AGAMA DAN BUDAYA SAINTIFIK DALAM PEMBELAJARAN KURIKULUM 2013
Kata Kunci:
Agama, Budaya Saintifik, Pendidikan Integratif, Kurikulum 2013Abstrak
Inovasi dan kreativitas keilmuan akan terhenti jika paradigma pendidikan Islam terus bersifat teologis dan tidak menembus paradigma antropologis-kosmologis. Sebaliknya, jika praktik pendidikan Islam menggunakan hubungan dialogis dan integrasi informasi, mereka akan membantu dalam menyelesaikan konflik dan mendorong pengembangan budaya berpikir sosial-keagamaan yang lebih harmonis dan relevan baik di ruang privat maupun publik. Artikel ini berusaha menunjukkan relevansi dan keunggulan transformasi pendidikan Islam menuju proses integrasi sains dan agama untuk kemajuan keilmuan pendidikan agama Islam di masa depan. Terimalah klaim aliran pemikiran post-positivis bahwa sains adalah situasi yang digerakkan oleh kepentingan. Sains harus difokuskan pada lebih dari sekedar pengetahuan. Bagaimanapun, ini dapat digunakan untuk mengubah keadaan sosiokultural yang tidak adil dan kejam. Realitas sebagai dapat ditafsirkan, diciptakan, dan rentan terhadap interpretasi. Manusia, sebaliknya, adalah orang yang membangun dunia dan memberinya makna. Mereka tidak dibatasi oleh hukum alam dan telah membangun sistem makna yang kompleks. Sebaliknya, metode ilmiah bersifat induktif, ideografis, interpretatif, dan tidak bebas nilai karena didasarkan pada pengetahuan umum. Tujuannya adalah untuk memahami dan menafsirkan dunia.
Referensi
Abdurrahmansyah, Wacana Pendidikan Islam, Khazanah Filosofis dan Implementasi Kurikulum, Metodologi dan Tantangan Pendidikan Moralitas, Yogyakarta:Global Pustaka Utama, 2005
Agus, Pengembangan Ilmu-ilmu Sosial Studi Banding antara Pandangan Ilmiah dan Ajaran Islam Jakarta: Gema Insani, 1999
Al-Attas Syed Naquib, Islam dan Sekularisme, Bandung: Pustaka, 1981
Al-Faruqi, Isma`il Raji, Islamization of Knowledge: A Response. American Journal of Islamic Social Science, 1998
Amrullah Ahmad, Pendidikan Islam di Indonesia antara Cita dan Fakta , Yogyakarta: PT. Tiara Wacana, 1991
Anisah, A., Dwistia, H. and Selvia, F. (2022) ‘Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Melalui Metode Bercerita pada Kelompok A di RA. Akhlakul Karimah Tanjung Aman’, Al Jayyid: Jurnal Pendidikan …, 1(1), pp. 1–19.
Anita, Implementasi Perencanaan Strategis Dalam Meningkatkan Mutu Guru Di Smp Nurul Islam Jati Agung Kabupaten Lampung Selatan , Journal Of Islamic Education And Learning: Vol. 2 No. 1 (2022): Publish Jan - Jun 2022
Arianto,Efendi, Sains dan Agama, Peranannya Dalam Kehidupan Manusia dan Dalam Hakekat Kebenaran, http://strategika.wordpres.com/2007/07/05/sains dan agama
Arief,Armai, Melacak Akar Timbulnya Dikotomi Ilmu dalam Pendidikan Islam, dalam “Jauhar” Jurnal Pemikiran Islam Kontektual, vol.3.No.2 Desember 2002
Arifin, Zainal, Evaluasi Pembelajaran , Bandung: PT Rosdakarya, 2011, cet.3
_____, Konsep dan Model Pengembangan Kuriklum, Konsep, Teori, Prinsip, Prosedur, Komponen, Pendekatan, Model, Evaluasi dan Inovasi, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2013
Azra, Azyumardi, Esei-esei Intelektual Muslim dan Pendidikan Islam, Jakarta: Logos Wacana Ilmu dan Pemikiran,1999
