Desain Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Melalui Aplikasi Tik-Tok
DOI:
https://doi.org/10.61094/arrusyd.2830-2281.142Kata Kunci:
Desain Pembelajaran, Guru Pendidikan Agama Islam, Aplikasi Tik-TokAbstrak
Salah satu komponen yang sangat penting dalam pembentukan siswa adalah bagaimana seorang guru dapat mendesain proses pembelajaran pendidikan agama Islam (PAI) secara optimal, dan tentu siswa mampu merasakan adanya suatu inovasi yang diimplementasikan guru terhadap proses belajar mereka. Tujuan penelitian ini adalah (1) Menentukan langkah-langkah dalam mendesain pembelajaran PAI dengan aplikasi pendukung, (2) Menemukan manfaat aplikasi tik-tok sebagai media pembelajaran. Jenis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode kepustakaan (library research). Adapun hasil dalam penelitian ini yaitu untuk menentukan langkah-langkah yaitu (1) Menentukan struktur materi, (2) Menentukan spesifikasi desain akan yang dikembangan, (3) Membuat langkah-langkah dalam pembuatan desain pembelajaran pada media yang sudah tersedia, (4) Membuat unsur-unsur model pembelajaran. Kemudian, manfaat dan dampak aplikasi tik-tok sebagai media pembelajaran PAI (1) sebagai media pembelajaran yang menyenangkan, (2) sebagai menjadikan siswa lebih aktif. membuat tugas sekolah lebih berkesan. Selanjutnya, aplikasi pendukung yang digunakan untuk mendesain pembelajaran PAI diantaranya “Benime, Text Voice Free, Picsart, Kine Master, Video ke MP3 Converter dan Google Drive.” Dengan demikian, setelah desain pembelajaran di buat kemudian di upload melalui aplikasi Tik-Tok sebagai media utamanya.
Referensi
Abadi, G. F. (2015). “Inovasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis E-Learning”, Tasyri’ 22 (2): 128.
Qolbiyah, A., Mansur, A., dan Bakar, A. (2022). “Inovasi Dan Modernisasi Kurikulum Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam”, Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan Indonesia 1 (2): 302.
Amrina., Mudinillah, A., dan Syurfa, Z. (2022). “Pemanfaatan Aplikasi Benime Sebagai Penunjang Pembelajaran Mufrodat Kelas VII MTsN Pasir Lawas”, Jurnal Teknologi Pendidikan 11 (1): 98–110. doi: 10.32832/tek.pend.v11i1.5810.
Amrina., Mudinillah, A., dan Ulya, F. (2021). “Pemanfaatan Aplikasi Benime Untuk Pembelajaran Mufradat Siswa Kelas 1 Di MIN 1 Solok”, Arabia 13 (2): 191–212. doi: 10.21043/arabia.v13i2.12510.
Anisah, A., Dwistia, H., dan Selvia, F. (2022). "Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Melalui Metode Bercerita pada Kelompok A di RA. Akhlakul Karimah Tanjung Aman”, Al Jayyid: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), pp. 1–19.
Assidik, G. K. (2018). “Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Alternatif Media Pembelajaran Berbasis Literasi Digital Yang Interaktif Dan Kekinian”, Seminar Nasional SAGA Universitas Ahmad Dahlan 1 (1): 244.
Asy’arie, B. F., Ma’ruf, R. A., and Ulum, A. (2023). “Analisis Pendidikan Agama Islam dan Pendidikan Akhlak Perspektif Al-Ghazali”, Al-Qalam: Jurnal Kajian Islam Dan Pendidikan 15 (2): 155–66. doi: 10.47435/al-qalam.v15i2.2279.
Asy’arie, B. F., dkk. (2023). “Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menumbuhkan Aqidah Siswa Di SMP Islam Qur’ani Batanghari Lampung Timur”, Edusifa: Jurnal Pendidikan Islam 9 (2): 237–56. doi: 10.56146/edusifa.v9i2.152.
Aulia, F. (2014). “Pengembangan Media Pembelajarn Interaktif Berbasis Inkuiri Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa”, Chemistry in Education 3 (2): 126.
