AGAMA DAN BUDAYA SAINTIFIK DALAM PEMBELAJARAN KURIKULUM 2013

Penulis

  • Sukawati Sukawati Sekolah Tinggi Agama Islam Ibnu Rusyd Kotabumi

Kata Kunci:

Agama, Budaya Saintifik, Pendidikan Integratif, Kurikulum 2013

Abstrak

Inovasi dan kreativitas keilmuan akan terhenti jika paradigma pendidikan Islam terus bersifat teologis dan tidak menembus paradigma antropologis-kosmologis. Sebaliknya, jika praktik pendidikan Islam menggunakan hubungan dialogis dan integrasi informasi, mereka akan membantu dalam menyelesaikan konflik dan mendorong pengembangan budaya berpikir sosial-keagamaan yang lebih harmonis dan relevan baik di ruang privat maupun publik. Artikel ini berusaha menunjukkan relevansi dan keunggulan transformasi pendidikan Islam menuju proses integrasi sains dan agama untuk kemajuan keilmuan pendidikan agama Islam di masa depan. Terimalah klaim aliran pemikiran post-positivis bahwa sains adalah situasi yang digerakkan oleh kepentingan. Sains harus difokuskan pada lebih dari sekedar pengetahuan. Bagaimanapun, ini dapat digunakan untuk mengubah keadaan sosiokultural yang tidak adil dan kejam. Realitas sebagai dapat ditafsirkan, diciptakan, dan rentan terhadap interpretasi. Manusia, sebaliknya, adalah orang yang membangun dunia dan memberinya makna. Mereka tidak dibatasi oleh hukum alam dan telah membangun sistem makna yang kompleks. Sebaliknya, metode ilmiah bersifat induktif, ideografis, interpretatif, dan tidak bebas nilai karena didasarkan pada pengetahuan umum. Tujuannya adalah untuk memahami dan menafsirkan dunia.

Referensi

Abdurrahmansyah, Wacana Pendidikan Islam, Khazanah Filosofis dan Implementasi Kurikulum, Metodologi dan Tantangan Pendidikan Moralitas, Yogyakarta:Global Pustaka Utama, 2005

Agus, Pengembangan Ilmu-ilmu Sosial Studi Banding antara Pandangan Ilmiah dan Ajaran Islam Jakarta: Gema Insani, 1999

Al-Attas Syed Naquib, Islam dan Sekularisme, Bandung: Pustaka, 1981

Al-Faruqi, Isma`il Raji, Islamization of  Knowledge: A Response. American Journal of Islamic Social Science, 1998

Amrullah Ahmad, Pendidikan Islam di Indonesia antara Cita dan Fakta , Yogyakarta: PT. Tiara Wacana, 1991

Anisah, A., Dwistia, H. and Selvia, F. (2022) ‘Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Melalui Metode Bercerita pada Kelompok A di RA. Akhlakul Karimah Tanjung Aman’, Al Jayyid: Jurnal Pendidikan …, 1(1), pp. 1–19.

Anita, Implementasi Perencanaan Strategis Dalam Meningkatkan Mutu Guru Di Smp Nurul Islam Jati Agung Kabupaten Lampung Selatan Journal Of Islamic Education And Learning: Vol. 2 No. 1 (2022): Publish Jan - Jun 2022

Arianto,Efendi, Sains dan Agama, Peranannya Dalam Kehidupan Manusia dan Dalam Hakekat Kebenaran, http://strategika.wordpres.com/2007/07/05/sains dan agama

Arief,Armai, Melacak Akar Timbulnya Dikotomi Ilmu dalam Pendidikan Islam, dalam “Jauhar” Jurnal Pemikiran Islam Kontektual, vol.3.No.2 Desember 2002

Arifin, Zainal, Evaluasi Pembelajaran , Bandung: PT Rosdakarya, 2011, cet.3

_____, Konsep dan Model Pengembangan Kuriklum, Konsep, Teori, Prinsip, Prosedur, Komponen, Pendekatan, Model, Evaluasi dan Inovasi, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2013

Azra, Azyumardi, Esei-esei Intelektual Muslim dan Pendidikan Islam, Jakarta: Logos Wacana Ilmu dan Pemikiran,1999

______, Pendidikan Islam Tradisi dan Modernisasi Menuju Milenium Baru, Jakarta:Logos, 2002

______ , Reintegrasi ilmu-ilmu dalam Islam “ Zainal Abidin Bagir,ed.”. Integrasi Ilmu dan Agama: Interpretasi dan Aksi , Bandung:Mizan, 2005

