Kemampuan Berhitung Menggunakan Permainan Balok Angka Pada Masa Pandemi di Kelompok B TK Yustisia
DOI:
https://doi.org/10.61094/aljayyid.v2i2.140Kata Kunci:
Kemampuan Berhitung, Permainan Balok Angka, Pendidikan Anak Usia DiniAbstrak
Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui kemampuan berhitung anak di kelompok B TK Yustisia Kotabumi-Lampung; (2) upaya yang harus dilakukan untuk meningkatkan kemampuan berhitung anak di kelompok B TK Yustisia Kotabumi-Lampung. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (class action research) sebanyak II siklus. Jumlah siswa kelompok B di Yustisia Kotabumi-Lampung Tahun Ajaran 2023/2024, yang berjumlah 20 siswa. Terdiri dari 8 anak laki-laki dan 12 anak perempuan. Objek penelitiannya adalah meningkatkan kemampuan berhitung melalui permainan balok angka. Pada tahap prasiklus persentase rata-rata ketuntasan anak baru mencapai 15%, pada Siklus I pertemuan ke-1 persentase mencapai 30% sedangkan pada pertemuan ke-2 persentase ketuntasan mencapai 50%. dan pada Siklus II pertemuan ke-1 persentase mencapai 60% sedangkan pada pertemuan ke-2 persentase ketuntasan mencapai 85%. Hasil uji menunjukkan bahwa terdapat peningkatan yang baik pada kemampuan berhitung anak melalui permainan balok angka di kelompok B TK Yustisia Kotabumi-Lampung.
Referensi
Anisah., and Dwistia, H. (2023) ‘Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Melalui Metode Bercerita pada Kelompok A di RA. Akhlakul Karimah Tanjung Aman’, Al Jayyid: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), pp. 1–19.
Asmani, J. M. (2009) Manajemen strategis pendidikan anak usia dini. 1st edn. Yogyakarta: Diva Press.
Bujuri, A.D. (2018) ‘Analisis Perkembangan Kognitif Anak Usia Dasar dan Implikasinya dalam Kegiatan Belajar Mengajar’, LIterasi, IX(1), p. 37.
Dwistia, H. et al. (2022) ‘Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam’, Ar-Rusyd: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(2), pp. 81–99. doi: 10.61094/arrusyd.2830-2281.33.
Dwistia, H., Hidayah, K., and Rosadi, S. (2022) ‘Menghafal Huruf Hijaiyah dengan Metode Drill and Practice Pada Anak Usia Dini di Tk Maritaqwa’, JPIB: Jurnal Penelitian Ibnu Rusyd, 1(2).
Dwistia, H., Latif, S. and Widiastuti, R. (2013) ‘Hubungan interaksi sosial peserta didik dengan prestasi belajar’, ALIBKIN (Jurnal Bimbingan Konseling), 2(3).
Haryono. (2015) Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Amara Books.
Majid, A. (2013) Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Oei, A.C., and Patterson, M.D. (2013) ‘Enhancing Cognition with Video Games: A Multiple Game Training Study’, PLoS ONE, 8(3). doi: 10.1371/journal.pone.0058546.
Rohmah, N. (2016) ‘Bermain dan Pemanfaatannya dalam Perkembangan Anak Usia Dini’, Jurnal Tarbawi, 13(2).
Saroyo, H. et al. (2022) ‘Penerapan Metode Demonstrasi Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Kelas VI SDN Negeri Ratu Tahun Ajaran 2020/2021’, JPIB: Jurnal Penelitian Ibnu Rusyd, 1(2).
Sriningsih. (2008) Pembelajaran matematika Terpadu untuk Anak Usia Dini. Bandung: Pustaka Media.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Luthfi Nur Wulandari, Halen Dwistia

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
1) Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepenulisan karya dan publikasi awal di jurnal ini.
2) Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan awal publikasi di jurnal ini.
3) Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusi atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menghasilkan pertukaran yang produktif, serta kutipan lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.