Hubungan Antara Pengelolan Kelas Dengan Hasil belajar PAI di kelas X OTKP SMK Husnul Amal Kotabumi

Penulis

  • Meilisa Sajdah Sekolah Tinggi Agama Islam Ibnu Rusyd Kotabumi

Kata Kunci:

Pengelolaan kelas, hasil belajar, PAI

Abstrak

Penelitian ini dimaksudkan untuk mengambil  ada atau tidaknya hubungan antara pengelolaan kelas yang di lakukan oleh guru dengan hasil belajar PAI di kelas X OTKP SMK Husnul Amal. Metode dalam penelitian ini yakni menggunakan metode kuantitatif korelasional. Populasi yang diambil dalam penelitian ini adalah kelas X OTKP SMK Husnul Amal yang berjumlah 30 orang.Sample yang diambil dengan teknik total sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket skala likert. Teknik analisis data yakni correlation product momment.  Hasil penelitian menunjukkan : mengelola kelas diperoleh nilai rata-rata 83,90, median 85,00, mode 79, sd. 6,804, variance 46,290, minimum 66, maksimum 94, dan skor total 2601. Untuk variabel Hasil belajar skor rata-rata99,84, median 103,00, mode 112, sd 13,926, varian 193,940,range 47, minimum 70, maksimum 117, dan skor total 3095. Dari hasil diatas maka terdapat hubungan antar pengelolaan kelas dengan hasil belajar PAI di kelas X OTKP SMK Husnul AMAL  sebesar 0,567 dengan signifikansi 0,000. Dengan demikian, kesimpulan akhir dari penelitian adalah terdapatnya hubungan antara pengelolaan kelas dengan hasil belajar PAI di kelas X OTKP SMK Husnul Amal.

Referensi

Afifatun, S. (2022). Implementasi Supervisi Akademik dengan Pendekatan Demokratis dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru. Ar Rusyd: Jurnal Pendidikan Agama Islam1(2), 154

Ali, M. Makhrus (2022) “Optimalisasi KompetensiKepribadian DanProfesionalisme GuruPendidikan Agama Islam (Pai)dalam Mengajar” Ar-Rusyd: jurnal pendidikan agama islam, vol. 1, no. 2

Anisah, A., Dwistia, H. and Selvia, F. (2022) ‘Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Melalui Metode Bercerita pada Kelompok A di RA. Akhlakul Karimah Tanjung Aman’, Al Jayyid: Jurnal Pendidikan …, 1(1), pp. 1–19.

Dwistia, H. et al. (2022) ‘Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam’, Ar Rusyd: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 8(2), pp. 16–27. doi: 10.33363/ba.v8i2.293.

Endayani, ,Tb. Armanisah, (2022), “Pengaruh Keterampilan Guru Dalam Mengelola KelasTerhadap Prestasi Belajar Ips Siswa Kelas Iv Di MisNurul Falah”, Jurnal Ilmiah Pendidikan, vol. 13, no 1

Hidayah, R., & Asy’ari, H. (2022). Peningkatan Kemampuan Membaca Kitab Kuning dengan Metode Sorogan pada Santri Pondok Pesantren Walisongo. Ar Rusyd: Jurnal Pendidikan Agama Islam1(1), 59–68.

Lestari, puji (2021) “Analisis Upaya Guru Dalam Meningkatkan HasilBelajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas Iv Di Mi
Masyariqul Anwar Iv Sukabumi Bandar Lampung” (Bandar Lampung : Universitas Raden Intan Lampung )

Minsih, Aninda Galih D (2018) “Peran Guru Dalam Pengelolaan Kelasjurnal profesi pendidikan dasar, vol. 5, no. 1

Nasution, Nurramidah (2019) Hubungan Kemampuan Guru Dalam MengelolaKelas Terhadap Hasil Belajar Siswa Si SmpNegeri 16 Medan:” jurnal pendidikan dan konseling, vol. 9, no. 2

Putri, Kamelia (2020) Pengaruh Pengelolaan Kelas Terhadap Hasil Belajar SiswaKelas Xi Ips Sma Negeri 12 Pekanbaru (Riau :Universitas Islam Riau)

Sumar, Warni Tune (2020) ”Pengelolaan Kelas dalam Meningkatkan Motivasi Belajar siswa” ambura Journal of Educational Management,  vol.1, no. 1

Sunawan., Dwistia, Halen., Kurniawan, Kusnarto., Hartati, Sri., Sofyan, Afriyadi. ‘Classroom Engagement and Mathematics Achievement of Senior and Junior High School Students’. Proceedings of the International Conference on Teacher Training and Education 2017. (ICTTE 2017). Atlantis Press.  Doi 10.2991/ictte-17.2017.26

Susanti ,Pori. Yulmaini (2020) “Hubungan Pengelolaan Kelas Dengan Hasil Belajar IPASiswa Kelas V Sekolah Dasarjurnal kajian dan pengembangan umat, Vol. 3 No. 1

Wati, Amalia Ratna Zakiah, Syunu Trihantoyo (2020) “Strategi Pengelolaan Kelas Unggulan DalamMeningkatkan Prestasi Belajar SiswaJurnal Dinamika Manajemen Pendidikan, vol. 5, no. 1

Unduhan

Diterbitkan

2023-05-16

Cara Mengutip

Sajdah, M. (2023). Hubungan Antara Pengelolan Kelas Dengan Hasil belajar PAI di kelas X OTKP SMK Husnul Amal Kotabumi. JPIB : Jurnal Penelitian Ibnu Rusyd, 1(2). Diambil dari https://ojs.stai-ibnurusyd.ac.id/index.php/jpib/article/view/100