Fungsi dan Peran Media Pembelajaran Sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Belajar Siswa
Kata Kunci:
Media Pembelajran, Meningkatkan Kemampuan BelajarAbstrak
Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi semakin mendorong upaya-upaya pembaharuan dalam pemanfaatan hasil-hasil teknologi dalam proses belajar. Hal tersebut menuntut agar para guru atau pengajar mampu menggunakan alat-alat yang disediakan oleh sekolah .Untuk itu guru sekurang-kurangnya dapat menggunakan alat yang murah dan efisien yang meskipun sederhana tetapi merupakan keharusan dalam upaya mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan, oleh karena itu guru atau pengajar harus memiliki pengetahuan dan pemahaman yang cukup tentang media pembelajaran. Proses pembelajaran merupakan proses komunikasi dan berlangsung dalam suatu system, maka media pembelajaran menempati posisi yang cukup penting sebagai salah satu komponen system pembelajaran sebagai salah satu komponen yang bisa membantu meningkatkan belajar siswa. Tanpa media, komunikasi tidak akan terjadi dan proses pembelajaran juga tidak akan bisa berlangsung optimal.Media pembelajaran adalah sarana untuk meningkatkan proses belajar mengajar dan merupakan komponen integral dari system pembelajaran. Jenis penelitian ini termasuk penelitian kepustakaan (library research) dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data penulis menggunakan metode dokumentasi. Data primer dalam penelitian ini adalah dokumen mengenai media pembelajaran. Selain pengumpulan data penulis juga menggunakan metode deskriptif kualitatif yang terdiri dari tiga kegiatan, yaitu: pengumpulan data sekaligus reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan/verifikasi.
Referensi
Afifatun, S. (2022). Implementasi Supervisi Akademik dengan Pendekatan Demokratis dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru. Ar Rusyd: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(2), 154
Ali, M. (2020). Arti pendidikan bagi yayasan pendidikan Islam Ibnu Rusyd Kotabumi. Perpusnas.
Ali, M. (2022). Optimalisasi Kompetensi Kepribadian Dan Profesionalisme Guru Pendidikan Agama Islam (Pai) dalam Mengajar. Ar Rusyd: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(2), 100–120
Dwistia, H., Sajdah, M., Awaliah, O., & Elfina, N. (2022). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Ar Rusyd: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(2), 81–99. http://ojs.stai-ibnurusyd.ac.id/index.php/arrusyd/article/view/33/12
Hidayah, R., & Asy’ari, H. (2022). Peningkatan Kemampuan Membaca Kitab Kuning dengan Metode Sorogan pada Santri Pondok Pesantren Walisongo. Ar Rusyd: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(1), 59–68.
https://smpislamkreatifmuhammadiyah.sch.id/read/255/fungsi-dan-peran-media-dalam-pembelajaran
http://www.jejakpendidikan.com/2017/12/fungsi-dan-peran-media-dalam-kegiatan.html
Arsyad, Azhari. 2002. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
Asnawir dan Basyiruddin. 2002. Media Pembelajaran. Jakarta: Ciputat Pers.
Darsono. 2002. Theori Pembelajaran. Jakarta: Erlangga
Falah. Iwan, Pemanfaatan Media dalam Pembelajaran. Dalam Jurnal Lingkar Widyaiswara Edisi 1 No. 4:104-117
Hamalik, Oemar. (1994). Media Pendidikan, Bandung: Citra Adtya Bakti.
Hidayah, W. (2022). Presensi Kurikulum Takmiliyah Pesantren dalam Prespektif Pendidikan. Ar Rusyd: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(1), 28–40.
Hill. Reginald. (1998). Penuntun Sekolah Minggu, Jakarta: Yayasan Komunukasi Bina Kasih.
Lautfer. Ruth. (1993). Pedoman Pelayanan Anak.Malang Indonesia : Yayasan Persekutuan Pekabaran Injil Indonesia
Mahnun.Nunu.(2012). Media Pembelajaran (Kajian terhadap Langkah-langkah Pemilihan Media dan Implementasinya dalam Pembelajaran). Dalam Jurnal Pemikiran Islam; Vol. 37, No. 1: 27
Mulyani, D.K. (2022) ‘Aplikasi Kinemaster sebagai Media Pembelajaran Daring pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam’, Ar Rusyd: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(1), pp. 1–27. doi:10.17534/arrusyd.1234-1234.1456. http://ojs.stai-ibnurusyd.ac.id/index.php/arrusyd/article/view/4/1
Nana Sudjana dan Ahmad Rivai. 2002. Media Pengajaran. Bandung: Sinar
Riyana, Cepi. Dan Susilana, Rudi. 2009. Media Pembelajaran: Hakikat, Pengembangan, Pemanfaatan dan Penilaian. Bandung: CV Wacana Prima.
Sadjiman, Arief S. (Dkk). 2005. Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatnnya. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
Sunawan., Dwistia, Halen., Kurniawan, Kusnarto., Hartati, Sri., Sofyan, Afriyadi. ‘Classroom Engagement and Mathematics Achievement of Senior and Junior High School Students’. Proceedings of the International Conference on Teacher Training and Education 2017. (ICTTE 2017). Atlantis Press. Doi 10.2991/ictte-17.2017.26
Zakiah Drajat, 1992. Ilmu Pendidikan Dasar, Jakarta: Bumi Aksara.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Puji Rahayuningsih

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
1) Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepenulisan karya dan publikasi awal di jurnal ini.
2) Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan awal publikasi di jurnal ini.
3) Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusi atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menghasilkan pertukaran yang produktif, serta kutipan lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.