Bahri., dkk. (2022). “Aplikasi Tiktok Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Inggris di Indonesia”, Jurnal Indonesia Sosial Sains 3 (01): 120–30.
Bahri, S. (2022). “Konsep Pembelajaran PAI Di Era Society 5.0”, Edupedia 6 (2): 133–34.
Barta, S., dkk. (2023). “Influencer Marketing on TikTok: The Effectiveness of Humor and Followers’ Hedonic Experience”, Journal of Retailing and Consumer Services 70 (January): 103149. doi: 10.1016/j.jretconser.2022.103149.
Batubara, H. H. (2021). Media Pembelajaran Digital. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Bempa, Y., dkk. (2023). “Pemanfaatan Teknologi Aplikasi Tik Tok Pada Pembelajaran Di SMP Negeri 2 Tondano”, Jambura Journal Civic Education 3 (1): 2798–4818. doi: 10.37905/jacedu.v3i1.20089.
Citra, A., dan Dini, D. (2021). “Aplikasi Tik Tok Sebagai Media Pembelajaran Jarak Jauh Pada Mahasiswa Universitas Indraprasta PGRI”, Jurnal Educatio 7 (3): 1130. doi: 10.31949/educatio.v7i3.1317.
Dwistia, H., dkk. (2022). “Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam”, Ar-Rusyd: Jurnal Pendidikan Agama Islam 1 (2): 81–99. doi: 10.61094/arrusyd.2830-2281.33.
Dwistia, H., Latif, S., dan Widiastuti, R. (2013). "Correlation Between Students’ Social Interaction With”, Bimbingan dan Konseling, pp. 1–12.
Efendi, N. M. (2018). “Revolusi Pembelajaran Berbasis Digital (Penggunaan Animasi Digital Pada Start Up Sebagai Metode Pembelajaran Siswa Belajar Aktif)”, Habitus: Jurnal Pendidikan, Sosiologi, & Antropologi 2 (2): 180. doi: 10.20961/habitus.v2i2.28788.
Guillen, M. E., Tirado, D. M., dan Sanchez, A. R. (2022). “The Impact of COVID-19 on University Students and Competences in Education for Sustainable Development: Emotional Intelligence, Resilience and Engagement”, Journal of Cleaner Production 380 (November): 135057. doi: 10.1016/j.jclepro.2022.135057.
Asy’arie, B. F., dan Haris. A. (2023). “Hakikat Manusia Sebagai Pelaku Pendidikan Islam.” Ta’limDiniyah: Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies) 4 (1): 32–49. doi: 10.53515/tdjpai.v4i1.97.
Asy’arie, B. F., Mujab, M., dan Mubaraq, Z. (2023). “Islamic Religious Education Learning Innovation Through Digital Media: A Literature Review”, International Seminar On Islamic Education & Peace 3 (December): 1–18.
Fauzi, A. R., Zainuddin., dan Atok, R. (2017). “Penguatan Karakter Rasa Ingin Tahu Dan Peduli Sosial Melalui Discovery Learning”, Jurnal Teori Dan Praksis Pembelajaran IPS 2 (2): 30. doi: 10.17977/um022v2i22017p079.
Fitri, F., dan Ardipal. (2021). “Pengembangan Video Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Kinemaster Pada Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar”, Jurnal Basicedu 5 (6): 6330–38. doi: 10.31004/basicedu.v5i6.1387.
Fernando, F., Siswanto., Suryana, E. (2014). “Aplikasi Kriptografi Untuk Mengamankan File Audio Video Menggunakan Visual Basic .Net”, Jurnal Media Infotama 10 (1): 27–34.
Hamzah, A. (2022). Metode Penelitian Kepustakaan (Library Research) Kaajian Filosofis, Teoritis, Aplikasi Proses Dan Hasil. Depok: PT Rajagrafindo Persada.
Hariyadi, A. (2020). “Inovasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) (Studi Pembelajaran PAI Berbasis Inquiri)”, Semnaspa: Seminar Nasional Pendidikan dan Agama 1 (1): 32.
