Analisis Kualifikasi Peran Dan Hambatan Guru Dalam Mengembangkan Kreativitas Di RA Arif Rahman Hakim Sleman Yogyakarta
DOI:
https://doi.org/10.61094/aljayyid.v2i1.74Kata Kunci:
perkembangan kreativitas, peran, hambatan guruAbstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran dan hambatan guru alam mengembangkan kreativitas anak usia dini. Peneliti menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif yang dimana untuk mengumpulkan data penliti menggunakan observasi, wawancara, dokumen analis dan penarikan kesimpulan. Untuk menganalisis data kualitatif melalui pengumpulan data, reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Dalam penelitian ini sendiri untuk memperoleh data peneliti melibatkan guru, dan dalam penelitian ini peneliti sebagai intrumen penelitian itu sendiri untuk memperoleh data yang akurat. Hasil penelitaian menunjukkan pengembangan Kreativitas yang dilakukan oleh guru terdapat beberapa hal yang dapat menunjang perkembangan kreakivitas anak dapat berupa pengembangan tema yang luas akan mampu memacaing tumbuhnya kreativitas dalam diri anak, guru mampu menggunakan ide-ide yang menarik dalam mengembangkan model pembelajaran, dan selalu mengusahakan metode maupun media pembelajaran yang selalu baru dan seorang guru mampu menumbuhkan minat anak. Selain terdapat beberapa hal yang menunjang perkembangan Kreativitas anak juga terdapat beberapa hal yang dapat menghambat perkembangan Kreativitas anak diantaranya: dalam evaluasi atau penilaian, dalam persaingan didalan proses pembelajaran, serta lingkungan yang membatasi.
Referensi
Aris Priyanto (2014) 'Pengembangan Kreativitas Pada Anak Usia Dini Melalui Aktivitas Bermain', Jurnal Ilmiah Guru ‘Cope’, No. 02/Tahun Xviii/November.
Cresweel, John W (2014) 'Penelitian Kualitatif Dan Desain Riset', Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Dewi Siti Aisyah (2017) 'Strategi Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini Dalam Menciptakan Produk (Hasta Karya), ‘Passion Of The Islamic Studies Center’ Jpi_Rabbani.
Dian Miranda (2016) 'Upaya Guru Dalam Mengembangkan Kreativitas Anak Usia Dini Di Kota Pontianak', Journal Of Prospective Learning, Jurnal Pembelajaran Prospektif 1 (1).
Howard, E Grubr & Katja Bokader, Creativity, Psychology and Histiry of Science, Www. Springeronline.Com ISBN-13 978-1-4020-3509-8 (e-Book), 2005.” n.d.
Masnipal (2013) 'Siap Menjadi Guru Dan Pengelola Paud Profesional', Jakarta, Pt Gramedia.
Moleong, Lexy (2010) 'Metodologi Penelitian Kualitatif' . Bandung: PT. Rosdakarya.
Murhima (2017) 'Peran Guru Dalam Mengembangkan Kreativitas Anak Sekolah Dasar', Proceeding Seminar Dan Lokakarya Nasional Revitalisasi Laboratorium Dan Jurnal Ilmiah Dalam Implementasi Kurikulum Bimbingan Dan Konseling Berbasis Kkni, 4 – 6.
Retno Tri Wulandari (2019) 'Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini Melalui Pembelajaran Seni Tari Berbasis Budaya Lokal', Pg Paud Fip Universitas Negeri Malang, Semarang 5-10.
Rohani, (2017) 'Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini Melalui Media Bahan Bekas', Program Studi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal (Pgra) Issn: 2338-2163 - Vol. 05, No. 02.
Santrock, JW, (2007) 'Psikologi Perkembangan Edisi 11 Jilid 1' , Jakarta, Erlangga.
Taylor, Steven, Bogdan, Robert, Devault, Marjorie., (2015) 'Introduction to Qualitative Research Methods' : A Guidebook and Resource. John Wiley & Sons.
Titin Faridatun Nisa, Yulias Wulani Fajar, (2016) 'Strategi Pengembangan Kreativitas Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Pembelajaran', Jurnal Pg- - Paud Trunojoyo, Volume 3, Nomor 2.
Tri Rosana Yulianti, (2014) 'Peranan Orang Tua Dalam Mengembangkan Kreativitas Anak Usia Dini (Studi Kasus Pada Pos Paud Melati 13 Kelurahan Padasuka Kecamatan Cimahi Tengah), Jurnal Empowerment Volume 4, Nomor 1 Februari, Issn No. 52-47.
Utami, Munandar, (2009) 'Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat' , Jakarta, PT Renika Cipta.
Wiwik Windasari, Ari Sofia, Maman Surahman, (2020) 'Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini Melalui Metode Proyek', Fkip Universitas Lampung, Jl. Prof. Dr. Soemantri Brojonegoro No.1.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Siti Umayah

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
1) Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepenulisan karya dan publikasi awal di jurnal ini.
2) Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan awal publikasi di jurnal ini.
3) Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusi atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menghasilkan pertukaran yang produktif, serta kutipan lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.


