Bimbingan dan konseling anak usia dini

Penulis

  • Dhea Putri Sakilla RA Akhlakul Karimah
  • Tri Hariyati Sekolah Tinggi Agama Islam Ibnu Rusyd Kotabumi

DOI:

https://doi.org/10.61094/aljayyid.v3i1.146

Kata Kunci:

bimbingan dan konseling, pendidikan anak usia dini

Abstrak

Bimbingan dan konseling anak usia dini biasanya di mulai dari anak usia 2 sampai 5 tahun,program ini untuk melatih setiap anak agar perkembangan nya dapat berjalan dengan normal,dan anak juga dapat berinteraksi dengan baik dalam bersosialisasi dengan keluarga,teman-teman nya disekolah,dan dengan lingkungan masyarakat.Hal ini juga membantu anak untuk mengendalikan emosionalnya saat bersosialisasi.Permasalaha sosial yang sering terjadi pada anak usia dini yaitu ketidak mampuan anak untuk menyesuikan diri,anak lebih perduli pada dirinya sendiri dibandingkan dengan orang orang di sekitarnya,anak yang merasa terisolasi dengan keluarganya sendiri,oleh karna itu metode yang akan kami gunakan untuk mengembangkan program ini yaitu,metode individual dengan cara mengenalkan anak dengan pengalaman yang baru dan menumbuhkan sikap positif thingking pada diri anak.manfaatnya dengan kita menerapkan program ini kepada anak, anak otomatis akan mampu menyesuaikan dirinya dengan lingkungan dmn dia saat ini sedang berada sehigga anak bisa cepat mengenal orang orang baru sehingga dia tidak akan merasa takut saat menyampaikan ide ide,perasaan dan kemampuan nya kepada orang sekitar sehingga dia akan terus mencoba hal hal baru untuk menambah pengetahuanya tentunya dengan dorongan energi positif thingking yang di gunakan dengan baik dan benar.

Referensi

Amanah, S., Riyanto, D., dan Rizqullah, D. (2023). ‘Pentingnya Pelayanan Bimbingan dan Konseling Pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)’, Indonesian Journal of Educational Counseling, 7(1), pp. 131–138. doi: 10.30653/001.202371.242.

Din, I. R. (2021). Bimbingan Konseling, Kajian Teori. Jakarta: Direktorat Pembina Pendidikan Anak Usia Dini,.

Fikriyah, A. T., dan Syafi’i, I. (2021). ‘Peran Bimbingan Konseling Dalam Mengatasi Anak Temper Tantrum’, WISDOM: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), pp. 127–140. doi: 10.21154/wisdom.v2i2.3077.

Haryawati, Y., Kartadinata, S., dan Supriatna, M. (2019). ‘Bimbingan dan Konseling Pendidikan Anak Usia Dini (BK-PAUD)’, Naratas, 01(02), p. 156.

Hasibuan, A. A., dkk. (2023) ‘Penerapan Bimbingan Konseling di Taman Kanak Kanak pada Anak Usia Dini di Desa Timbang Lawan’, El-Mujtama: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(3).

Hayati, Z. (2018). ‘Urgensi Bimbingan Belajar Anak Usia Dini Zikra’, Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak, IV(1).

Izzaty, R. E., Astuti, B., dan Cholimah, N. (2017). Model konseling anak usia dini. Bandung: Rosda Karya.

Khaironi, M. (2018). ‘Perkembangan Anak Usia Dini’, Jurnal Golden Age, 2(01), p. 01. doi: 10.29408/goldenage.v2i01.739.

Kholifah, F. S., dan Alwiyah, N. (2022). ‘Implementasi Bimbingan Konseling pada Aspek Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini di TKIT Insan Kamil Karanganyar Tahun Ajaran 2020/2021’, ABNA: Journal of Islamic Early Childhood Education, 3(1), pp. 44–54.

Moleong, L. J. (2011). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Naqiyyah, Z., dkk. (2020). ‘Program Parenting Day Dalam Mengoptimalkan Perkembangan Anak Usia Dini Di Kelompok Bermain Al-Fattah Parenting Day Program in Optimizing the Development of Early Children in Kelompok Bermain Al-Fattah’, Jurnal Thalaba Pendidikan Indonesia, 3(2).

Nasution, F., Shinta Simanjuntak, S., dan Adela Sindy, Y. (2023). ‘Bimbingan Konseling Pada Anak Usia Dini : Straegi Dan Manfaatnya Dalam Pengembangan Holistik’, Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(18), pp. 257–266.

Pura, D.N., dan Asnawati, A. (2019). ‘Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Dini Melalui Kolase Media Serutan Pensil’, Jurnal Ilmiah Potensia, 4(2), pp. 131–140. doi: 10.33369/jip.4.2.131-140.

Raco, J. (2010). Metode penelitian kualitatif: jenis, karakteristik dan keunggulannya. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.

Rozikan, M. (2018). ‘Penguatan Karakter Anak Usia Dini Melalui Bimbingan dan Konseling’, Jurnal Fokus Konseling, 4(2), p. 204.

Suharni, S., dan Pratama, B.D. (2017). ‘Pemberian Layanan Bimbingan Pribadi Sosial Dalam Menumbuhkan Perilaku Prososial Anak Usia Dini’, Counsellia: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 6(2), p. 31. doi: 10.25273/counsellia.v6i2.1015.

Sumarni, S., dan Sucipoto, S. D. (2017). Bimbingan & Konseling implementasi pada PAUD, Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952.

Suryana, D. (2018). ‘Teori dan Praktek Pembelajaran’, International Journal of Physiology, 6(1).

Unduhan

Diterbitkan

2024-11-30 — Diperbaharui pada 2024-11-30

Versi

Cara Mengutip

Sakilla, D. P., & Hariyati, T. (2024). Bimbingan dan konseling anak usia dini. Al Jayyid : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 18–24. https://doi.org/10.61094/aljayyid.v3i1.146