L, Helena, F., Ansori, Y. Z., dan Saputra, D. S. (2021). “Studi Literature: Tik Tok Sebagai Media Kreatif Dalam Pengajaran Daring Di Sekolah Dasar”, Seminar Nasional Pendidikan, FKIP UNMA 2021 “System Thinking Skills Dalam Upaya Transformasi Pembelajaran Di Era Society 5.0,” 242.
Kurniati, P., dkk. (2022). “Model Proses Inovasi Kurikulum Merdeka Implikasinya Bagi Siswa Dan Guru Abad 21”, Jurnal Citizenship Virtues 2 (2): 410. doi: 10.37640/jcv.v2i2.1516.
Mahrus. (2021). “Desain Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam”, Jurnal Pendidikan Islam 7 (1): 81–100. doi: 10.37286/ojs.v7i1.93.
Mundiri, A., dan Hasanah, R. U. (2018). “Inovasi Pengembangan Kurikulum Pai Di Smp Nurul Jadid”, Tadrib: Jurnal Pendidikan Agama Islam 4 (1): 40–68. doi: 10.19109/tadrib.v4i1.1721.
Mutanaffisah, R., Ningrum, R., dan Widodo, A. (2021). “Ketepatan Pemilihan Pendekatan, Metode, dan Media Terhadap Karakteristik Materi IPA”, Jurnal Inovasi Pendidikan IPA 7 (1): 12–21. doi: 10.21831/JIPI.V7I1.32622.
Nadiyah, D. L. (2021). “Pemanfaatan Aplikasi Tik Tok Sebagai Media Pembelajaran Akidah Akhlak Di MTS NU Banat Kudus”, Al-Riwayah: Jurnal Kependidikan 13 (2): 263–80. doi: 10.47945/al-riwayah.v13i2.393.
Nurlaeli, A. (2020). “Inovasi Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Pada Madrasah Dalam Menghadapi Era Milenial”, Jurnal Wahana Karya Ilmiah 4 (2): 722–36.
Pea, J. I., dkk. (2021). “Media Pembelajaran Fisika Berbasis Tik Tok Untuk Membantu Pemecahan Masalah Dan Kemandirian Belajar Peserta Didik”, Jurnal Riset Kajian Teknologi Dan Lingkungan 4 (1): 262–67.
Pranoto, I, dan E, Agraini. (2021). “Aplikasi Tik Tok: Pengembangan Media Pembelajaran Perkuliahan Desain Dwimatra Prodi Sendratasik Universitas Palangka Raya”, Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial 13 (2): 172.
Pudjastawa, A. W., dan Cantika, V. M. (2020). “Penerapan Google Drive Bersama Sebagai Perpustakaan Digital”, Piwulang: Jurnal Pendidikan Bahasa Jawa 8 (2): 89–95. doi: 10.15294/piwulang.v8i2.42114.
Puspitasari, A. C. D. D. (2021). “Aplikasi Tiktok Sebagai Media Pembelajaran Jarak Jauh Pada Mahasiswa Universitas Indraprasta PGRI”, Jurnal Educatio FKIP UNMA 7 (3): 1127–34. doi: 10.31949/educatio.v7i3.1317.
Rusdi, M. (2018). Penelitian Desain Dan Pengembangan Kependidikan. In, 86. Depok, PT Rajagrafindo Persada.
Setiawati, L. (2023). “Aplikasi Tiktok Sebagai Media Pemebelajaran PAI”, Educare: Jurnal Ilmu Pendidikan 2 (1): 25–33.
Siregar, E. T., Alfina, O., dan Ambarita, W. P. P. D. (2023). “Pelatihan Pembuatan Iklan Pemasaran Produk Promosi Menggunakan Aplikasi Voice Maker Pengisi Audiotext to Speech (TTS) DI SMK BM Budi Agung Medan”, Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat Methabdi 3 (1): 54–58. doi: 10.46880/methabdi.Vol3No1.pp54-58.
Su, C., dkk. (2021). “Viewing Personalized Video Clips Recommended by TikTok Activates Default Mode Network and Ventral Tegmental Area”, NeuroImage 237 (May): 118136. doi: 10.1016/j.neuroimage.2021.118136.