______, Pendidikan Islam Tradisi dan Modernisasi Menuju Milenium Baru, Jakarta:Logos, 2002
______ , Reintegrasi ilmu-ilmu dalam Islam “ Zainal Abidin Bagir,ed.”. Integrasi Ilmu dan Agama: Interpretasi dan Aksi , Bandung:Mizan, 2005
Bagir, Zainal Abidin, dkk.Integrasi Ilmu dan Agama:Interpretasi dan Aksi, Bandung:Mizan Pustaka-CRCS UGM-SUKA Press, 2005
Bungin, Burhan, Metode Penelitian Kualitatif, Bandung: Rosdakarya, 2007
C.B.Ismulyadi, Agama Sebagai Terciptanya Etika Global, Journal.uny.ac.id/index.php/humanika/article/download/3196/2678
Dalvi, Penerapan Menejemen Kurikulum Pada Sekolah Full Day di SDIT Cahaya Hati Kota Bukittinggi, Al-Fikrah, Jurnal Menejemen Pendidikan, ISSN 2339-01 Vo. I No. I Januari-Juni 2013
Esposito, Islam The Straight Path, New York:Oxford University Press,1988
Esposito,John L., The Islamic Threat: Myth or Reality , New York: Oxford University Press, 1992
Gholsani, Mehdi, Filsafat Sains Menurut Al-Qur`an. Terjemahan Agus Efendi. Bandung: Mizan,1999
Hardiman,F. Budi, Sains dan Pencarian Makna: Menyiasati Konflik Tua antara Sains dan Agama, Kompas, Edisi Jum`at, 02 Februari 2007
Hasbullah, Moeflich, “Pengantar Editor,Proyek Islamisasi Sains: Dekonstruksi Modernitas dan Rekonstruksi Alternatif Islam,” dalam Gagasan dan Perdebatan Islamisasi Ilmu Pengetahuan, ed. Moeflich Hasbullah , Jakarta: Pustaka Cidesindo, 2000
Hatta, Muhammad, Pengantar ke jalan Ilmu dan Pengetahuan, Jakarta: Mutiara, 1979
Hoodbhoy, Pervez, Islam and Science: Religion Orthodoxy and The Battle for Rationality, London New Jersey:Zed Books ltd, 1991
http://Muhajinugroho.staf.iainsalatiga.ac.id/wp-conten/uploads/sites/93/2013/09/Hermeneutika-Muhammad-Syahrur. Diunnduh, 26 januari 2016
Husaini Usman dan Purnomo Setiady Akbar, Metodologi Penelitian Sosial , Jakarta: Bumi Aksara, 2006
Ilyas Hamim, Islam Risalah Rahmad Dalam Al-Qur`an, Tafsir Q.S. al-Anbiya`, 21:107, Hermenia, Jurnal Kajian Islam Interdisipliner Vol. 6, Nomor 2, Juli-Desember 2007
Ilyas, Halim, Keberagamaan Otentik Dalam Al-Qur`an, Jurnal Analisa, Volume 21 Nomor 01 Juni 2014
Jalaluddin, Teologi Pendidikan, Jakarta: Rajagrafindo Persada, 2001
Karwadi, Integrasi Paradigma Sains Dan Agama Dalam Pembelajaran Aqidah (Ketuhanan) (Telaah Teoritis dari Perspektif Kurikulum Integratif), Jurnal Penelitian Agama, Vol.XVII, No. 3 Sepetember 2008
Kleden, Ignas, Masyarakat Pos-Sekular: Relasi Akal dan Iman serta Tuntutan Penyesuaian Baru, Makalah Stadium Generale Fakultas Teologi Universitas Sanata Dharma, Yogayakarta, 16 Agustus 2010
Kotimah, Pemikiran Fazlur Rahman Tentang Pendidikan Islam, Jurnal Ushuluddin Vol.XXII No.2, Juli 2004
Kuntowijoyo, Paradigma Islam: Interpretasi untuk Aksi , Bandung: Mizan, 1993
Leksono , Jati Widyo, Pendekatan Saintifik pada Kurikulum 2013 untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa, dalam Jurnal Aptekindo(Prosiding Konvensi Nasional Asosiasi Pendidikan Teknologi dan Kejuruan) ke 7 FPTK Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung, 13 sd.14 November 2014
Liamputtong, Focus Group Methodology: Princples and Practice , London: Sage Publication, 2011
