https://ojs.stai-ibnurusyd.ac.id/index.php/aljayyid/issue/feed Al Jayyid : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 2024-11-30T00:00:00+07:00 Halen Dwistia dwistiahalen@gmail.com Open Journal Systems <p>Al-Jayyid: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini adalah jurnal akses terbuka, ditinjau oleh mitra bestari, dan jurnal nasional yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Ibnu Rusyd Kotabumi yang menerbitkan makalah penelitian terkini tentang Pendidikan Islam Anak Usia Dini. Jurnal ini diterbitkan 2 kali dalam setahun pada bulan Maret dan September.</p> <p>Menyediakan platform bagi para peneliti, akademisi, profesional, dan praktisi untuk berbagi dan berbagi pengetahuan dalam bentuk artikel hasil penelitian empiris dan teoritis berkualitas tinggi, studi kasus, dan tinjauan literatur di bidang Pendidikan Islam Anak Usia Dini. Fokus dan lingkup jurnal ini adalah Pendidikan Anak dalam Perspektif Islam; Alat Edukasi Bermain / Media Pembelajaran; Pengembangan Seni dan Kreativitas; Parenting; Lembaga Pengelola PAUD; Strategi Pembelajaran; Bimbingan dan Konseling Anak Usia Dini; Psikologi Anak; dan Berbagai Penelitian yang Berkaitan dengan Pendidikan Anak Usia Dini.</p> <p>Jurnal Ini adalah jurnal akses terbuka sehingga semua pihak diperbolehkan untuk membaca, mengunduh, menyalin, mendistribusikan, mencetak, atau menautkan sebagian atau seluruh artikel tanpa biaya dan izin terlebih dahulu dari penulis atau tim redaksi jurnal. </p> https://ojs.stai-ibnurusyd.ac.id/index.php/aljayyid/article/view/253 Kreatifitas Anak Melalui Finger Painting di TK Insan Madani 2024-05-01T06:27:07+07:00 Nurul Maftukhah maftu@gmail.com Tri Hariyati trihariyati94@gmail.com <p>Anak usia dini adalah anak yang berada di zaman keemasan yang harus mengembangkan berbagai potensi dengan berbagai kegiatan sehingga semua aspek perkembangan berkembang secara optimal. Semua anak memiliki potensi dan seni dalam diri mereka sendiri yang biasanya dilakukan dengan kegiatan menggambar biasa dan kadang-kadang takut untuk mengeksplorasi. Oleh karena itu penulis tertarik untuk mengangkat judul tentang Peran Kegiatan Melukis Jari Melawan Pengembangan Seni Rupa dan Kreativitas Anak Usia Dini. Tulisan ini bertujuan untuk menggambarkan peran kegiatan melukis jari pada perkembangan seni rupa dan kreativitas anak.</p> 2024-11-30T00:00:00+07:00 Hak Cipta (c) 2024 Nurul Maftukhah, Tri Hariyati https://ojs.stai-ibnurusyd.ac.id/index.php/aljayyid/article/view/146 Bimbingan dan konseling anak usia dini 2024-04-22T12:53:48+07:00 Dhea Putri Sakilla dheasyaqilla4@gmail.com Tri Hariyati trihariyati94@gmail.com <p>Bimbingan dan konseling anak usia dini biasanya di mulai dari anak usia 2 sampai 5 tahun,program ini untuk melatih setiap anak agar perkembangan nya dapat berjalan dengan normal,dan anak juga dapat berinteraksi dengan baik dalam bersosialisasi dengan keluarga,teman-teman nya disekolah,dan dengan lingkungan masyarakat.Hal ini juga membantu anak untuk mengendalikan emosionalnya saat bersosialisasi.Permasalaha sosial yang sering terjadi pada anak usia dini yaitu ketidak mampuan anak untuk menyesuikan diri,anak lebih perduli pada dirinya sendiri dibandingkan dengan orang orang di sekitarnya,anak yang merasa terisolasi dengan keluarganya sendiri,oleh karna itu metode yang akan kami gunakan untuk mengembangkan program ini yaitu,metode individual dengan cara mengenalkan anak dengan pengalaman yang baru dan menumbuhkan sikap positif thingking pada diri anak.manfaatnya dengan kita menerapkan program ini kepada anak, anak otomatis akan mampu menyesuaikan dirinya dengan lingkungan dmn dia saat ini sedang berada sehigga anak bisa cepat mengenal orang orang baru sehingga dia tidak akan merasa takut saat menyampaikan ide ide,perasaan dan kemampuan nya kepada orang sekitar sehingga dia akan terus mencoba hal hal baru untuk menambah pengetahuanya tentunya dengan dorongan energi positif thingking yang di gunakan dengan baik dan benar.</p> 2024-11-30T00:00:00+07:00 Hak Cipta (c) 2024 Dhea Putri Sakilla, Tri Hariyati https://ojs.stai-ibnurusyd.ac.id/index.php/aljayyid/article/view/258 Pengaruh Bermain Peran Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini DI TK IT Queen Desa Tanjung Raja 2024-11-12T15:46:33+07:00 Nurman Nurman nurmanid269@gmail.com <p>Metode bermain peran merupakan metode yang baik untuk anak usia dini, karena Metode bermain peran memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap peningkatan kemampuan perkembangan sosial emosional anak usia dini. Tujuan dari jurnal penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh bermain peran terhadap perkembangan sosial emosional anak usia dini TK IT Queen Desa Tanjung Raja. