Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Moderasi Beragama Menuju Society Era 5.0

Penulis

  • Ahmad Shofyan UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG

DOI:

https://doi.org/10.61094/arrusyd.2830-2281.24

Kata Kunci:

Pendidikan Agama Islam, Moderasi Beragama, Society Era 5.0

Abstrak

Moderasi beragama merupakan tindakan yang paling sempurna dalam menghadapi persoalan di berbagai wilayah lokal yang memiliki keragaman agama. Sedangkan pembelajaran agama Islam berupaya memberikan bekal ilmu agama kepada siswa agar mereka memiliki kemauan untuk belajar beriman dan bertakwa kepada Allah SWT. Hasil penyelidikan lapangan yang telah dilakukan sebelumnya menunjukkan bahwa pembelajaran PAI belum terintegrasi dengan penekanan pada proses pendidikan sosial. Tetapi untuk membentuk santri yang shaleh secara vertikal secara individual (habl min Allah), tetapi tidak secara horizontal secara sosial (habl min nas). Dan juga pembelajaran PAI hanya berorientasi pada konsep dasar ajaran Islam. Metode yang digunakan dalam penulisan artikel ini adalah metode pustaka. Meninjau komponen pembelajaran pendidikan agama Islam berbasis moderasi beragama ditinjau dari kurikulum pendidik, materi, media dan metode, evaluasi. Tujuan penelitian adalah untuk membangun komunikasi yang baik dan terarah bahwa pendidikan agama Islam berbasis moderasi beragama menuju Society 5.0 adalah cara untuk terus membangun rasa toleransi dan moderasi. Untuk pencapaian itu, terdapat tantangan besar dalam membangun generasi muda yang berpikir global dan berperilaku lokal sebagai target penelitian, yaitu dengan membentuk tanggung jawab, menghargai perbedaan, saling berkolaborasi jarak jauh, membangun kebaikan dan komunikasi.

Referensi

Aminuddin., Wahid, A., and Rofiq, M. (2006) ‘Membangun Karakter Melalui Pendidikan Agama Islam’, Graha Ilmu.

Angdreani, V., Warsah, I., and Karolina, A. (2020) ‘Implementasi Metode Pembiasaan: Upaya Penanaman Nilai-Nilai Islami Siswa SDN 08 Rejang Lebong’, At-Ta’lim: Media Informasi Pendidikan Islam, 19(1), 1–21.

Arikunto, S. (2013) ‘Prosedur Penelitian’, PT Rineka Cipta.

Basyir, H., Haidar, H., Mustafa, M., and Ismail, A. A. (2016) ‘Tafsir Muyassar’, Darul Haq.

Daheri, M. (2022) ‘Religious Moderation, Inclusive, And Global Citizenship as New Directions For Islamic Religious Education In Madrasah’, Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam, 5(1), 64–77.

Daheri, M., and Warsah, I. (2019) ‘Pendidikan Akhlak, Relasi Antara Sekolah Dan Keluarga’, Jurnal Pemikiran Pendidikan Islam, 13(1), 3–20.

Destriani., Rasmini., Amriyadi., and Jeniati, H. (2022) ‘Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menanamkan Pemahaman Literasi Keagamaan’, Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 9(1), 1–12.

Elisvi, J., Archanita, R., Wanto, D., and Warsah, I. (2020) 'Analisis Pemanfaatan Media Pembelajaran Online Di SMK IT Rabbi Radhiyya Masa Pandemi Covid-19’, Altarbawi Al-Haditsah: Jurnal Pendidikan Islam, 5(2).

Faishol, R. (2011) ‘Pengembangan Paket Pembelajaran Teknologi Informasi Dan Komunikasi (Tik) Kelas Viii Di Mts Puspa Bangsa Banyuwangi’, Disertasi Dan Tesis Program Pascasarjana Um.

Faishol, R. (2018) ‘Pengembangan Paket Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (Ips) Kelas IV Menggunakan Model Dick, Carey & Carey Di SD Negeri 2 Tamanagung’, Tarbiyatuna: Kajian Pendidikan Islam, 2(2), 31–49.

