Metode Pembelajaran Mata Kuliah Qira’atul Kutub Untuk Meningkatkan Kelancaran Membaca Kitab Kuning Di Semseter IV Stai Ibnu Rusyd Kotabumi Lampung Utara Tahun 2021

Penulis

  • Wahyudi Hidayah Sekolah Tinggi Agama Islam Ibnu Rusyd Kotabumi

Kata Kunci:

Pembelajaran, Metode Sorogan, Kitab Kuning

Abstrak

Stai Ibnu Ruysd Kotabumi Lampung Utara merupakan kampus yang menjuru keislamiyah, didalam pembelajaran terdapat mata kuliah Qira’atul kutub yang sedang dipelajari oleh semestrer VI. Qira’atul berasal dari kata Qaraa yang berarti membaca, sedangkan kutub yaitu kitab, jadi Qiro’atul kutub merupakan suatu proses pembelajaran membaca kitab kuning. Secara bahasa Qiro'atul kutub artinya membaca kitab-kitab, sedangkan menurut pandangan Al-Quran, qiro'ah mengandung makna membaca, menelaah, menyampaikan, meneliti dan merenungkan segala sesuatu. Dalam membaca kitab tidak hanya dengan suara yang lantang saja akan tetapi menyampaikan nya juga harus menelaah, meneliti dan menyampaikan bacaan nya harus sesuai dengan makna ayat yang terkait. Penelitian ini bertujuan untuk lebih memahami konsep metode pembelajaran dalam mata kuliah Qiro'atul kutub semester IV di Stai Ibnu Rusyd kotabumi. Metode yang di gunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Hasil dari penlitian ini menunjukan bahwa mahasiswa semestrer IV Stai Ibnu Ruysd Kotabumi Lampung Utara menggunakan metode sorogan dalam pembelajaran Qira’atul kutub.

Referensi

Apriliana, L. (2017). Upaya Dosen PAI dalam Meningkatkan Kemampuan Qiraatul Kutub Mahasiswa PAI (Doctoral dissertation, UIN Ar-Raniry Banda Aceh). https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/3889/

Ali, M. M. (2022) ‘Optimalisasi Kompetensi Kepribadian Dan Profesionalisme Guru Pendidikan Agama Islam (Pai) dalam Mengajar’, Ar Rusyd: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(2), pp. 100–121. doi: 10.17534/arrusyd.1234-1234.1456.

Aly, A. (2012) ‘Model Kurikulum Pendidikan Islam Multikultural Di Pondok Pesantren Modern Islam Assalam Surakarta’, 24(1). Available at: https://publikasiilmiah.ums.ac.id/xmlui/handle/11617/2330.

Anisah, A., Dwistia, H. and Selvia, F. (2022) ‘Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Melalui Metode Bercerita pada Kelompok A di RA. Akhlakul Karimah Tanjung Aman’, Al Jayyid: Jurnal Pendidikan …, 1(1), pp. 1–19. doi: 10.17534/aljayyid.1234-1234.1456.

Dwistia, H. et al. (2022) ‘Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam’, Ar Rusyd: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 8(2), pp. 16–27. doi: 10.33363/ba.v8i2.293.

Hidayah, R., & Asy’ari, H. (2022). Peningkatan Kemampuan Membaca Kitab Kuning dengan Metode Sorogan pada Santri Pondok Pesantren Walisongo. Ar Rusyd: Jurnal Pendidikan Agama Islam1(1), 59–68.

Hidayah, W. (2022) ‘Presensi Kurikulum Takmiliyah Pesantren dalam Prespektif Pendidikan’, Ar Rusyd: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(1), pp. 28–40. doi: 10.17534/arrusyd.1234-1234.1456.

Lubis, R. F. (2020). Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa. Kreatifitas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam, 9(1), 1-30. Vol 9 No. 1, https://ojs.diniyah.ac.id/index.php/Kreatifitas/article/view/112

Nata, A. (2018) ‘Pendidikan Islam di era milenial’, Conciencia, 18(1), pp. 10–28. Available at: http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/conciencia/article/view/2436.

Pradana, R. H. (2022) pradana, R. H. (2022).: Jurnal Ilmu Pendidikan2(3), 170–177 Vol.2 No.3 https://ejurnal.politeknikpratama.ac.id/index.php/sokoguru/article/view/715

Wakit, A. (2016) ‘Efektivitas metode sorogan berbantuan tutor sebaya terhadap pemahaman konsep matematika’, Jurnal Edukasi dan Sains Matematika (JES-MAT), 2(1). Available at: https://journal.uniku.ac.id/index.php/JESMath/article/view/278.

 Zaenuddin, R. (2005). Metodologi dan strategi alternatif pembelajaran bahasa Arab. Yogyakarta: Pustaka Rihlah Group43. https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=Zaenuddin%2C+Radliyah+dkk.+2005.+Metodologi+%26+Strategi+Alternatif+Pembelajaran+Bahasa+Arab.+Yogyakarta%3A+Pustaka+Rihlah+Group.+Hlm.+1&btnG=

Unduhan

Diterbitkan

2023-05-16

Cara Mengutip

Hidayah, W. (2023). Metode Pembelajaran Mata Kuliah Qira’atul Kutub Untuk Meningkatkan Kelancaran Membaca Kitab Kuning Di Semseter IV Stai Ibnu Rusyd Kotabumi Lampung Utara Tahun 2021. JPIB : Jurnal Penelitian Ibnu Rusyd, 1(1). Diambil dari https://ojs.stai-ibnurusyd.ac.id/index.php/jpib/article/view/104