Pendidikan Seksual Dini Sebagai Upaya Mencegah Pelecehan Seksual Anak di Pedesaan

Penulis

  • Yolanda Mutiara Sekolah Tinggi Agama Islam Ibnu Rusyd kotabumi

DOI:

https://doi.org/10.61094/aljayyid.v2i1.75

Kata Kunci:

Pendidikan seksual, Pendidikan Anak Usia Dini, pelecehan seksual

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk memastikan apakah anak kelompok B mendapatkan pendidikan seks sejak dini. Dalam upaya mencegah pelecehan seksual anak di pedesaan di TK Shaliha di Desa Margorejo kelompok B, peneliti mengkaji peran guru dalam pendidikan seks sejak dini. Penelitian yang dilakukan pada guru kelompok B TK Shaliha Margorejo Kotabumi Lampung Utara ini merupakan contoh penelitian kualitatif. Pengumpulan data melalui wawancara mendalam dan observasi, analisis model interaktif, Reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi dengan menggunakan metodologi analisis kualitatif deskriptif interaktif merupakan tiga komponen analisis dalam metodologi ini.Temuan penelitian ini menghasilkan kesimpulan sebagai berikut:1) Guru dapat menginformasikan anak-anak dengan mengajarkan mereka tentang topik pendidikan seks. 2) Agar siswa dapat memahami pendidikan seks, pendidik harus menyampaikan informasi secara jelas dan mudah dipahami. 3)Guru yang berkualitas dan sadar akan nilai pendidikan seks sejak dini merupakan unsur penolong. Faktor penghambatnya adalah anggapan bahwa seks itu najis dan tabu dan tidak perlu dibicarakan karena merupakan hal yang wajar.

Referensi

Dwistia, H., Purwanto, E. and Sunawan (2016) ‘Keefektifan Konseling Kelompok Dengan Strategi Self Management Dalam Meningkatkan Classroom Engagement Siswa’, Jurnal Bimbingan Konseling, 5(2), pp. 113–118. doi: 10.15294/JUBK.V5I2.14028.

Fajrin, L.P., Subar Junanto and Kurniasari, D. (2020) ‘Implementasi Pendidikan Seks pada Anak Usia Dini’, PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(02), pp. 78–87. doi:10.31849/paud-lectura.v3i02.3873.

Harianti, R. and Miani, R. (2016) 'Pendidikan seks usia dini, teori dan aplikasi', Yogyakarta: Trans Medika.

Nadar, W. (2017) ‘Persepsi Orang Tua Mengenai Pendidikan Seks Untuk Anak Usia Dini’, Yaa Bunayya Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), pp. 77–90.

Oktarina, A. and Suryadilaga, M.A. (2020) ‘Pendidikan Seks Usia Dini Dalam Kajian Hadis’, Riwayah : Jurnal Studi Hadis, 6(1), pp. 363–386.

Pradikto, B., Wardana, R.W. and Sofino, S. (2022) ‘Pemahaman Pendidikan Seks Anak Usia Dini Pada Orang Tua dan Pendidik Di PAUD Delima’, Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(2), p. 1155. doi:10.37905/aksara.8.2.1155-1162.2022.

Ramawati Situmorang, P. (2020) ‘Jurnal Masohi Pengaruh Pendidikan Seks Anak Usia Prasekolah Dalam Mencegah Kekerasan Seksual The Effect Sex Education in Preschool-aged Children in Preventing Sexual Violence in the Paud Sejahtera School', Medan’, 01, pp. 82–88.

Ratnasari Risa Fitri and Alias M (2016) ‘Pentingnya Pendidikan Seks Untuk Anak Usia Dini.’, Tarbawi Khatulistiwa, 2(Pentingnya Pendidikan Seks Untuk Anak Usia Dini), pp. 55–59.

Reiis, J.M.H.& M. (2004) 'Values in Sex Education: from Principles to Practice', Alenia Pres.

Roqib, M. (2008) ‘Pendidikan Seks pada Anak Usia Dini’, INSANIA : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 13(2), pp. 271–286. doi:10.24090/insania.v13i2.298.

Sardiman (2011) 'Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar', Depok: PT Raja grafindo Persada.

Solihin (2015) ‘Pendidikan Seks Untuk Anak Usia Dini ( Studi Kasus di TK Bina Anaprasa Melati Jakarta Pusat )’, Jurnal Jpsd (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), (1), pp. 56–74..

Suhasmi, N.C. and Ismet, S. (2021) ‘Materi Pendidikan Seks Bagi Anak Usia Dini’, Jurnal Golden Age, Universitas Hamzanwadi, 5(02), pp. 164–174.

Sundari, R. (2022) ‘Metode Collective Painting untuk Meningkatkan Kreativitas Mahasiswa PIAUD’, Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), pp. 4932–4944. doi:10.31004/obsesi.v6i5.1729.

Sundari, R., Karyono, T. and Soeteja, Z. (2020) ‘Pengembangan Buku Pengayaan Bermuatan Lokal Bagi Mahasiswa Pgsd’, Muallimuna : Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 6(1), p. 27. doi:10.31602/muallimuna.v6i1.3334.

Syairozi, M. and Shonhaji (2008) 'Konsep Pendidikan Generasi Tiga Dimensi', kendal: Amanah Grafika.

Tampubolon, G.N., Nurani, Y. and Meilani, S.M. (2019) ‘Pengembangan Buku Pendidikan Seksual Anak Usia 1-3 Tahun’, Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), p. 527. doi:10.31004/obsesi.v3i2.243.

 

 

Unduhan

Diterbitkan

2023-03-27

Cara Mengutip

Mutiara, Y. (2023). Pendidikan Seksual Dini Sebagai Upaya Mencegah Pelecehan Seksual Anak di Pedesaan. Al Jayyid : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 23–34. https://doi.org/10.61094/aljayyid.v2i1.75