Fukuyama., and Mayumi. (2018) ‘Society 5.0: Aiming for A New Human-Centered Society’, Japan Spotlight, August, 8–13.

Gustaman. (2022) ‘Guru Robot Android Mengajar SD Di Jepang’, In Tribunnews.com.

Habibi, I. (2020) ‘Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Daring (Whatsapp Group, Google Classroom Dan Zoom Meeting)’, Cendekia: Media Komunikasi Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan Islam, 12(02), 161–178.

Hanafi, H., Adu, L., & Muzakkir. (2018) ‘Profesionalisme Guru Dalam Pengelolaan Kegiatan Pembelajaran di Sekolah’, Deepublish.

Hanafi, Y. (2021) ‘Mendesain Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (Pai) Berwawasan Moderasi Beragama Untuk Membentuk Peserta Didik Yang Toleran Dan Multikultural’, Universitas Negeri Malang.

Hasyim, I., Warsah, I., & Istan, M. (2021) ‘Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Pemanfaatan Teknologi Untuk Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemik Covid 19’, Journal Of Education and Intruction, 4(2), 10–27.

Hidayat, R., Azwar, B., Harmi, H., Sumartodr, Wanto, D., & Daheri, M. (2019) ‘Sindang Jati (Multikultural Dalam Bingkai Moderasi’,. Penerbit Buku Literasiologi.

Karolina, A. (2018) ‘Rekonstruksi Pendidikan Islam Berbasis Pembentukan Karakter: Dari Konsep Menuju Internalisasi Nilai-Nilai Al-Quran’, Jurnal Penelitian, 11(2), 237– 266.

Kementerian Agama Republik Indonesia. (2019) ‘Implementasi Moderasi Beragama Dalam Pendidikan Islam’, In Kelompok Kerja Implementasi Moderasi Beragama Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Republik Indonesia. Kelompok Kerja Implementasi Moderasi Beragama Direktirat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Republik Indonesia.

Khoirul Hadi Al Asy Ari, M., and Rochim, K. (2021) ‘Pendidikan Agama Islam Berbasis Moderasi Beragama (Studi Kasis Di Sekolah Dasar Katholik Santo Yusuf Sekoreno Kabupaten Jember)’, Prosiding Mukhtamarpmii, Imc, 113–122.

Malik Karim Amrullah, A. (2017) ‘Pendidikan Islam Kontemporer’, Universitas Negeri Malang.

Muchlis, M. (2020) P’embelajaran Materi Pendidikan Agama Islam (PAI) Berwawasan Moderat’, Profetika: Jurnal Studi Islam, 21(1), 11–20. doi:10.23917/Profetika.V21i1.11053

Mujizatullah, M. (2021) ‘Inovasi Pembelajaran Moderasi Beragama Melalui Media Kreatif Pada Sekolah Umum/Madrasah Di Kabupaten Bone’, Pusaka, 9(2), 231–250. doi:10.31969/Pusaka.V9i2.526

Nurhayati, and Suhardin. (2020) ‘Komparasi Moderasi Keberagamaan Mahasiswa Universitas Tadulako Dan Iain Palu’, Jurnal Al Qalam, 26(2), 339–352.

Nuzuar., and Warsah, I. (2018) ‘Analisis Inovasi Administrasi Guru Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran (Studi Man Rejang Lebong)’, Edukasi: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan,16(3), 263–274. doi: 10.32729/Edukasi.V16i3.488

Pabbajah, M., Nurinda Widyanti, R., & Fajar Widyatmoko, W. (2021) ‘Membangun Moderasi Beragama: Perspektif Konseling Multikultural Dan Multireligius di Indonesia’, Jurnal Darussalam: Jurnal Pendidikan, Komunikasi Dan Pemikiran Hukum Islam, 13(1), 193–209.

