Implementasi Metode Kubaca Dalam Meningkatkan Kemampuan Memahami Kata di TK Nurul Iman Sukamaju
DOI:
https://doi.org/10.61094/aljayyid.v2i1.21Kata Kunci:
Metode membaca, Kemampuan memahami kata, Anak usia diniAbstrak
Kemampuan membaca pada usia dini banyak mempengaruhi tingkat intelegensi anak. Semakin dini seorang anak belajar membaca maka semakin gemar ia membaca dan semakin baik pula ia membaca. Pengalaman membaca yang diberikan secara tepat dan menyenangkan sangat penting bagi seorang anak, karena melalui proses yang tepat dan menyenangkan anak tidak hanya akan bisa membaca tetapi juga senang membaca. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis dan mendeskripsikan langkah-langkah penerapan metode “Kubaca” yang dapat meningkatan kemampuan mengenal kata pada anak di TK Nurul Iman Sukamaju. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian lapangan. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, wawancara,dan dokumentasi. Penelitian ini memperoleh kesimpulan bahwa langkah-langkah penerapan metode Kubaca yang dapat meningkatkan kemampuan mengenal kata anak usia dini di TK Nurul Iman Sukamaju adalah sebagai berikut: 1) guru menyiapkan aneka ragam atau macam kata-kata yang akan disampaikan kepada siswa, 2) guru mengacungkan kata-kata yang telah disusun secara rapi, dan 3) guru membacakan kartu-kartu tersebut secara nyaring dan berulang-ulang.
Referensi
Azizah, R. R., and Sulthoni. (2017) ‘Pengaruh Metode “Kubaca” Dengan Gambar Terhadap Peningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Anak Tunarungu Kelas I SDLB’, Malang: UNM.
Azizah, R. R. and Sulthoni. (2014) Jurnal P3LB, Vol. 1, No. 2.
Basir, K. N., and et.al. (1987) ‘Membaca 1’, Jakarta : IKIP Jakarta.
Dalman. (2017) ‘Keterampilan Membaca’, Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Isjoni. (2017) ‘Model Pembelajaran Anak usia Dini’, Bandung: Alfabeta.
Jamaris. (2010) ‘Minat Membaca Anak’, Yogyakarta: Angga Media.
Kemendikbud. (2014) ‘Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 146 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini’, Jakarta: Ditjen Kemendiknas.
Masjidi, N. (2007) ‘Agar Anak Suka Membaca’, Yogyakarta: Media Insani.
Prasetyono, D. S. (2008). ‘Rahasia Mengajarkan Gemar Membaca Anak Usia Dini’, Yogyakarta : Universitas Negri Yogyakarta.
Susanto, A. (2017) ‘Pendidikan Anak Usia Dini (Konsep dan Teori)’, Jakarta: Bumi Aksara.
Seefelt, C., Barbara A., and Wasik. (2008) ‘Pendidikan Anak Usia Dini’, Jakarta: PT. Indeks.
Sudrajat. (2012) ‘Metode Membaca Untuk Anak’, Bandung: Pustaka Setia.
Tarigan. (2008) ‘Membaca untuk Anak Usia Dini’, Bandung: Bandung Raya.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Ridho Hidayah

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
1) Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepenulisan karya dan publikasi awal di jurnal ini.
2) Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan awal publikasi di jurnal ini.
3) Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusi atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menghasilkan pertukaran yang produktif, serta kutipan lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.