Fatimah, S. D., Hasanudin, C., dan Amin, A. K. (2021). “Pemanfaatan Aplikasi Tik Tok Sebagai Media Pembelajaran Mendemonstrasikan Teks Drama”, Indonesian Journal Of Education And Humanity 1 (2): 120–28.
Susilowati, E. (2022). “Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam”, Al-Miskawaih: Journal of Science Education 1 (1): 115–32. doi: 10.56436/mijose.v1i1.85.
Suyadi., dkk. (2022). “Academic Reform and Sustainability of Islamic Higher Education in Indonesia”, International Journal of Educational Development 89 (March): 102534. doi: 10.1016/j.ijedudev.2021.102534.
Syaibani, I. A., dan Zainiyati, H. S. (2022). “Penggunaan Aplikasi Tik Tok Sebagai Media Pembelajaran SKI Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Mi Miftahussudur 01 Dagangan”, Jurnal Lentera: Kajian Keagamaan, Keilmuan Dan Teknologi 21 (1): 79–85.
Tan, O. S. (2003). Problem-Based Innovation Learning Using Problems to Power Learning in the 21st Century. Cengage Learning.
Taubah, M. (2020). “Aplikasi Tik Tok Sebagai Media Pembelajaran Maharah Kalam”, Mu’allim: Jurnal Pendidikan Islam 2 (1): 57–66.
Tekege, M. (2017). “Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Pembelajaran SMA YPPGI Nabire”, Jurnal Teknologi Dan Rekayasa 2 (1): 40–52.
Thaha, A. (2023). “Problematika Pendidikan Agama Islam Di Era Disrupsi Perspektif Epistemologi”, Ar-Rusyd: Jurnal Pendidikan Agama Islam 2 (1): 70–87. doi: 10.61094/arrusyd.2830-2281.58.
Budi, A. (2017). “Implementasi Aplikasi Photo Editor Berbasis Android Untuk Desain Website”, Jurnal Informatika Dan Bisnis 6 (1): 7–17.
Trilaksono, A. R. (2020). “Efektivitas Penggunaan Google Drive Sebagai Media Penyimpanan Di Kalangan Mahasiswa”, Jurnal Digital Teknologi Informasi 1 (2): 91–97. doi: 10.32502/digital.v1i2.1651.
Varheim, A., Skare, R., dan Lenstra, N. (2019). “Examining Libraries as Public Sphere Institutions: Mapping Questions, Methods, Theories, Findings, and Research Gaps”, Library & Information Science Research 41 (2): 93–101. doi: 10.1016/j.lisr.2019.04.001.
Vidyastuti, A. N., Effendi, M. M., dan Darmayanti, R. (2022). “Aplikasi Tik-Tok: Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Materi Barisan Dan Deret Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa SMA”, Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah Di Bidang Pendidikan Matematika 8 (2): 91–106. doi: 10.29407/jmen.v8i2.18267.
Widiyastuti, E., dan Yuliastuti, M. N. (2022). “Pemanfaatan Teknologi Smartphone Dalam Pembuatan Media Pembelajaran Pada Pembelajaran Daring Seni Budaya Di Masa Pandemi”, Dwija Cendekia: Jurnal Riset Pedagogik 6 (3): 544. doi: 10.20961/jdc.v6i3.68125.
Zhou, Q., Sotiriadis, M., dan Shen, S. (2023). “Using TikTok in Tourism Destination Choice: A Young Chinese Tourists’ Perspective”, Tourism Management Perspectives 46 (March): 101101. doi: 10.1016/j.tmp.2023.101101.
Zubaidillah, M. H., dan Nuruddaroini, M. A. S. (2019). “Analisis Karakteristik Materi Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Jenjang SD, SMP Dan SMA”, Addabana: Jurnal Pendidikan Agama Islam 2 (1): 1–11. doi: 10.47732/adb.v2i1.95.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Bima Fandi Asy’arie

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
1) Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepenulisan karya dan publikasi awal di jurnal ini.
2) Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan awal publikasi di jurnal ini.
3) Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusi atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menghasilkan pertukaran yang produktif, serta kutipan lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.