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Subyek penelitian dalam penelitian ini anak didik TK IT Queen Desa Tanjung Raja Tahun 2023/2024 yang berjumlah 20 anak didik. Hasil penelitian yang dilakukan di TK IT Queen Desa Tanjung Raja menunjukkan bahwa dengan menggunakan metode bermain peran memiliki banyak aspek yang dapat dikembangkan dan juga membantu anak dalam bersosialisasi dengan teman. Metode pembelajaran tersebut dapat membawa anak kedalam pembelajaran yang menyenangkan dimana anak mampu mengembangkan kemampuan sosial dan mampu menambah komunikasi anak dalam berinteraksi disekitarnya.</p> <p>&nbsp;</p> 2024-11-30T00:00:00+07:00 Hak Cipta (c) 2024 Nurman Nurman https://ojs.stai-ibnurusyd.ac.id/index.php/aljayyid/article/view/148 Pengaruh lingkungan sekolah terhadap motivasi belajar anak di TK Miftahul Huda,Dusun Sindang Baru,Desa Sindang Agung,Kec.Tj Raja 2024-06-05T15:49:23+07:00 Lista Mawarni listamawarni007@gmai.com Tri Hariyati trihariyati94@gmail.com <h2>Abstract</h2> <p>The school environment is a place for everyone to study, where everyone seeks provisions for the future. Motivation is a condition within an individual that can encourage or move the individual to carry out certain activities to achieve goals. Motivation is also defined as the overall driving force both from within and from outside the student (by creating a series of efforts to provide certain conditions) which ensures continuity and provides direction to learning activities, so that the goals desired by the learning subject can be achieved. Students are really needed to support the achievement of maximum learning outcomes. If students TK Miftahul Huda does learning activities, if accompanied by high motivation, and then they will show abilities above their actual abilities. Good learning motivation will foster a good learning climate so that learning goals can be achieved and learning becomes of higher quality.</p> <p>Keywords: <em>school environment, motivation, learning motivation.</em></p> <p><em>&nbsp;</em></p> <p><em>&nbsp;</em></p> <h2>Abstrak</h2> <p>Lingkungan sekolah merupakan wadah setiap orang untuk menuntut ilmu di mana setiap orang mencari bekal untuk masa depan. Motivasi merupakan kondisi dalam diri individu yang dapat mendorong atau menggerakkan individu tersebut untuk melakukan aktivitas-aktivitas tertentu guna mencapai tujuan. Motivasi juga diartikan sebagai keseluruhan daya penggerak baik dari dalam diri maupun dari luar siswa (dengan menciptakan serangkaian usaha untuk menyediakan kondisi-kondisi tertentu) yang menjamin kelangsungan dan memberikan arah pada kegiatan belajar, sehingga tujuan yang dikehendaki oleh subjek belajar itu dapat tercapai. Siswa sangat dibutuhkan dalam menunjang tercapainya hasil belajar yang maksimal. Jika siswa TK Miftahul Huda melakukan kegiatan belajar dan dibarengi motivasi yang tinggi maka dia akan mengeluarkan kemampuan diatas kemampuan yang ia miliki sebenarnya. Motivasi belajar yang baik akan menumbuhkan iklim belajar yang baik pula sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai serta pembelajaran menjadi lebih berkualitas.</p> <p>Kata Kunci : <em>lingkungan sekolah, motivasi, motivasi belajar.</em></p> 2024-11-30T00:00:00+07:00 Hak Cipta (c) 2024 Lista Mawarni https://ojs.stai-ibnurusyd.ac.id/index.php/aljayyid/article/view/313 Penanaman Pendidikan Karakter Kepada Anak Usia Dini di TK Darma Wanita Sebagai Salah Satu Pilar Pembangunan Bangsa 2024-11-03T16:39:45+07:00 Sukawati sukawa9@gmail.com <p>Pendidikan karakter sangat penting di forum pendidikan anak usia dini karena diharapkan dapat membantu anak-anak usia dini mengembangkan kebiasaan dan karakter yang baik. Dalam kasus ini, yang dimaksud dengan pendidikan karakter" adalah upaya sistematis untuk meningkatkan intelegensi, bakat, dan bakat emosional anak didik sehingga mereka menjadi manusia yang berkarakter baik. Proses ini dapat dicapai melalui pelatihan, bimbingan, pembiasaan, pengajaran, nasehat, dan metode lainnya. Anak-anak di lembaga pendidikan anak usia dini dididik untuk memiliki sifat empati, kasih sayang, kemandirian, kepedulian terhadap lingkungan, kreativitas, dan keberanian. Penanaman beberapa karakter di atas pada anak-anak di forum pendidikan anak usia dini membantu anak-anak mengatasi perubahan lingkungan dan mental mereka saat mereka beralih ke jenjang yang lebih tinggi.</p> <p>&nbsp;</p> 2024-11-30T00:00:00+07:00 Hak Cipta (c) 2024 sukawati