Metode Pembelajaran Mata Kuliah Qira’atul Kutub Untuk Meningkatkan Kelancaran Membaca Kitab Kuning Di Semseter IV Stai Ibnu Rusyd Kotabumi Lampung Utara Tahun 2021
Kata Kunci:
Pembelajaran, Metode Sorogan, Kitab KuningAbstrak
Stai Ibnu Ruysd Kotabumi Lampung Utara merupakan kampus yang menjuru keislamiyah, didalam pembelajaran terdapat mata kuliah Qira’atul kutub yang sedang dipelajari oleh semestrer VI. Qira’atul berasal dari kata Qaraa yang berarti membaca, sedangkan kutub yaitu kitab, jadi Qiro’atul kutub merupakan suatu proses pembelajaran membaca kitab kuning. Secara bahasa Qiro'atul kutub artinya membaca kitab-kitab, sedangkan menurut pandangan Al-Quran, qiro'ah mengandung makna membaca, menelaah, menyampaikan, meneliti dan merenungkan segala sesuatu. Dalam membaca kitab tidak hanya dengan suara yang lantang saja akan tetapi menyampaikan nya juga harus menelaah, meneliti dan menyampaikan bacaan nya harus sesuai dengan makna ayat yang terkait. Penelitian ini bertujuan untuk lebih memahami konsep metode pembelajaran dalam mata kuliah Qiro'atul kutub semester IV di Stai Ibnu Rusyd kotabumi. Metode yang di gunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Hasil dari penlitian ini menunjukan bahwa mahasiswa semestrer IV Stai Ibnu Ruysd Kotabumi Lampung Utara menggunakan metode sorogan dalam pembelajaran Qira’atul kutub.
Referensi
Apriliana, L. (2017). Upaya Dosen PAI dalam Meningkatkan Kemampuan Qiraatul Kutub Mahasiswa PAI (Doctoral dissertation, UIN Ar-Raniry Banda Aceh). https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/3889/
Ali, M. M. (2022) ‘Optimalisasi Kompetensi Kepribadian Dan Profesionalisme Guru Pendidikan Agama Islam (Pai) dalam Mengajar’, Ar Rusyd: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(2), pp. 100–121. doi: 10.17534/arrusyd.1234-1234.1456.
Aly, A. (2012) ‘Model Kurikulum Pendidikan Islam Multikultural Di Pondok Pesantren Modern Islam Assalam Surakarta’, 24(1). Available at: https://publikasiilmiah.ums.ac.id/xmlui/handle/11617/2330.
Anisah, A., Dwistia, H. and Selvia, F. (2022) ‘Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Melalui Metode Bercerita pada Kelompok A di RA. Akhlakul Karimah Tanjung Aman’, Al Jayyid: Jurnal Pendidikan …, 1(1), pp. 1–19. doi: 10.17534/aljayyid.1234-1234.1456.
Dwistia, H. et al. (2022) ‘Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam’, Ar Rusyd: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 8(2), pp. 16–27. doi: 10.33363/ba.v8i2.293.
Hidayah, R., & Asy’ari, H. (2022). Peningkatan Kemampuan Membaca Kitab Kuning dengan Metode Sorogan pada Santri Pondok Pesantren Walisongo. Ar Rusyd: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(1), 59–68.
Hidayah, W. (2022) ‘Presensi Kurikulum Takmiliyah Pesantren dalam Prespektif Pendidikan’, Ar Rusyd: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(1), pp. 28–40. doi: 10.17534/arrusyd.1234-1234.1456.
Lubis, R. F. (2020). Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa. Kreatifitas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam, 9(1), 1-30. Vol 9 No. 1, https://ojs.diniyah.ac.id/index.php/Kreatifitas/article/view/112
Nata, A. (2018) ‘Pendidikan Islam di era milenial’, Conciencia, 18(1), pp. 10–28. Available at: http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/conciencia/article/view/2436.
Pradana, R. H. (2022) pradana, R. H. (2022).: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(3), 170–177 Vol.2 No.3 https://ejurnal.politeknikpratama.ac.id/index.php/sokoguru/article/view/715
Wakit, A. (2016) ‘Efektivitas metode sorogan berbantuan tutor sebaya terhadap pemahaman konsep matematika’, Jurnal Edukasi dan Sains Matematika (JES-MAT), 2(1). Available at: https://journal.uniku.ac.id/index.php/JESMath/article/view/278.
Zaenuddin, R. (2005). Metodologi dan strategi alternatif pembelajaran bahasa Arab. Yogyakarta: Pustaka Rihlah Group, 43. https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=Zaenuddin%2C+Radliyah+dkk.+2005.+Metodologi+%26+Strategi+Alternatif+Pembelajaran+Bahasa+Arab.+Yogyakarta%3A+Pustaka+Rihlah+Group.+Hlm.+1&btnG=
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Wahyudi Hidayah

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
1) Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepenulisan karya dan publikasi awal di jurnal ini.
2) Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan awal publikasi di jurnal ini.
3) Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusi atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menghasilkan pertukaran yang produktif, serta kutipan lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
