Implementasi Supervisi Akademik dengan Pendekatan Demokratis dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru
DOI:
https://doi.org/10.61094/arrusyd.2830-2281.35Kata Kunci:
Pengawasan akademik, pendekatan demokratis, Profesionalisme guruAbstrak
Pelaksanaan pengawasan akademik yang terjadwal, terprogram secara berkala, dan Dilaksanakan sesuai dengan prinsip dan pendekatan yang tepat, dampaknya sangat luar biasa terhadap peningkatan profesionalisme guru. Guru yang profesional, akan berdampak sangat signifikan terhadap peningkatan prestasi dan keaktifan siswa yang dituntut di era 4.0 bahwa siswa harus mampu berpikir kritis, mampu memecahkan masalah, kreatif, mampu berkomunikasi dengan baik dan mampu berkolaborasi dalam menjalani kehidupan yang lebih kompetitif. Penelitian ini, membahas Hasil Penelitian Tindakan Sekolah yang menggambarkan profesionalisme guru di SMPN 1 Tanjungraja yang belum optimal, menggambarkan pelaksanaan supervisi akademik dengan pendekatan demokratis, dan peningkatan profesionalisme guru dapat ditingkatkan melalui supervisi dengan pendekatan demokratis. Hasil penelitian siklus I dan II dari keenam guru sebagai responden, rata-rata meningkat cukup signifikan dengan hasil peningkatan sebesar 5,9%. Untuk alasan ini, direkomendasikan bahwa Kepala Sekolah melakukan pengawasan pada pendekatan demokratis secara terjadwal dan terprogram.
Referensi
Afifatun, S. (2021) 'Pengaruh Supervisi Akademik Kepala Madrasah Dan Iklim Organisasi Terhadap Motivasi Kerja Serta Implikasinya Pada Kinerja Guru Madrasah Aliyah Se- Kabupaten Lampung Utara Tahun Pelajaran 2019/2020', Diss. UIN Raden Intan Lampung'
Alamsyah., Muhammad., Ahmad, S., and Harris, H. (2020) 'Pengaruh Kualifikasi Akademik dan Pengalaman Mengajar terhadap Profesionalisme Guru', Journal of Education Research Vol.1. No.3: doi : 10.37985/joe.v1i3.19
Bafadal, I. (2006) 'Peningkatan Profesionalisme Guru Sekolah Dasar', (Jakarta PT. Bumi Aksara), 48-50.
Hasanah., Sofia, D. (2010) 'Pengaruh pendidikan Latihan (DIKLAT) Kepemimpinan Guru Dan Iklim Kerja terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar se Kecamatan Babakan Kabupaten Purwakarta', Jurnal Penelitian Pendidikan 11.2: 85-96.
Lauda., Hasanuddin, I. A., Brahmasari, and Kusmaningtyas, A. (2019) 'Pengaruh Transformational Leadership, Iklim Organisasi, Stres Kerja, Terhadap Kompetensi Motivasi Kerja Dan Kinerja Guru Smp Negeri Di Provinsi Sulawesi Barat', Jurnal Pendidikan Pepatudzu: Media Pendidikan dan Sosial Kemasyarakatan 14.2 : 107-122.
Mantja, W. (2000) 'Manajemen Pendidikan dalam Era Reformasi', (Jurnal Ilmu Pendidikan), 7, (2), h. 89.
Marfinda, E. (2022) 'Manajemen Supervisi Akademik Kepala Sekolah Dan Peran Komite Sekolah Terhadap Kinerja Guru', Academia: Jurnal Inovasi Riset Akademik 2.3: 238-248. doi: 10.51878/academia.v2i3.1530
Maulid, A. (2016) 'Pengaruh Supervisi Kepala Sekolah dan Pengembangan Tenaga Pendidik terhadap Kinerja Guru Mas di Kabupaten Lima Puluh Kota', Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan Volume1, No.2,
Mulyasa, E. (2006) 'Kurikulum Berbasis Kompetensi', (Bandung PT. Remaja Rosdakarya)
Purwanto, N. (2004) 'Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis', Bandung PT Remaja Rosdakarya, Hal 118.
Sahertian, P. A. (2008) 'Konsep Dasar Dan Tekhnik Supervisi Pendidikan (Dalam Rangka Pengembangan Sumber Daya Manusia)', Jakarta: Rineka Cipta.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Siti Afifatun

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
1) Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepenulisan karya dan publikasi awal di jurnal ini.
2) Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan awal publikasi di jurnal ini.
3) Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusi atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menghasilkan pertukaran yang produktif, serta kutipan lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.