Bagir, Zainal Abidin, dkk.Integrasi Ilmu dan Agama:Interpretasi dan Aksi, Bandung:Mizan Pustaka-CRCS UGM-SUKA Press, 2005

Bungin, Burhan, Metode Penelitian Kualitatif, Bandung: Rosdakarya, 2007

C.B.Ismulyadi, Agama Sebagai Terciptanya Etika Global, Journal.uny.ac.id/index.php/humanika/article/download/3196/2678

Dalvi, Penerapan Menejemen Kurikulum Pada Sekolah Full Day di SDIT Cahaya Hati Kota Bukittinggi, Al-Fikrah, Jurnal Menejemen Pendidikan, ISSN 2339-01 Vo. I No. I Januari-Juni 2013

Esposito, Islam The Straight Path, New York:Oxford University Press,1988

Esposito,John L., The Islamic Threat: Myth or Reality , New York: Oxford University Press, 1992

Gholsani, Mehdi, Filsafat Sains Menurut Al-Qur`an. Terjemahan Agus Efendi. Bandung: Mizan,1999

Hardiman,F. Budi, Sains dan Pencarian Makna: Menyiasati Konflik Tua antara Sains dan Agama, Kompas, Edisi Jum`at, 02 Februari 2007

Hasbullah, Moeflich, “Pengantar Editor,Proyek Islamisasi Sains: Dekonstruksi Modernitas dan Rekonstruksi Alternatif Islam,” dalam Gagasan dan Perdebatan Islamisasi Ilmu Pengetahuan, ed. Moeflich Hasbullah , Jakarta: Pustaka Cidesindo, 2000

Hatta, Muhammad, Pengantar ke jalan Ilmu dan Pengetahuan, Jakarta: Mutiara, 1979

Hoodbhoy, Pervez, Islam and Science: Religion Orthodoxy and The Battle for Rationality, London New Jersey:Zed Books ltd, 1991

http://Muhajinugroho.staf.iainsalatiga.ac.id/wp-conten/uploads/sites/93/2013/09/Hermeneutika-Muhammad-Syahrur. Diunnduh, 26 januari 2016

Husaini Usman dan Purnomo Setiady Akbar, Metodologi Penelitian Sosial , Jakarta: Bumi Aksara, 2006

Ilyas Hamim, Islam Risalah Rahmad Dalam Al-Qur`an, Tafsir Q.S. al-Anbiya`, 21:107, Hermenia, Jurnal Kajian Islam Interdisipliner Vol. 6, Nomor 2, Juli-Desember 2007

Ilyas, Halim, Keberagamaan Otentik Dalam Al-Qur`an, Jurnal Analisa, Volume 21 Nomor 01 Juni 2014

Jalaluddin, Teologi Pendidikan, Jakarta: Rajagrafindo Persada, 2001

Karwadi, Integrasi Paradigma Sains Dan Agama Dalam Pembelajaran Aqidah (Ketuhanan) (Telaah Teoritis dari Perspektif Kurikulum Integratif), Jurnal Penelitian Agama, Vol.XVII, No. 3 Sepetember 2008

Kleden, Ignas, Masyarakat Pos-Sekular: Relasi Akal dan Iman serta Tuntutan Penyesuaian Baru, Makalah Stadium Generale Fakultas Teologi Universitas Sanata Dharma, Yogayakarta, 16 Agustus 2010

Kotimah, Pemikiran Fazlur Rahman Tentang Pendidikan Islam, Jurnal Ushuluddin Vol.XXII No.2, Juli 2004

Kuntowijoyo, Paradigma Islam: Interpretasi untuk Aksi , Bandung: Mizan, 1993

Leksono , Jati Widyo, Pendekatan Saintifik pada Kurikulum 2013 untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa, dalam Jurnal Aptekindo(Prosiding Konvensi Nasional Asosiasi Pendidikan Teknologi dan Kejuruan) ke 7 FPTK Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung, 13 sd.14 November 2014

Liamputtong, Focus Group Methodology: Princples and Practice , London: Sage Publication, 2011

Lubis, Akhyar Yusuf , Filsafat Ilmu Klasik Hingga Kontemporer, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2015

Hosnan, Pendekatan Saintifk dan Kontekstual Dalam Pembelajaran Abad 21, Kunci Sukses Implementasi Kurikulum 2013, Jadilah Guru Profesional Atau Tidak Sama Sekali, Bandung: Rosdakarya, 2014

Ma`rifah,Indrayani ,Islam dan Sains Modern : Meneropong Signifikansi Agama dan Etika Bagi Sains, http://www.globethics.net/dokuments/4289936/13403252/focus-6-online.pdf.fa9159bf-9bdc-45fb-8a3c-bb3d16dbbf85