Lubis, Akhyar Yusuf , Filsafat Ilmu Klasik Hingga Kontemporer, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2015
Hosnan, Pendekatan Saintifk dan Kontekstual Dalam Pembelajaran Abad 21, Kunci Sukses Implementasi Kurikulum 2013, Jadilah Guru Profesional Atau Tidak Sama Sekali, Bandung: Rosdakarya, 2014
Ma`rifah,Indrayani ,Islam dan Sains Modern : Meneropong Signifikansi Agama dan Etika Bagi Sains, http://www.globethics.net/dokuments/4289936/13403252/focus-6-online.pdf.fa9159bf-9bdc-45fb-8a3c-bb3d16dbbf85
Majid, Abdul, Implementasi Kurikulum 2013 Kajian Teoritis dan Praktis, Bandung: Interes Media, 2014
Marlina, Murni Eva, Kurikulum 2013 Yang Berkarakter, Jurnal JUPIIS, Volume 5 Nomor 2, Desember 2013
Moleong Lexy J., Metodologi Penelitian Kualitatif , Bandung: Remaja Rosdakarya
Muhaemin Latif, Membumikan Teologi Islam Dalam Kehidupan Modern (Berkaca dari Mohammed Arkoun), Jurnal Dakwah Tablig, Vol.14, No. 2, Desember 2013
Mulyadi Kartanegara, Integrasi Ilmu: Sebuah Rekonstruksi Holistik , Bandung: Arasy Mizan, 2005
Mustika Sari, Ramadhanita, S.Th.I,MA.Hum, Ambivalensi Integrasi Ilmu Agama dan Sains; Studi Transformasi Konflik dan Konsensus Pengaruh Ilmu Agama terhadap Perkembangan IPTEK di Zaman Modern, Anual International Converence on Islamic Studies (ACIS XII)
Nana Saodeh Sukmadinata, Prinsip dan Landasan Pengembangan Kurikulum,Bandung: Rosda Karya, 2009
Nana Sudjana, Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, Bandung: PT Rosdakarya, 2009, cet.
Nazir, Moh, Metode Penelitian, Bogor: Ghalia Indonesia 2005
Nizar, Samsul, Sejarah dan Pergolakan Pemikiran Pendidikan Islam Potret Timur Tengah Era Awal dan Indonesia, Ciputat: Quantum Teaching, 2005
Nofi Nachriatun Nurchijah, Skripsi Konsep Kurikulum dalam Pendidikan Menurut John Dewey UGM,2003
Nordin Abu Bakar, Kurikulum ke arah Penghasilan Kemahiran Berpikir Kritis, Kreatif, dan Inovatif, Junal Kurikulum dan Pengajaran Asia Pasifik, Vol 1 No 1 tahun 2013
Nulfita Ida Mintarina, Implementasi Pendekatan Saintifik dan Karakter Dalam Pembelajaran Sains http://lpmpsumbar.org/artikel/detil/34/nasib-pendidikan-indonesia-dalam-kurikulum-2013 Menyongsong Generasi Emas Indonesia, diakses tanggal 14 April 2015
Oetomo,Dede, Penelitian Kualitataif: Aliran dan Tema, Jakarta: Kenacana, 2007
Osmiati, Jurnal Analisis Sejarah, Volume 4, No.2, 2014, Labor Sejarah, Universitas Andalas
Otto Gusti Madung, Relasi Agama dan Moralitas Masyarakat Post Sekuler Negara, Telaah atas Pemikiran Juergen Habermas, Jurnal Millah Vol.X, 2 Februari 2011
Paramita,Astridya dan Lusi Kritiana, Buletin Penelitian Sistem Kesehatan, Vol.16 No.2 April 2013
Poedjawajdna, I.R. Tahu dan Pengetahuan: Pengantar ke Ilmu dan Filsafat Ilmu, Jakarta: Bina Aksara, 1983
Print, Murray, Curriculum Development and Design, 2nd.. Nsw. Austalia: Allen & Unwin Pty.Ltd, 1993
Qardlawi, Yusuf, Pendidikan Islam dan Madrasah Hasan al-Banna, terjemah oleh Bustani A Gani, Jakarta: Bulan Bintang, 1981
Roibin, Integrasi Agama dan Sains Model Integrasi Holistik Integratif, http://syariah.uin-malang.ac.id/index.php/komunitas/blog-fakultas/entry/integrasi-agama-dan-sains-model-integrasi-holistik-integratif.
