–58. doi:10.17534/arrusyd.1234-1234.1456. http://ojs.stai-ibnurusyd.ac.id/index.php/arrusyd/article/view/5/3
Zaedi, M. (2019). THE IMPORTANCE TO UNDERSTAND THE AL-QUR’AN AND KNOWLEDGE (PENTINGNYA MEMAHAMI AL-QUR’AN DAN ILMU PENGETAHUAN). Risâlah, Jurnal Pendidikan dan Studi Islam, 5(1, March), 62-70. http://jurnal.faiunwir.ac.id/index.php/Jurnal_Risalah/article/view/89/60
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Yudi Surono

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
1) Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepenulisan karya dan publikasi awal di jurnal ini.
2) Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan awal publikasi di jurnal ini.
3) Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusi atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menghasilkan pertukaran yang produktif, serta kutipan lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.