Majid, Abdul, Implementasi Kurikulum 2013 Kajian Teoritis dan Praktis, Bandung: Interes Media, 2014

Marlina, Murni Eva, Kurikulum 2013 Yang Berkarakter, Jurnal JUPIIS, Volume 5 Nomor 2, Desember 2013

Moleong Lexy J., Metodologi Penelitian Kualitatif , Bandung: Remaja Rosdakarya

Muhaemin Latif, Membumikan Teologi Islam Dalam Kehidupan Modern (Berkaca dari Mohammed Arkoun), Jurnal Dakwah Tablig, Vol.14, No. 2, Desember 2013

Mulyadi Kartanegara, Integrasi Ilmu: Sebuah Rekonstruksi Holistik , Bandung: Arasy Mizan, 2005

Mustika Sari, Ramadhanita, S.Th.I,MA.Hum, Ambivalensi Integrasi Ilmu Agama dan Sains; Studi Transformasi Konflik dan Konsensus Pengaruh Ilmu Agama terhadap Perkembangan IPTEK di Zaman Modern, Anual International Converence on Islamic Studies (ACIS XII)

Nana Saodeh Sukmadinata, Prinsip dan Landasan Pengembangan Kurikulum,Bandung: Rosda Karya, 2009

Nana Sudjana, Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, Bandung: PT Rosdakarya, 2009, cet.

Nazir, Moh, Metode Penelitian, Bogor: Ghalia Indonesia 2005

Nizar, Samsul, Sejarah dan Pergolakan Pemikiran Pendidikan Islam Potret Timur Tengah Era Awal dan Indonesia, Ciputat: Quantum Teaching, 2005

Nofi Nachriatun Nurchijah, Skripsi Konsep Kurikulum dalam Pendidikan Menurut John Dewey UGM,2003

Nordin Abu Bakar, Kurikulum ke arah Penghasilan Kemahiran Berpikir Kritis, Kreatif, dan Inovatif, Junal Kurikulum dan Pengajaran Asia Pasifik, Vol 1 No 1 tahun 2013

Nulfita Ida Mintarina, Implementasi Pendekatan Saintifik dan Karakter Dalam Pembelajaran Sains http://lpmpsumbar.org/artikel/detil/34/nasib-pendidikan-indonesia-dalam-kurikulum-2013 Menyongsong Generasi Emas Indonesia,  diakses tanggal 14 April 2015

Oetomo,Dede, Penelitian Kualitataif: Aliran dan Tema, Jakarta: Kenacana, 2007

Osmiati, Jurnal Analisis Sejarah, Volume 4, No.2, 2014, Labor Sejarah, Universitas Andalas

Otto Gusti Madung, Relasi Agama dan Moralitas Masyarakat Post Sekuler Negara, Telaah atas Pemikiran Juergen Habermas, Jurnal Millah Vol.X, 2 Februari 2011

Paramita,Astridya dan Lusi Kritiana, Buletin Penelitian Sistem Kesehatan, Vol.16 No.2 April 2013

Poedjawajdna, I.R. Tahu dan Pengetahuan: Pengantar ke Ilmu dan Filsafat Ilmu, Jakarta: Bina Aksara, 1983

Print, Murray, Curriculum Development and Design, 2nd.. Nsw. Austalia: Allen & Unwin Pty.Ltd, 1993

Qardlawi, Yusuf, Pendidikan Islam dan Madrasah Hasan al-Banna, terjemah oleh Bustani A Gani, Jakarta: Bulan Bintang, 1981

Roibin, Integrasi Agama dan Sains Model Integrasi Holistik Integratif, http://syariah.uin-malang.ac.id/index.php/komunitas/blog-fakultas/entry/integrasi-agama-dan-sains-model-integrasi-holistik-integratif.

Rolston,Holmes, Science and Religion New York: A. Critical Survey, With a New Introduction, 2006

Salam, Syamsir, Metodologi Penelitian Sosial, Jakarta: Lembaga Penelitian UIN Jakarta dengan UIN Press, 2006

Sagala, Syaiful, Konsep dan Makna Pembelajaran, Bandung: Alfabeta, 2011

Said, Norman, Wahyuddin Halim, Muhammad Sabri, Sinergi Agama dan Sains,  Makassar:Alauddin Press, 2005

Sardar, Ziauddin, Jihad Intelektual: Meurmuskan parameter-parameter Saince Islam, (Terj) AE Priyono surabaya: Risalah Gusti, 1998

Setiadi, Hafid, Konsep Pusat-Pinggiran: Sebuah Tinjauan Teoritis, Working Paper on Regional Developmental Studies Nomor: KKI-01/KBP-PW/2009, Depertemen Geografi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia

