Hubungan Antara Pengelolan Kelas Dengan Hasil belajar PAI di kelas X OTKP SMK Husnul Amal Kotabumi
Kata Kunci:
Pengelolaan kelas, hasil belajar, PAIAbstrak
Penelitian ini dimaksudkan untuk mengambil ada atau tidaknya hubungan antara pengelolaan kelas yang di lakukan oleh guru dengan hasil belajar PAI di kelas X OTKP SMK Husnul Amal. Metode dalam penelitian ini yakni menggunakan metode kuantitatif korelasional. Populasi yang diambil dalam penelitian ini adalah kelas X OTKP SMK Husnul Amal yang berjumlah 30 orang.Sample yang diambil dengan teknik total sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket skala likert. Teknik analisis data yakni correlation product momment. Hasil penelitian menunjukkan : mengelola kelas diperoleh nilai rata-rata 83,90, median 85,00, mode 79, sd. 6,804, variance 46,290, minimum 66, maksimum 94, dan skor total 2601. Untuk variabel Hasil belajar skor rata-rata99,84, median 103,00, mode 112, sd 13,926, varian 193,940,range 47, minimum 70, maksimum 117, dan skor total 3095. Dari hasil diatas maka terdapat hubungan antar pengelolaan kelas dengan hasil belajar PAI di kelas X OTKP SMK Husnul AMAL sebesar 0,567 dengan signifikansi 0,000. Dengan demikian, kesimpulan akhir dari penelitian adalah terdapatnya hubungan antara pengelolaan kelas dengan hasil belajar PAI di kelas X OTKP SMK Husnul Amal.
Referensi
Afifatun, S. (2022). Implementasi Supervisi Akademik dengan Pendekatan Demokratis dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru. Ar Rusyd: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(2), 154
Ali, M. Makhrus (2022) “Optimalisasi KompetensiKepribadian DanProfesionalisme GuruPendidikan Agama Islam (Pai)dalam Mengajar” Ar-Rusyd: jurnal pendidikan agama islam, vol. 1, no. 2
Anisah, A., Dwistia, H. and Selvia, F. (2022) ‘Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Melalui Metode Bercerita pada Kelompok A di RA. Akhlakul Karimah Tanjung Aman’, Al Jayyid: Jurnal Pendidikan …, 1(1), pp. 1–19.
Dwistia, H. et al. (2022) ‘Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam’, Ar Rusyd: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 8(2), pp. 16–27. doi: 10.33363/ba.v8i2.293.
Endayani, ,Tb. Armanisah, (2022), “Pengaruh Keterampilan Guru Dalam Mengelola KelasTerhadap Prestasi Belajar Ips Siswa Kelas Iv Di MisNurul Falah”, Jurnal Ilmiah Pendidikan, vol. 13, no 1
Hidayah, R., & Asy’ari, H. (2022). Peningkatan Kemampuan Membaca Kitab Kuning dengan Metode Sorogan pada Santri Pondok Pesantren Walisongo. Ar Rusyd: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(1), 59–68.
Lestari, puji (2021) “Analisis Upaya Guru Dalam Meningkatkan HasilBelajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas Iv Di Mi
Masyariqul Anwar Iv Sukabumi Bandar Lampung” (Bandar Lampung : Universitas Raden Intan Lampung )
Minsih, Aninda Galih D (2018) “Peran Guru Dalam Pengelolaan Kelas” jurnal profesi pendidikan dasar, vol. 5, no. 1
Nasution, Nurramidah (2019) “Hubungan Kemampuan Guru Dalam MengelolaKelas Terhadap Hasil Belajar Siswa Si SmpNegeri 16 Medan:” jurnal pendidikan dan konseling, vol. 9, no. 2
Putri, Kamelia (2020) “Pengaruh Pengelolaan Kelas Terhadap Hasil Belajar SiswaKelas Xi Ips Sma Negeri 12 Pekanbaru” (Riau :Universitas Islam Riau)
Sumar, Warni Tune (2020) ”Pengelolaan Kelas dalam Meningkatkan Motivasi Belajar siswa” ambura Journal of Educational Management, vol.1, no. 1
Sunawan., Dwistia, Halen., Kurniawan, Kusnarto., Hartati, Sri., Sofyan, Afriyadi. ‘Classroom Engagement and Mathematics Achievement of Senior and Junior High School Students’. Proceedings of the International Conference on Teacher Training and Education 2017. (ICTTE 2017). Atlantis Press. Doi 10.2991/ictte-17.2017.26
Susanti ,Pori. Yulmaini (2020) “Hubungan Pengelolaan Kelas Dengan Hasil Belajar IPASiswa Kelas V Sekolah Dasar” jurnal kajian dan pengembangan umat, Vol. 3 No. 1
Wati, Amalia Ratna Zakiah, Syunu Trihantoyo (2020) “Strategi Pengelolaan Kelas Unggulan DalamMeningkatkan Prestasi Belajar Siswa” Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan, vol. 5, no. 1
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Meilisa Sajdah

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
1) Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepenulisan karya dan publikasi awal di jurnal ini.
2) Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan awal publikasi di jurnal ini.
3) Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusi atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menghasilkan pertukaran yang produktif, serta kutipan lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.