Perilaku Konsumtif Belanja Online Shopee Pada Remaja Di Lampung Utara

Penulis

  • Nurul Azizah Azzahra SMP N 02 Anak Ratu Aji

Kata Kunci:

Teknologi, Belanja Online, Remaja, Ekonomi Syari’ah

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perilaku konsumtif belanja online pada remaja di Lampung Utara. Menggunakan pendekatan kualitatif peneliti ingin mengetahui dampak dari perilaku konsumtif tersebut dan apakah memang benar e-commerce menjadi sebuah fenomena untuk era saat ini. Penelitian ini menggunakan teknik observasi dan kuisioner dalam pengumpulan data dengan subjek penelitian 50 responden. Pada tulisan ini diketahui hasil penelitian para remaja tersebut lebih memilih berbelanja online karena dengan berbelanja online remaja bisa menghemat uang, waktu dan tenaga sehingga remaja tidak perlu keluar rumah menghadapi kemacetan dan desakan dari para konsumen lain hanya untuk memperoleh produk yang mereka butuhkan, banyak konsumen dari kalangan remaja di Lampung Utara telah terjebak di budaya konsumtif dan boros bahkan menghabiskan lebih dari Rp 200.000,00 sebulan untuk membeli produk secara online hal ini dapat terjadi karena para remaja tergiur dengan keistimewaan dan kemudahan yang ditawarkan oleh pihak e-commerce.

Referensi

Al-Ghifari, A. (2003) Remaja Korban Mode. Bandung: Mujahid.

Fatoni, A. (2011) ‘Metodologi Penelitian dan Teknik Penyusunan’, Skripsi. Jakarta: Rineka Cipta.

Kasiron, M. (2010) Metodologi Penelitian Kualitatif Kuantitatif. Jogjakarta: UIN Maliki Press.

Ketler. (2002) Manajemen Pemasaran. Edisi Millenium, Jilid 2. Jakarta: PT Perhallindo.

Moleong, J. M. (2011) Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Notoatmodjo, S. (2003) Pendidikan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta,.

Ridwan, M., & Wahyudi, I. G. (2019) Perilaku Konsumtif Dalam Perspektif Ekonomi Islam. Universitas Potensi Utama.

Rizaty, M. A. (2003) Pengguna Internet di Indonesia Sentuh 212 Juta pada 2023.

Setiadi, N. J. (2010) Perilaku Konsumen Perspektif Kontemporer pada motif, tujuan, dan Kenginan Konsumen. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Tambunan, R. (2001) ‘Remaja dan Perilaku Konsumtif’, Jurnal Psikologi dan Masyarakat.

Unduhan

Diterbitkan

2023-04-30

Cara Mengutip

Azizah Azzahra, N. (2023). Perilaku Konsumtif Belanja Online Shopee Pada Remaja Di Lampung Utara. Al Wadiah : Jurnal Ekonomi Syariah, 1(1), 50 –. Diambil dari https://ojs.stai-ibnurusyd.ac.id/index.php/alwadiah/article/view/82

Terbitan

Bagian

##section.default.title##