Aplikasi Metode Peer Tutoring Teman Sebaya Untuk Meningkatkan Kemampuan Tahsin Al–Qur’an Mahasiswa STAI Ibnu Rusyd

Penulis

  • Yudi Surono Sekolah Tinggi Agama Islam Ibnu Rusyd Kotabumi

Kata Kunci:

Metode peer tutoring, tahsin al- quran, teman sebaya

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam belajar tahsin al-qur’an Stai Ibnu Rusyd. peneliti menerapkan metode peer tutoring sebagai sarana pembelajaran mahasiswa. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas dengan 3 siklus hasil penelitian diketahui dalam pelaksanaan aktivitas mahasiswa dari indikator I pada siklus I mencapai 56 %, kemudian 68 % di siklus II dan mencapai 92% pada siklus III. Indikator II mencapai 36 % mahasiswa  pada siklus I, kemudian di siklus II 72% dan pada siklus III mencapai 97% . Dapat ditarik kesimpulan bahwa metode Peer Tutoring teman sebaya dapat meningkatkan kemampuan belajar mahasiswa Stai Ibnu Rusyd Kotabumi.

 

Referensi

Abdelkarim, R., & Abuiyada, R. 2016. The Effect of Peer Teacing on Matematis Academic Achievement of The Undergraduate Students in Oman. International Education Studies. IX (5), 124-132.

Afifatun, S. (2021) ‘Pengaruh Supervisi Akademik Kepala Madrasah Dan Iklim Organisasi Terhadap Motivasi Kerja Serta Implikasinya Pada Kinerja Guru Madrasah Aliyah Se-Kabupaten Lampung Utara Tahun Pelajaran 2019/2020’, Disertasi, pp. 1–310. http://repository.radenintan.ac.id/15797/1/SAMPUL%20BAB%201-2%20PUSTAKA%20SITI%20AFIF%20.pdf

Ali, M.M. (2022) ‘Optimalisasi Kompetensi Kepribadian Dan Profesionalisme Guru Pendidikan Agama Islam (Pai) dalam Mengajar’, 1(2), pp. 100–121. doi:10.17534/arrusyd.1234-1234.1456. http://ojs.stai-ibnurusyd.ac.id/index.php/arrusyd/article/view/27/13

Anisah, A., Dwistia, H., & Selvia, F. (2022). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Melalui Metode Bercerita pada Kelompok A di RA. Akhlakul Karimah Tanjung Aman. Al Jayyid: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini1(1), 1-19.

http://ojs.stai-ibnurusyd.ac.id/index.php/aljayyid/article/view/19/6

Arikunto, S., Suhardjono dan Supardi. (2015). Penelitian Tindakan Kelas . Edisi Revisi. Jakarta : Bumi Aksara.

Defnaldi (2022) ‘Afiksasi Morfologi Pada Fi ’ il Tsulaasi Maziid Geminasi Dalam Bahasa Arab’, STAI Ibnu Rusyd, 1(2), pp. 122–137. doi:10.17534/arrusyd.1234-1234.1456. http://ojs.stai-ibnurusyd.ac.id/index.php/arrusyd/article/view/50/14

Gunawan, AR, & Amalia, R. (2022). Peran guru pai dalam bimbingan konseling siswa bermasalah di sma 1 tambun utara kabupaten bekasi. Eduprof: Jurnal Pendidikan Islam , 4 (1), 32-47. Https://iaibbc.ejournal.id/xx/article/view/112/112

Hidayah, W. (2022). APLIKASI METODE SOROGAN DALAM MENINGKATKAN BERBICARA BAHASA ARAB DI SEKOLAH MENEGAH KEJURUAN. Humantech: Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia2(Spesial Issues 1), 148-154. http://journal.ikopin.ac.id/index.php/humantech/article/view/1129/691

Hidayah, W. (2022). Presensi Kurikulum Takmiliyah Pesantren dalam Prespektif Pendidikan. Ar Rusyd: Jurnal Pendidikan Agama Islam , 1 (1), 28-40. http://ojs.stai-ibnurusyd.ac.id/index.php/arrusyd/article/view/6/2

Nasution,S. (2000). Berbagai   Pendekatan   Dalam Proses Belajar dan Mengajar. Jakarta:  Bumi Aksara.

MULYANI, D. K. (2019). PENDIDIKAN AKHLAK DALAM NOVEL AYAT AYAT CINTA 2 KARYA HABIBURRAHMAN EL SHIRAZY (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung). http://repository.radenintan.ac.id/5964/1/Tesis%20Full.pdf

Mulyani, DK (2022). Aplikasi Kinemaster sebagai MediaPembelajaran Daring pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Ar Rusyd: Jurnal Pendidikan Agama Islam , 1 (1), 1-27. http://ojs.stai-ibnurusyd.ac.id/index.php/arrusyd/article/view/4/1

Roza, M. et al. (2022) ‘Meningkatkan Motorik Kasar Anak Melalui Permainan Tradisional Lompat Tali Di TK ABA VI Sukajadi Kecamatan Abung Selatan Tahun Ajaran 2020/2021’, Al-Jayyid : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Din, 1(1), pp. 20–39. doi:10.17534/aljayyid.1234-1234.1456. http://ojs.stai-ibnurusyd.ac.id/index.php/aljayyid/article/view/16/7

Sani.,R.A. (2013). Inovasi Pembelajaran. Jakarta :  Bumi Aksara.

Silbermen, L. M. (2009). 101 Strategi Pembelajaran Aktif. Terjemahan oleh  Sarjuli, AA, Sutrisno, dkk. Yogyakarta : Pustaka Insan Madani.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta : PT Rineka Cipta.

Surono, Y. and Anita, A. (2022) ‘Ijtihad Ra’yu Sahabat dalam Tafsir Al-Qur’an’, Ar Rusyd: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(1), pp. 41–58. doi:10.17534/arrusyd.1234-1234.1456. http://ojs.stai-ibnurusyd.ac.id/index.php/arrusyd/article/view/5/3

Zaedi, M. (2019). THE IMPORTANCE TO UNDERSTAND THE AL-QUR’AN AND KNOWLEDGE (PENTINGNYA MEMAHAMI AL-QUR’AN DAN ILMU PENGETAHUAN). Risâlah, Jurnal Pendidikan dan Studi Islam5(1, March), 62-70. http://jurnal.faiunwir.ac.id/index.php/Jurnal_Risalah/article/view/89/60

Unduhan

Diterbitkan

2023-05-16

Cara Mengutip

Surono, Y. (2023). Aplikasi Metode Peer Tutoring Teman Sebaya Untuk Meningkatkan Kemampuan Tahsin Al–Qur’an Mahasiswa STAI Ibnu Rusyd. JPIB : Jurnal Penelitian Ibnu Rusyd, 1(1). Diambil dari https://ojs.stai-ibnurusyd.ac.id/index.php/jpib/article/view/105