Kemampuan Berhitung Menggunakan Permainan Balok Angka Pada Masa Pandemi di Kelompok B TK Yustisia

Penulis

  • Luthfi Nur Wulandari TK Yustisia
  • Halen Dwistia

DOI:

https://doi.org/10.61094/aljayyid.v2i2.140

Kata Kunci:

Kemampuan Berhitung, Permainan Balok Angka, Pendidikan Anak Usia Dini

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui kemampuan berhitung anak di kelompok B TK Yustisia Kotabumi-Lampung; (2) upaya yang harus dilakukan untuk meningkatkan kemampuan berhitung anak di kelompok B TK Yustisia Kotabumi-Lampung. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (class action research) sebanyak II siklus. Jumlah siswa kelompok B di Yustisia Kotabumi-Lampung Tahun Ajaran 2023/2024, yang berjumlah 20 siswa. Terdiri dari 8 anak laki-laki dan 12 anak perempuan. Objek penelitiannya adalah meningkatkan kemampuan berhitung melalui permainan balok angka. Pada tahap prasiklus persentase rata-rata ketuntasan anak baru mencapai 15%, pada Siklus I pertemuan ke-1 persentase mencapai  30% sedangkan pada pertemuan ke-2 persentase ketuntasan mencapai 50%. dan pada Siklus II pertemuan ke-1 persentase mencapai 60% sedangkan pada pertemuan ke-2 persentase ketuntasan mencapai 85%. Hasil uji menunjukkan bahwa terdapat peningkatan yang baik pada kemampuan berhitung anak melalui permainan balok angka di kelompok B TK Yustisia Kotabumi-Lampung.

Referensi

Anisah., and Dwistia, H. (2023) ‘Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Melalui Metode Bercerita pada Kelompok A di RA. Akhlakul Karimah Tanjung Aman’, Al Jayyid: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), pp. 1–19.

Asmani, J. M. (2009) Manajemen strategis pendidikan anak usia dini. 1st edn. Yogyakarta: Diva Press.

Bujuri, A.D. (2018) ‘Analisis Perkembangan Kognitif Anak Usia Dasar dan Implikasinya dalam Kegiatan Belajar Mengajar’, LIterasi, IX(1), p. 37.

Dwistia, H. et al. (2022) ‘Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam’, Ar-Rusyd: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(2), pp. 81–99. doi: 10.61094/arrusyd.2830-2281.33.

Dwistia, H., Hidayah, K., and Rosadi, S. (2022) ‘Menghafal Huruf Hijaiyah dengan Metode Drill and Practice Pada Anak Usia Dini di Tk Maritaqwa’, JPIB: Jurnal Penelitian Ibnu Rusyd, 1(2).

Dwistia, H., Latif, S. and Widiastuti, R. (2013) ‘Hubungan interaksi sosial peserta didik dengan prestasi belajar’, ALIBKIN (Jurnal Bimbingan Konseling), 2(3).

Haryono. (2015) Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Amara Books.

Majid, A. (2013) Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Oei, A.C., and Patterson, M.D. (2013) ‘Enhancing Cognition with Video Games: A Multiple Game Training Study’, PLoS ONE, 8(3). doi: 10.1371/journal.pone.0058546.

Rohmah, N. (2016) ‘Bermain dan Pemanfaatannya dalam Perkembangan Anak Usia Dini’, Jurnal Tarbawi, 13(2).

Saroyo, H. et al. (2022) ‘Penerapan Metode Demonstrasi Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Kelas VI SDN Negeri Ratu Tahun Ajaran 2020/2021’, JPIB: Jurnal Penelitian Ibnu Rusyd, 1(2).

Sriningsih. (2008) Pembelajaran matematika Terpadu untuk Anak Usia Dini. Bandung: Pustaka Media.

 

Unduhan

Diterbitkan

2023-09-30

Cara Mengutip

Nur Wulandari, L., & Dwistia, H. (2023). Kemampuan Berhitung Menggunakan Permainan Balok Angka Pada Masa Pandemi di Kelompok B TK Yustisia. Al Jayyid : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 62–74. https://doi.org/10.61094/aljayyid.v2i2.140