Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam

Penulis

  • Halen Dwistia Sekolah Tinggi Agama Islam Ibnu Rusyd Kotabumi
  • Meilisa Sajdah Sekolah Tinggi Agama Islam Ibnu Rusyd Kotabumi, Indonesia
  • Octa Awaliah Pondok Pesantren Husnul Amal Kotabumi, Lampung Utara
  • Nisa Elfina Pondok Pesantren Husnul Amal Kotabumi, Lampung Utara

DOI:

https://doi.org/10.61094/arrusyd.2830-2281.33

Kata Kunci:

Media Sosial, Pembelajaran, Media Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam

Abstrak

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dampak diterapkannya media sosial sebagai media pembelajaran khususnya. Fakta lapangan dimana pengunaan media sosial berupa internet di Indonesia menunjukkan bahwa perkembangan teknologi mengalami kemajuan yang pesat. Tidak sedikit sekolah dan universitas di indonesia yang memanfaatkan kemajuan teknologi sebagai salah satu media dalam pembelajaran, salah satunya pendidikan agama islam. Penulis kemudian dengan menerapkan metode kualitatif, dengan study literatur menelaah dampak dari pemanfaatan media sosial dalam pembelajaran pendidikan agama islam, baik mengenai efek yang positif maupun negatif. Hal ini juga dilatarbelakangi oleh pemanfaatan media sosial yang belakangan banyak di salah gunakan oleh pelajar. Media sosial memiliki pengaruh positif dalam sosialisasi diantara penggunanya namun juga bisa menimbulkan efek yang buruk di kehidupan nyata. Hal tersebut kemudian menimbulkan perubahan pada kemampuan anak dalam belajar dan memahami materi ajar pendidikan agam islam, baik berupa kemampuan akademik ataupun kepribadian.  

Referensi

Ahmadi. (2018) ‘Eksistensi Media Sosial Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Santri’, Al-Fikrah: Jurnal Studi Ilmu Pendidikan dan Keislaman, Vol 1, No.1.

Alyusi, S. D. (2018) ‘Media Sosial: Interaksi, Identitas Dan Modal Sosial’, Jakarta: Prenadamedia Group.

Ansari, J. A. N. and Khan, N. A. (2020) ‘Exploring the role of social media in collaborative learning the new domain of learning [Explorando el papel de las redes sociales en el aprendizaje colaborativo el nuevo dominio del aprendizaje]’, Smart Learning Environments, 7(1), pp. 1–16. doi: 10.1186/s40561-020-00118-7

Apriansyah. (2018) ‘Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Pembelajaran Pada Mahasiswa Perguruan Tinggi Di Sumsel’, Jurnal Digital Teknologi Informasi, 1(2), p. 64. doi: 10.32502/digital.v1i2.2371.

Arsyad, A. (2015) ‘Media Pembelajaran’, Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Ashby, E. (1972) ‘The Fourth Revolution: Instructional Technology in Higher Education, A Carnegie Commission on Higher Education Report’, New York: McGraw-Hill Book Co.

Asnawir, Usman, M. B. U. (2002) ‘Media Pembelajaran’, Jakarta: Ciputat Pers.

Brogan, C. (2010) ‘Tactics and Tips to Develop Your Business Online’, New Jersey: John Wiley & Sons.

Dina, I. (2011) ‘Ragam Alat Bantu Media Pengajaran’, Jakarta: PT. Diva Press.

Doni, F. R. (2017) ‘Perilaku Penggunaan Smartphone Pada Kalangan Remaja’, Indonesian Journal on Software Engineering, 9(2), pp. 16–23.

Dwistia, H., Latif, S. and Widiastuti, R. (2013) ‘Correlation Between Students’ Social Interaction With’, Bimbingan dan Konseling, pp. 1–12.

Dwistia, H., Purwanto, E. and Sunawan (2016) ‘Keefektifan Konseling Kelompok Dengan Strategi Self Management Dalam Meningkatkan Classroom Engagement Siswa’, Jurnal Bimbingan       Konseling, 5(2), pp. 113–118.

Ediyani, M. et al. (2020) ‘Study on Development of Learning Media’, Budapest International Research and Critics Institute (BIRCI-Journal): Humanities and Social Sciences, 3(2), pp. 1336–1342. doi: 10.33258/birci.v3i2.989.

Ibrahim, N. (2016) ‘The Influence Of Social Media In Teaching And Learning Activities’,

The 2nd International Multidisciplinary Conference, pp. 496–502.

Ibrahim, R. and Syaodih, N. (2010) ‘Perencanaan Pengajaran’, Jakarta: Rineka Cipta.

Jai, A. J., Rochman, C. and Nurmila, N. (2020) ‘Peran Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Jujur Pada Siswa’, Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 10(2), pp. 257–264. doi: 10.24042/atjpi.v10i2.4781.

Lusiana, B. and Maryanti, R. (2020) ‘The Effectiveness Of Learning Media Used During Online Learning’, Media Pendidikan, Gizi, dan Kuliner, 9(2), pp. 81–92.