Sirait,H.Tuah, Fleksibilitas Ayat-Ayat Al-Qur`an Dalam Nilai Kehidupan Universal,http://sumut.kemenag.go.id/02/01/2015

Siswanto, Teologi Pendidikan Islam; Diskursus Unity of Knowledge Perspektif Ismail Raj`i Al-Faruqi, Jurnal Tadris Volume I.Nomor I.2006

Soedijarto, Kurikulum, Sistem Evaluasi, dan Tenaga Pendidikan Sebagai Unsur Strategis dalam Penyelenggaraan Sistem Pengajaran Nasional, dalam Jurnal Pendidikan Penabur, Nomor 03, Tahun III, Desember 2004

Solomon, Robert C, Etika (suatu Pengantar), terj. Andre Karo-karo (Jakarta: Erlangga, 1987)

Sugiharto, Bambang, Ilmu  dan Agama dalam Kurikulum Perguruan Tinggi” Bandung:Mizan Pustaka-CRCS UGM-SUKA Press, 2005

Sugiono, Metode Penelitian Administrasi, Bandung: Alfabeta, 2006

_________, Metode Penelitian Pendidikan; Pendekatan Kualitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung: CV Alfabeta, 2009

Sunawan., Dwistia, Halen., Kurniawan, Kusnarto., Hartati, Sri., Sofyan, Afriyadi. ‘Classroom Engagement and Mathematics Achievement of Senior and Junior High School Students’. Proceedings of the International Conference on Teacher Training and Education 2017. (ICTTE 2017). Atlantis Press.  Doi 10.2991/ictte-17.2017.26

Sunhaji, Oksidentalisme Telaah atas Pandangan Orientalisme terhadap Pendidikan Islam, INSANIA, Jurnal Pemikiran Alternatif Pendidikan,/vol.11/No.3/Sep-Des 2006/380.388

Supaat Eko Nugroho, Muhammad Abid Al-Jabiri, Studi Pemikirannya Tentang Tradisi Turas, Skripsi Fakultas Adab Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2007

Suparjo, Pemikiran Kritis Abu Zaid terhadap Wacana Kagamaan: Implikasinya dalam Pengembangan Pembelajaran Teologi di PTAI, Jurnal Pemikiran Alternatif Pendidikan, INSANIA, Vol.12.No.2 Mei-Agustus 2007

Susan M, Drake, Creating Integrated Curriculum Proven Ways to Increse Student Learning, California : Corwin Press, 1998

Syamsudin dan Vismaia, Metode Penelitian Bahasa, Bandung: Rosdakarya, 2007

Tjalla Awaludin, Potret Mutu Pendidikan Indonesia Ditinjau dari Hasil-hasil Studi Internasional, http://www.pustaka.ut.ac.id/dev25/pdf prosiding2/fkip201047.pdf

Usman Husaini dan Purnomo Setiady Akbar, Metodology Penelitian Sosial , Jakarta: Bumi Aksara, 2006

Van Den Akker Jan, dkk, Eductional Design Recearch, london And New York: Routledge Taylor&Francis Goup, 2007

Wan Daud,Wan Moh Nor, The Educational Philosophy and Practice of Syed Muhammad naquib al-Attas. An Exposition of The Original Concept of Islamization , Kuala Lumpur: International Institute of Islamic Though and Civilization, 1998

Waston, Hubungan sains dan Agama Refleksi Filosofis atas Pemikiran Ian G. Barbour, Profetika, Jurnal Studi Islam, Vol.15, No.1, Juni 2014

Yahya, M. Slamet, Strategi Pendidikan Islam Menghadapi Kemajuan Iptek, Insania: Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, Vol.11/No.1/Jan-april 2006.

Yusuf Lubis,Ahyar, Filsafat Ilmu Metodologi Post Modernisme, Bogor: Akademia, 2004

Zamakhsari Ahmad, Rekonstruksi Mulla Sadra Dalam Integrasi Keilmuan, Membangun Pendidikan Integratif Non Dikotomik, Tesis Sekolah Pascasarjana Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, 2014

www. Mudjia Raharjo.com, diakses pada 04 Oktober 2013.

Unduhan

Diterbitkan

2023-05-16

Cara Mengutip

Sukawati, S. (2023). AGAMA DAN BUDAYA SAINTIFIK DALAM PEMBELAJARAN KURIKULUM 2013. JPIB : Jurnal Penelitian Ibnu Rusyd, 1(1). Diambil dari https://ojs.stai-ibnurusyd.ac.id/index.php/jpib/article/view/103