Pengaruh Simulasi Micro Teaching Terhadap Keterampilan Pengelolaan Kelas Mahasiswa Pai Stai Ibnu Rusyd Kotabumi
Kata Kunci:
micro teaching, keterampilan, pengelolaan kelasAbstrak
Pembelajaran micro teaching merupakan praktik mengajar secara micro untuk melatih dan mempersiapkan mahasiswa menjadi guru yang professional. Untuk itu penelitian ini bertujuan untuk menguji kebermanfaatan bagi mahasiswa dalam membentuk dan mengembangkan keterampilan mengajar mahasiswa khususnya keterampilan pengelolaan kelas, untuk melihat kriteria keterampilan pengelolaan kelas dan seberapa besar pengaruh micro teaching terhadap keterampilan pengelolaan kelas. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa-mahasiswi STAI Ibnu Rusyd Kotabumi Tahun Akademik 2021/2022 yang sudah lulus mata kuliah micro teaching dan PPL MTs/SMP atau PPL MA/SMA. Sampel penelitian ini adalah 40 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa micro teaching bermanfaat bagi mahasiswa-mahasiswi PPL dalam pengelolaan kelas yakni sebesar 60% (24 orang). Dalam keterampilan pengelolaan kelas termasuk kategori baik dengan hasil 53,3% (16 orang). Dari hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa pengaruh variabel micro teaching terhadap variabel keterampilan pengelolaan kelas sebesar 80,2 % dan nilai signifikansi sebesar 0,000 (< 0,05) yang berarti Ha diterima dan Ho ditolak. Ini berarti terdapat pengaruh yang sangat signifikan dari micro teaching terhadap keterampilan pengelolaan kelas.
Referensi
Anisah, A., Dwistia, H. and Selvia, F. (2022) ‘Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Melalui Metode Bercerita pada Kelompok A di RA. Akhlakul Karimah Tanjung Aman’, Al Jayyid: Jurnal Pendidikan …, 1(1), pp. 1–19. doi: 10.17534/aljayyid.1234-1234.1456.
Afifatun, Siti. (2022), ‘Implementasi Supervisi Akademik dengan Pendekatan Demokratis dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru’, Jurnal Ar-Rusyd Pendidikan agama Islam, Available at : http://ojs.stai-ibnurusyd.ac.id
Ali, Makhrus. (2022), ‘Optimalisasi Kompetensi Kepribadian Dan Profesionalisme Guru Pendidikan Agama Islam (Pai) dalam Mengajar’, Jurnal Ar-Rusyd Pandidikan Agama Islam, Available at : http://ojs.stai-ibnurusyd.ac.id
Asmadawati. (2014). Keterampilan Mengelola Kelas. Logaritma Vol. II, No.02 Juli.
IAIN: Padangsidimpuan
Berangka, D. (2018) ‘Pengaruh Simulasi Micro Teaching Terhadap Keterampilan Pengelolaan Kelas Mahasiswa Sekolah Tinggi Katolik Santo Yakobus Merauke Di Sekolah’, Jurnal Jumpa Vol No.2,Availiable at : ojs.styakobus.ac.ad
Defnaldi, D. et al. (2023) ‘The Evolution of Islamic Education Institutions in Indonesia’, JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan), 8(1), pp. 164–174. doi: 10.31851/jmksp.v8i1.10941.
Dwistia, H., Sajdah, M., Awaliah, O., & Elfina, N. (2022). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Ar Rusyd: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(2), 81–99.
Hidayah, W. (2022). Presensi Kurikulum Takmiliyah Pesantren dalam Prespektif Pendidikan. Ar Rusyd: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(1), 28–40.
Isda, dkk. (2022), ‘Strategi Pengelolaan Kelas pada Ujian Praktek Mengajar (Microteaching) Prodi PAI FTIK IAI DDI Polewali Mandar’, Availiable at : http://acied.pp-paiindonesia.org/index.php/acied
Khuriyah, K. (2017). Analisis Pelaksanaan Microteaching Mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam. At-Tarbawi: Jurnal Kajian Kependidikan Islam, 2(2), 175. https://doi.org/10.22515/attarbawi.v2i2.990
Novianti, Khaulah Siti. (2022), ‘Analisi Pelaksanaan Pembelajaran Microteaching Mahasiswa Program studi Pendidikan Matematika Universitas Almuslim’, Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, Available at : http://journal.umuslim.ac.id/index.php/asm/
Sofiah, dkk. (2021) ‘Upaya Peningkatan Kemampuan Pengelolaan Kelas dan Penilaian Melalui Microteahing di SD Negeri 06 Ranah’, Jurnal Inovasi Pendidikan Vol.1, No.11, Availble at : stp-mataram.e-journal.id
Sunawan, M. et al. (2017) ‘Classroom Engagement and Mathematics Achievement of Senior and Junior High School Students’, Atlantis Press, 158(Ictte), pp. 929–935. doi: 10.2991/ictte-17.2017.26.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Siti Afifatun

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
1) Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepenulisan karya dan publikasi awal di jurnal ini.
2) Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan awal publikasi di jurnal ini.
3) Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusi atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menghasilkan pertukaran yang produktif, serta kutipan lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.