Maesaroh, S. (2014) ‘Penggunaan Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SD Muhammadiyah Bancarkembar Kecamatan Purwokerto Utara Kabupaten Banyumas Tahun Pelajaran 2013/2014’, STAI Purwokerto.

Marimba, A. D. (1989) ‘Pengantar Filsafat Pendidikan Islam’, Bandung: Almaa’rif.

Miarso, Y. (2004) ‘Menyemai Benih Teknologi Pendidikan’, Jakarta: Prenadamedia Grup.

Nizar, S. (2002) ‘Filsafat Pendidikan Islam: Pendekatan Historis, Teoritis dan Praktis’,

Jakarta: Ciputat Pers.

Puspitarini, Y. D. and Hanif, M. (2019) ‘Using Learning Media to Increase Learning Motivation in Elementary School’, Anatolian Journal of Education, 4(2), pp. 53–60. doi: 10.29333/aje.2019.426a.

Putro, K. Z. (2005) ‘Orang Tua Sahabat Anak Dan Remaja’, Yogyakarta: Cerdas Pustaka. Rahardja., U. et al. (2019) ‘Ilearning: Metode Pembelajaran Inovatif Di Era Education

4.0’, Technomedia Journal, 4(2), pp. 261–276. doi: 10.33050/tmj.v4i2.1010.

Ramayulis. (2015) ‘Metodologi Pendidikan Agama Islam’, Jakarta: Kalam.

Riko, Anggraini Puji Lestari, F. and Dewi Lestari, I. (2020) ‘Penggunaan Media Sosial Sebagai Media Pembelajaran Di Sekolah Menengah Pertama’, Journal of Character Education      Society, 3(2),  pp. 258–266.

Sa’ud, U. S. (2008) ‘Inovasi Pendidikan’, Bandung: Alfabeta.

Sadiman, A. S. dkk (2009) ‘Media Pendidikan’, Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Sari, S. I. M. (2021) ‘Peran Media Sosial Dalam Pembelajaran Pai Dan Budi Pekerti Pada Era Covid-19 Di Smp Negeri 2 Kembaran Kabupaten Banyumas’, IAIN Purwokerto.

Sharma, A. et al. (2021) ‘Education Reform: Role of Social Media in Education’, 2021 International Conference on Computational Performance Evaluation, Compe 2021, (December 2013), pp. 657–661. doi: 10.1109/ComPE53109.2021.9752010.

Suci, W., Muslim, S. and Chaeruman, U. A. (2022) ‘Use of Social Media for Collaborative Learning in Online Learning: A Literature Review’, Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan, 14(3), pp. 3075–3086. doi: 10.35445/alishlah.v14i3.833.

Tohirin. (2005) ‘Psikologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam’, Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Triastuti., Endah., Adrianto, D., and D. A. N. (2017) ‘Kajian Dampak Penggunaan Media Sosial Bagi Anak Dan Remaja.

Uno, H. B. and Lamatenggo, N. (2011) ‘Teknologi Komunikasi Dan Informasi Pembelajaran’, Jakarta: Bumi Aksara.

Waode, S. R., Alimuddin, U. and Rhiza, S. S. (2019) ‘Analisis Pemanfaatan Media Sosial Dalam Menunjang Proses Pembelajaran Siswa Smun 1 Makassar An Analysis Of Social Media Utilization In Supporting Learning Process Of Senior Hight School Students Of Smun 1 Makassar’, Jurnal Ilmu Komunikasi, II(I), pp. 54–63.

Watie, E. D. S. (2016) ‘Komunikasi dan Media Sosial (Communications and Social Media)’, Jurnal The Messenger, 3(2), p. 69. doi: 10.26623/themessenger.v3i2.270.

Wiroatmodjo, P. and Sasonohardjo (2002) ‘Media Pembelajaran Bahan Ajar Diklat Kewidyaiswaraan Berjenjang Tingkat Pertama’, Jakarta: Lembaga Administrasi Negara-RI.

Yohanna, A. (2020) ‘The influence of social media on social interactions among students’, Indonesian Journal of Social Sciences, 12(2), p. 34. doi: 10.20473/ijss.v12i2.22907.

Yuliani, G., Kamal, M. and Sesmiarni, Z. (2022) ‘Penggunaan Platform Pembelajaran Online oleh Guru PAI’, Tarbiyah Wa Ta’lim: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 9(1), pp. 41–59. doi: 10.21093/twt.v9i1.4304

Zazin, N. and Zaim, M. (2019) ‘Media Pembelajaran Agama Islam Berbasis Media Sosial Pada Generasi-Z’, Jurnal UIN Antasari, Vol 1, No. 1.

Zuhairi. (2009) ‘Filsafat pendidikan Islam’, Bandung: Bumi Aksara.

Unduhan

Diterbitkan

2022-12-26

Cara Mengutip

Dwistia, H. ., Sajdah, M., Awaliah, O., & Elfina, N. (2022). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Ar-Rusyd: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(2), 78–93. https://doi.org/10.61094/arrusyd.2830-2281.33