Pereira, A. G., Lima, T. M., and Charrua-Santos, F. (2020) ‘Industry 4.0 And Society 5.0: Opportunities and Threats’, International Journal of Recent Technology and Engineering, 8(5), 3305–3308. doi:10.35940/Ijrte.D8764.018520

Rachman Assegaf, A. (2010) ‘Pendidikan Islam Kontekstual. Pustaka Pelajar’, Shafiyyurrahman Al Mubarakfuri, S. (2010). Shahih Tafsir Ibnu Katsir. Pustaka Ibnu

Katsir.

Sumarno. (2019) ‘Pembelajaran Kompetensi Abad 21 Menghadapi Era Society 5.0’, Prosiding Semdikjar (Seminar Nasional Pendidikan Dan Pembelajaran), 3, 272–287.

Sumarto. (2021a) ‘Rumah Moderasi Beragama Iain Curup Dalam Program Wawasan Kebangsaan Toleransi Dan Anti Kekerasan’, Jurnal Literasiologi, 5(2),6.

Sumarto, S. (2021b) ‘Implementasi Program Moderasi Beragama Kementerian Agama RI’, Jurnal Pendidikan Guru, 3(1), 1–11. doi:10.47783/Jurpendigu.V3i1.294

Warsah, I. (2017a) ‘Kesadaran Multikultural Sebagai Ranah Kurikulum Pendidikan’, Jurnal Pendidikan Islam, 6(2), 29–38.

Warsah, I. (2017b) ‘Kesadaran Multikultural Sebagai Ranah Kurikulum Pendidikan’, Ta’dib: Jurnal Pendidikan Islam,  6(2), 29–38. doi: 10.29313/Tjpi.V6i2.2845

Warsah, I. (2017c) ‘Relevansi Relasi Sosial Terhadap Motivasi Beragama Dalam Mempertahankan Identitas Keislaman di Tengah Masyarakat Multi Agama (Studi Fenomenologi Di Desa Suro Bali Kepahiang Bengkulu)’, Jurnal Penelitian Sosial Dan Keagamaan, 34(02), 149–177. doi:10.30631/Kontekstualita.V34i02.42

Warsah, I. (2018a) ‘Pendidikan Keimanan Sebagai Basis Kecerdasan Sosial Peserta Didik: Telaah Psikologi Islami’, Jurnal Psikologi Islami, 4(1), 1–16.

Warsah, I. (2018b) ‘Pendidikan Keluarga Muslim Di Tengah Masyarakat Multi- Agama: Antara Sikap Keagamaan Dan Toleransi (Studi Di Desa Suro Bali Kephiang- Bengkulu)’, Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 13(1), 1–24.

Warsah, I. (2020) ‘Forgiveness Viewed from Positive Psychology and Islam’, Islamic Guidance and Counseling       Journal, 3(2), 108–121. doi:10.25217/Igcj.V3i2.878

Warsah, I. (2021) ‘Pendidik Inspiratif’, Deepublish.

Warsah, I., Imron., Siswanto., and Aisa Mutiara Sendi, O. (2020) ‘Strategi Implementatif Kkni Pendidikan Islam Di Iain Curup Dalam Pembelajaran’, Jurnal Tarbiyatuna, 11(1), 77–90.

Warsah, I., Masduki, Y., Imron, Daheri, M., and Morganna, R. (2019) ‘Muslim Minority In Yogyakarta: Between Social Relationship And Religious Motivation’, Qudus Internasional Journal of Islamic Studies,       7(2), 367–398. doi:10.21043/Qijis.V7i2.6873

Warsah, I., Morganna, R., Uyun, M., Hamengkubuwono, H., and Afandi, M. (2021) ‘The Impact of Collaborative Learning On Learners’ Critical Thinking Skills’, International Journal of Instruction, 14(2), 443–460. 10.29333/Iji.2021.14225a

Unduhan

Diterbitkan

2022-12-31

Cara Mengutip

Shofyan, A. (2022). Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Moderasi Beragama Menuju Society Era 5.0. Ar-Rusyd: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(2), 126 –. https://doi.org/10.61094/arrusyd.2830-2281.24