Rolston,Holmes, Science and Religion New York: A. Critical Survey, With a New Introduction, 2006
Salam, Syamsir, Metodologi Penelitian Sosial, Jakarta: Lembaga Penelitian UIN Jakarta dengan UIN Press, 2006
Sagala, Syaiful, Konsep dan Makna Pembelajaran, Bandung: Alfabeta, 2011
Said, Norman, Wahyuddin Halim, Muhammad Sabri, Sinergi Agama dan Sains, Makassar:Alauddin Press, 2005
Sardar, Ziauddin, Jihad Intelektual: Meurmuskan parameter-parameter Saince Islam, (Terj) AE Priyono surabaya: Risalah Gusti, 1998
Setiadi, Hafid, Konsep Pusat-Pinggiran: Sebuah Tinjauan Teoritis, Working Paper on Regional Developmental Studies Nomor: KKI-01/KBP-PW/2009, Depertemen Geografi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia
Sirait,H.Tuah, Fleksibilitas Ayat-Ayat Al-Qur`an Dalam Nilai Kehidupan Universal,http://sumut.kemenag.go.id/02/01/2015
Siswanto, Teologi Pendidikan Islam; Diskursus Unity of Knowledge Perspektif Ismail Raj`i Al-Faruqi, Jurnal Tadris Volume I.Nomor I.2006
Soedijarto, Kurikulum, Sistem Evaluasi, dan Tenaga Pendidikan Sebagai Unsur Strategis dalam Penyelenggaraan Sistem Pengajaran Nasional, dalam Jurnal Pendidikan Penabur, Nomor 03, Tahun III, Desember 2004
Solomon, Robert C, Etika (suatu Pengantar), terj. Andre Karo-karo (Jakarta: Erlangga, 1987)
Sugiharto, Bambang, Ilmu dan Agama dalam Kurikulum Perguruan Tinggi” Bandung:Mizan Pustaka-CRCS UGM-SUKA Press, 2005
Sugiono, Metode Penelitian Administrasi, Bandung: Alfabeta, 2006
_________, Metode Penelitian Pendidikan; Pendekatan Kualitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung: CV Alfabeta, 2009
Sunawan., Dwistia, Halen., Kurniawan, Kusnarto., Hartati, Sri., Sofyan, Afriyadi. ‘Classroom Engagement and Mathematics Achievement of Senior and Junior High School Students’. Proceedings of the International Conference on Teacher Training and Education 2017. (ICTTE 2017). Atlantis Press. Doi 10.2991/ictte-17.2017.26
Sunhaji, Oksidentalisme Telaah atas Pandangan Orientalisme terhadap Pendidikan Islam, INSANIA, Jurnal Pemikiran Alternatif Pendidikan,/vol.11/No.3/Sep-Des 2006/380.388
Supaat Eko Nugroho, Muhammad Abid Al-Jabiri, Studi Pemikirannya Tentang Tradisi Turas, Skripsi Fakultas Adab Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2007
Suparjo, Pemikiran Kritis Abu Zaid terhadap Wacana Kagamaan: Implikasinya dalam Pengembangan Pembelajaran Teologi di PTAI, Jurnal Pemikiran Alternatif Pendidikan, INSANIA, Vol.12.No.2 Mei-Agustus 2007
Susan M, Drake, Creating Integrated Curriculum Proven Ways to Increse Student Learning, California : Corwin Press, 1998
Syamsudin dan Vismaia, Metode Penelitian Bahasa, Bandung: Rosdakarya, 2007
Tjalla Awaludin, Potret Mutu Pendidikan Indonesia Ditinjau dari Hasil-hasil Studi Internasional, http://www.pustaka.ut.ac.id/dev25/pdf prosiding2/fkip201047.pdf
Usman Husaini dan Purnomo Setiady Akbar, Metodology Penelitian Sosial , Jakarta: Bumi Aksara, 2006
Van Den Akker Jan, dkk, Eductional Design Recearch, london And New York: Routledge Taylor&Francis Goup, 2007
Wan Daud,Wan Moh Nor, The Educational Philosophy and Practice of Syed Muhammad naquib al-Attas. An Exposition of The Original Concept of Islamization , Kuala Lumpur: International Institute of Islamic Though and Civilization, 1998
Waston, Hubungan sains dan Agama Refleksi Filosofis atas Pemikiran Ian G. Barbour, Profetika, Jurnal Studi Islam, Vol.15, No.1, Juni 2014
Yahya, M. Slamet, Strategi Pendidikan Islam Menghadapi Kemajuan Iptek, Insania: Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, Vol.11/No.1/Jan-april 2006.
Yusuf Lubis,Ahyar, Filsafat Ilmu Metodologi Post Modernisme, Bogor: Akademia, 2004
Zamakhsari Ahmad, Rekonstruksi Mulla Sadra Dalam Integrasi Keilmuan, Membangun Pendidikan Integratif Non Dikotomik, Tesis Sekolah Pascasarjana Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, 2014
www. Mudjia Raharjo.com, diakses pada 04 Oktober 2013.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Sukawati Sukawati

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
1) Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepenulisan karya dan publikasi awal di jurnal ini.
2) Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan awal publikasi di jurnal ini.
3) Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusi atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menghasilkan pertukaran yang produktif, serta kutipan lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.