Pengaruh Metode Ceramah dan Metode Tanya Jawab Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadis di MAN Bangkalan
DOI:
https://doi.org/10.61094/arrusyd.2830-2281.121Kata Kunci:
metode ceramah, Metode Tanya Jawab, minat belajar siswa, Al-qur’an HadisAbstrak
Tujuan dalam penelitian ini untuk dapat mengetahui apakah terdapat pengaruh serta besaran pengaruh metode ceramah & metode tanya jawab terhadap minat belajar siswa kelas XI AGAMA dan XI BAHASA pada mata pelajaran al-qur’an hadis di Madrasah Aliyah Negeri Bangkalan tahun ajaran 2022/2023. Penelitian ini merupakan penelitian populasi dengan jumlah total responden sebanyak 34 siswa dengan pendekatan kuantitatif model survey. Instrumen utama pengumpulan data adalah menggunakan angket. Data yang memenuhi dan lolos uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, kemudian dianalisis menggunakan Uji F pada Regresi Linier Berganda memakai program IBM SPSS Statistics 21 yang menghasilkan persamaan berikut ini : Ŷ = 8,390 + 0,382 + 0,383. Hasilnya menunjukkan bahwa Fhitung 19,269 > Ftabel 3,30 df = 2; df2 = 31 pada taraf signifikansi 5% yang mengindikasikan bahwa metode ceramah dan metode tanya jawab berpengaruh simultan kepada minat belajar siswa. R Square 0,554 mengartikan bahwa variabel metode ceramah dan metode tanya jawab memiliki kontribusi sebesar 55,4% terhadap variabel minat belajar siswa. Sedangkan sisanya dipengaruhi terhadap variabel lainnya yang tidak ada dalam penelitian. Nilai R Square 55,4% dapat diklasifikasikan memiliki pengaruh yang sedang/moderat terhadap variable dependen berdasarkan teori yang dikemukakan oleh Chin.
Referensi
Abdullah, M. (2015). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Aswaja Pressindo.
Ahmad, M. Y., Tambak, S., dan Constantiani, N. (2017). “Hubungan Metode Tanya Jawab dengan Minat Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam”, Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 2(1), 89–110.
Ahmaddien, I., dan Syarkani, Y. (2019). Statistika Terapan dengan Sistem SPSS, ITB Press.
Akrim. (2021.) Strategi Peningkatan Daya Minat Belajar Siswa: Belajar PAI Mencetak Karakter Siswa, Pustaka Ilmu.
Ananda, R., dan Fadhli, M. (2018). Statistik Pendidikan, CV Widya Puspita.
Ananda, R., dan Hayati, F. (2020). Variabel Belajar (Kompilasi Konsep), Pusdikra MJ.
Dewi, S. K., dan Sudaryanto, A. (2020). “Validitas dan Reliabilitas Kuisioner Pengetahuan, Sikap dan Perilaku Pencegahan Demam Berdarah”, Prosiding Seminar Nasional Keperawatan Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Ekolu, S. O., dan Quainoo, H. (2019). "Reliability of Assessments in Engineering Education using Cronbach’s Alpha, KR and Split-Half Methods", Global Journal of Engineering Education, 21(1), 24–29.
Fikri, M. (2017). "Konsep Pendidikan Islam; Pendekatan Metode Pengajaran", Jurnal Ilmiah Islam Futura, 11(1), 116–128. doi: 10.22373/jiif.v11i1.66.
Garson, G. D. (2016). Partial Least Squares: Regression & Structural Equation Models. Statistical Publishing Associates.
Haerullah, A., dan Hasan, S. (2017). Model & Pendekatan Pembelajaran Inovatif (Teori dan Aplikasi), CV Lintas Nalar.
Hanief, Y. N., dan Himawanto, W. (2017). Statistik Pendidikan, Deepublish.
Hariyati, T., dkk. (2022). "Karakteristik Instrumen Penilaian Pendidikan Agama Islam", Education Journal: Penelitian Ibnu Rusyd Kotabumi, 3(1), 1–7.
Hidayat, R., dan Abdillah. (2019). "Ilmu Pendidikan: Konsep, Teori dan Aplikasinya", Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia (LPPPI).
Hinton, P. R., McMurray, I., dan Brownlow, C. (2014). SPSS Explained. Routledge.
Jusmawati., Satriawati., dan Irman. (2018). Strategi Belajar Mengajar. Rizky Artha Mulia.
Khoiruddin, M. (2016). Pendidikan Berbasis Tauhid Perspektif Al-Quran, Unida Pers.
Mutoi, M., dan Dwistia, H. (2023). "Aktivitas Belajar Siswa Melalui Metode Pembelajaran Inkuiri Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam", Ar-Rusyd: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), 159–171.
Nur Wulandari, L., dan Dwistia, H. (2023). "Kemampuan Berhitung Menggunakan Permainan Balok Angka Pada Masa Pandemi di Kelompok B TK Yustisia", Al Jayyid: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 62–74.
Priadana, S., Sunarsi, D. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif, Pascal Book.
Purnomo, R. A. (2016). Analisis Statistik Ekonomi dan Bisnis dengan SPSS. CV Wade Group.
Rohansyah, M. (2017). Dampak Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Di Rumah Sakit (Studi Kasus Di Rumah Sakit Bahteramas Dan Aliyah), Gawe Buku.
Saragih, J. R. (2018). Perencanaan Wilayah dan Pengembangan Ekonomi Lokal Berbasis Pertanian, Pustaka Pelajar.
Setyawan, F. E. B. (2017). Pengantar Metodologi Penelitian (Statistika Praktis), Zifatama Jawara.
Sihabudin, Wibowo, D., dkk (2021). Ekonometrika Dasar: Teori dan Praktik Berbasis SPSS. CV Pena Persada.
Sitohang, J. (2017). "Penerapan Metode Tanya Jawab Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Pada Siswa Sekolah Dasar", Suara Guru: Jurnal Ilmu Pendidikan Sosial, sains, dan Humaniora, 3(4), 681–687.
Sudrajat, D. (2020). Pengantar Statistika Pendidikan Disertai Aplikasi Program SPSS, Pusat Kajian Bahasa dan Budaya.
Sunawan., dkk. (2017). "Classroom Engagement and Mathematics Achievement of Senior and Junior High School Students", Proceedings of the International Conference on Teacher Training and Education 2017, (ICTTE 2017), Atlantis Press. doi: 10.2991/ictte-17.2017.26
Syukur, T. A., dan Rafiqoh, S. (2022). Pengantar Ilmu Pendidikan. CV Patju Kreasi.
Waluyo, M., dan Rachman, M. (2020). Mudah Cepat Tepat Dalam Aplikasi Structural Equation Modeling (Edisi Revisi), Literasi Nusantara.
Wekke, I. S. (2019). Metode Penelitian Sosial. Gawe Buku.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Ibnuh Sulaiman

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
1) Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepenulisan karya dan publikasi awal di jurnal ini.
2) Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan awal publikasi di jurnal ini.
3) Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusi atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menghasilkan pertukaran yang produktif, serta kutipan lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.