Perilaku Konsumtif Belanja Online Shopee Pada Remaja Di Lampung Utara
Kata Kunci:
Teknologi, Belanja Online, Remaja, Ekonomi Syari’ahAbstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perilaku konsumtif belanja online pada remaja di Lampung Utara. Menggunakan pendekatan kualitatif peneliti ingin mengetahui dampak dari perilaku konsumtif tersebut dan apakah memang benar e-commerce menjadi sebuah fenomena untuk era saat ini. Penelitian ini menggunakan teknik observasi dan kuisioner dalam pengumpulan data dengan subjek penelitian 50 responden. Pada tulisan ini diketahui hasil penelitian para remaja tersebut lebih memilih berbelanja online karena dengan berbelanja online remaja bisa menghemat uang, waktu dan tenaga sehingga remaja tidak perlu keluar rumah menghadapi kemacetan dan desakan dari para konsumen lain hanya untuk memperoleh produk yang mereka butuhkan, banyak konsumen dari kalangan remaja di Lampung Utara telah terjebak di budaya konsumtif dan boros bahkan menghabiskan lebih dari Rp 200.000,00 sebulan untuk membeli produk secara online hal ini dapat terjadi karena para remaja tergiur dengan keistimewaan dan kemudahan yang ditawarkan oleh pihak e-commerce.
Referensi
Al-Ghifari, A. (2003) Remaja Korban Mode. Bandung: Mujahid.
Fatoni, A. (2011) ‘Metodologi Penelitian dan Teknik Penyusunan’, Skripsi. Jakarta: Rineka Cipta.
Kasiron, M. (2010) Metodologi Penelitian Kualitatif Kuantitatif. Jogjakarta: UIN Maliki Press.
Ketler. (2002) Manajemen Pemasaran. Edisi Millenium, Jilid 2. Jakarta: PT Perhallindo.
Moleong, J. M. (2011) Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Notoatmodjo, S. (2003) Pendidikan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta,.
Ridwan, M., & Wahyudi, I. G. (2019) Perilaku Konsumtif Dalam Perspektif Ekonomi Islam. Universitas Potensi Utama.
Rizaty, M. A. (2003) Pengguna Internet di Indonesia Sentuh 212 Juta pada 2023.
Setiadi, N. J. (2010) Perilaku Konsumen Perspektif Kontemporer pada motif, tujuan, dan Kenginan Konsumen. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Tambunan, R. (2001) ‘Remaja dan Perilaku Konsumtif’, Jurnal Psikologi dan Masyarakat.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Nurul Azizah Azzahra

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
1) Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepenulisan karya dan publikasi awal di jurnal ini.
2) Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan awal publikasi di jurnal ini.
3) Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusi atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menghasilkan pertukaran yang produktif, serta kutipan lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.


