Metode Iqro’ Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Pada Anak Usia Dini
Kata Kunci:
Anak Usia Dini, Metode Iqro’, Membaca Al-QuranAbstrak
Kemampuan membaca Al-Qur’an merupakan suatu hal urgent bagi umat Islam. Al-Qur’an juga merupakan kitab suci dan pedoman hukum Islam yang pertama. Namun mirisnya, banyaknya generasi muda yang menyepelekan hal ini, sehingga kurang mengausai kemampuan membaca Al-Qur’an seperti Hukum Tajwid, Tahsin, dan Makhorijul Huruf. Hal ini yang melatar belakangi penelitian untuk mengedukasi Anak Usia Dini di TPA Al-Kautsar Jl. Jalur Dua LK.07 tentang pentingnya membaca Al-Qur’an sesuai dengan kaidah yang baik dan benar. Metode yang digunakan ialah dengan meningkatkan kepahaman pada Anak Usia Dini di TPA Al-Kautsar yang berjumlah 35 anak dalam membaca Al-Quran dengan metode Iqro’. Tujuan pengabdian ini untuk meningkatkan motivasi Anak Usia Dini dalam membaca Al-Qur’an dengan kaidah yang baik dan benar, sehingga mampu menjadi generasi yang dapat mengimplementasi kemampuan membaca Al-Quran, baik untuk diri sendiri maupun untuk orang lain.
Referensi
Anggranti, W. (2016) ‘Penerapan Metode Pembelajaran Baca-Tulis Al-Qur’an (Studi Deskriptif-Analitik Di SMP Negeri 2 Tenggarong)’, Jurnal Intelegensia, 1.
Anisah, A., Dwistia, H. and Selvia, F. (2022) ‘Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Melalui Metode Bercerita pada Kelompok A di RA. Akhlakul Karimah Tanjung Aman’, Al Jayyid: Jurnal Pendidikan …, 1(1), pp. 1–19.
Anwar, E. (2011) Bimbingan Tahsin & Tajwid Al-Qur’an Jilid III. Jakarta: Cahaya Qurani.
Fadjryana Fitroh, S. et al. (2018) ‘Early Childhood Education Journal of Indonesia Penggunaan Metode Iqro’ untuk Anak Usia Dini’, Eceji, 1(1), pp. 16–26.
Faizah, M., Qoirot, S. B. And Nasirudin, M. (2020) ‘Peningkatan Kemampuan Membaca Al Quran Santri TPQ Al Mustaqim Dengan Bimbingan Fashohatul Lisan’, Jurnal Pengabdian Masyarakat Bidang Keagamaan, 1(1), Pp. 1–4.
Hamdani, M. (2018) ‘Penerapan Metode Membaca Al-Qur’an Pada TPA Di Kecamatan Amuntai Utara (Studi pada metode Iqra dan metode Tilawati)’, Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan, 11(24), pp. 89–106. doi: 10.35931/aq.v0i0.12.
Kasmira Kasmira, Ainun Jariyah, Melinda Melinda, M. R. T. (2015) ‘Peningkatan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Melalui Metode Tajwid Card Pada Santri TK/TPA Nurul Iman Jalan Rappokalling Kelurahan Tammua Kec. Tallo.’, Jurnal Pena. Vol 2 No. 2.
Kustianingrum, A. (2020) Peranan Metode Iqro’ Pada Kemampuan Membaca Al-Qur’an Anak.
Nurhayati, Teti, Euis Cici Nurunnisa, H. (2018) ‘Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Anak Usia Dini Melalui Penerapan Metode Iqra’ (Penelitian Tindakan Kelas Di Raudhatul Athfal Daarul Hikmah Kecamatan Cijeungjing Kabupaten Ciamis)’, Tarbiyat Al-Aulad, 3(1), Pp. 1–6.
Poerwadarminta (1989) Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Rusdiah (2012) ‘Konsep Metode Pembelajaran Al Qur’an’, Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam, 2(1), Pp. 1–25.
Sapri, S., Tanjung, N. R. R. and Arlina, A. (2020) ‘Meningkatkan Kemampuan Membaca Iqro Anak Usia 5-6 Tahun Menggunakan Media Kartu Huruf Hijaiyah di TK A Masjid Nurul Muslimin’, Jurnal Raudhah, 8(1), pp. 12–23.
Syahbudin, R. (2015) ‘Tanggung Jawab Orang Tua Terhadap Pendidikan Agama Dan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Anak’, At-Ta’Lim, 14(2).
Ulfah, T. T., Assingkily, M. S. and Kamala, I. (2019) ‘Implementasi Metode Iqro’ Dalam Pembelajaran Membaca Al-Qur’an’, TA’DIBUNA: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), p. 44. doi: 10.30659/jpai.2.2.44-54.
Zulfitria And Arif, Z. (2019) ‘Penerapan Metode Iqro Sebagai Kemmapuan Dasar Membaca Al-Qur’an Di TK HIAMA KIDS’, PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Universitas Lancang Kuning, 2(02), Pp. 57–66. doi: 10.31849/paud-lectura.v2i02.2501
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Via Nur Aulia

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
1) Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepenulisan karya dan publikasi awal di jurnal ini.
2) Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan awal publikasi di jurnal ini.
3) Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusi atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menghasilkan pertukaran yang produktif, serta kutipan lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.


