Pola Asuh Orang Tua dan Dampaknya Terhadap Pembentukan Karakter Pada Anak Usia Dini Kelas B Di Paud Nurul Iman Sawojajar

Penulis

  • Megawati Sy Paud Nurul Iman Kotabumi

Kata Kunci:

Pola Asuh, Pendidikan Karakter, Pendidikan Anak Usia Dini

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah memahami pola asuh orang tua dalam pembentukan karakter anak di PAUD Nurul Iman. Penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif untuk mendapatkan data yang objektif dalam rangka mengetahui dan memahami dampak dari pola asuh orang tua dalam pembentukan karakter anak di PAUD Nurul Iman Sawojajar. Subjek penelitian terdiri atas 15 orang tua murid dan 15 peserta didik kelas B PAUD Nurul Iman Sawojajar. Teknik pengambilan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Triangulasi sumber, triangulasi teknik pengumpulan data, dan waktu. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah pola asuh orang tua dalam pembentukan karakter pada anak juga diketahuinya faktor penghambat dan pendukung pola asuh orang tua dalam membentuk karakter anak. Dari hasil analisis didapatkan bahwa penerapan pola asuh dengan pembiasaan dan berulang di kelas B Paud Nurul Iman sawojajar dapat dikatakan berhasil karena ditemukan peningkatan data dari prapenelitian dan after penelitian yaitu, anak yang Mulai Berkembang (MB) mulai menurun yakni sebanyak 3 anak saja, dan anak yang Berkembang Sesuai Harapan (BSH) ada 4 anak sedangkan anak yang Berkembang Sangat Baik (BSB) sebanyak 8 anak.

Referensi

Anisah, A. S. (2011) ‘Pola Asuh Orang Tua Dan Implikasinya Terhadap Pembentukan Karakter Anak’, Jurnal Pendidikan Universitas Garut, V(1), Pp. 70–84.

Arumsari, A.D. (2020) ‘Pola Asuh Orang Tua Dalam Pendidikan Karakter Anak Usia Dini’, Media of Teaching Oriented and Children, 4(2).

Boe, O. (2015) ‘Developing Leadership Skills in Norwegian Military Officers: Leadership Proficiencies Contributing to Character Development and Officer Competency’, Procedia - Social and Behavioral Sciences, 186, Pp. 288–292. doi: 10.1016/J.Sbspro.2015.04.017.

Dwistia, H., Latif, S. And Widiastuti, R. (2013) ‘Hubungan Interaksi Sosial Peserta Didik Dengan Prestasi Belajar’, Alibkin (Jurnal Bimbingan Konseling), 2(3).

Fadlillah, M., Wahab, R., And Ayriza, Y. (2020) ‘Understanding the Experience of Early Childhood Education Teachers in Teaching and Training Student Independence At School’, Qualitative Report, 25(6), Pp. 1461–1472. doi: 10.46743/2160-3715/2020.4163.

Hasanah, U. (2018) ‘Character Education In Early Childhood Based On Family’, Early Childhood Reseach Journal, 1(1).

Khaironi, M. (2017) ‘Pendidikan Karakter Anak Usia Dini’, Age Universitas Hamzanwadi, 01(2), Pp. 82–89.

Musrifah. (2016) ‘Pendidikan Karakter Dalam Perspektif Islam’, Edukasia Islamika, 1(1), Pp. 119–133.

Nandar, W., And Setiawan, E. (2021) Konsep Dasar Paud. Jakarta: Erlangga.

Ritonga, A. W. (2022) ‘Role of Teachers and Parents in Realizing Character Education In The Digital Era’, Indonesian Values And Character Education Journal, 5(1), Pp. 9–18. doi: 10.23887/Ivcej.V5i1.39729.

Sani, R. A. (2016) Pendidikan Karakter Mengembangkan Karakter Anak Yang Islami. Jakarta: Bumi Aksara.

Suwaid, M. N. A. H. (2004) Mendidik Anak Bersama Nabi (Panduan Lengkap Pendidikan Anak Disertai Teladan Kehidupan Para Salaf). Solo: Pustaka Arafah.

Swider-Cios, E., Vermeij, A. And Sitskoorn, M. M. (2023) ‘Young Children and Screen-Based Media: The Impact On Cognitive And Socioemotional Development And The Importance Of Parental Mediation’, Cognitive Development. Elsevier Ltd. doi: 10.1016/J.Cogdev.2023.101319.

Zubaedi. (2011) Desain Pendidikan Karakter; Konsepsi Dan Aplikasinya Dalam Lembaga Pendidikan. Jakarta: Kencana.

 

Unduhan

Diterbitkan

2023-09-30

Cara Mengutip

Sy, M. (2023). Pola Asuh Orang Tua dan Dampaknya Terhadap Pembentukan Karakter Pada Anak Usia Dini Kelas B Di Paud Nurul Iman Sawojajar . Al Jayyid : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 75–86. Diambil dari https://ojs.stai-ibnurusyd.ac.id/index.php/aljayyid/article/view/144