Peran Teknologi Dalam Perkembangan Pendidikan Islam Abad 21 Di Era Society 5.0
DOI:
https://doi.org/10.61094/arrusyd.2830-2281.114Kata Kunci:
Teknologi, Pendidikan Islam, Abad 21Abstrak
Tujuan dari penulisan artikel ini yaitu untuk mengetahui peranan teknologi dalam mengembangkan pendidikan islam di abad 21 sehingga dapat meningkatkan proses belajar mengajar yang lebih efektif dan efisien dalam pembelajaran materi pendidikan islam. Penulisan dalam penelitian ini ini menggunakan metode penelitian kepustakaan (library reserch) berupa studi literatur. Berdasarkan dari beberapa penelitian yang telah dilakukan bahwa adanya teknologi pendidikan mampu menunjang kegiatan pembelajaran yang efektif terlebih dalam materi Pendidikan Agama Islam. Adanya teknologi mampu memberikan manfaat yang besar dalam pendidikan islam. Berdasarkan dari beberapa penelitian yang telah dilakukan dapat ditarik kesimpulan bahwa adanya teknologi pendidikan mampu menunjang kegiatan pembelajaran yang efektif terlebih dalam materi Pendidikan Agama Islam. Adanya teknologi mampu memberikan manfaat yang besar dalam pendidikan islam. Dengan menggunakan teknologi secara bijak dalam pendidikan agama islam akan mampu memberikan dampak yang baik khususnya bagi para kaum milenial. Meskipun masih banyak tantangan yang perlu dihadapi dalam penggunaan teknologi tapi adanya teknologi sangatlah berperan penting dalam perkembangan pendidikan agama islam di abad 21 di Era Society 5.0 ini.
Referensi
Alfi, A. M., Febriasari, A., dan Azka, J. N. (2023). “Transformasi Pendidikan Agama Islam Melalui Teknologi”, Jurnal Religion: Jurnal Agama, Sosial, dan Budaya, 1(4), pp. 511–522.
Alghozi, A. A., dkk. (2021). “Penggunaan Platform Padlet Sebagai Media PembelajaranDaring Pada Perkuliahan Teknologi Pendidikan Islam Di Masa Pandemi Covid 19”, ANWARUL: Jurnal Pendidikan dan Dakwah, 1(1), pp. 137–152. doi: 10.58578/anwarul.v1i1.52.
Ali, A., dan Erihadiana, M. (2022). ”Peningkatan Kinerja Teknologi Pendidikan dan Penerapannya pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam”, Jurnal Dirosah Islamiyah, 4(1), 49–58. doi: 10.47467/jdi.v4i1.445
Anggraeny, D., Nurlaili, D. A., dan Mufidah, R. A. (2020). ”Analisis Teknologi Pembelajaran dalam Pendidikan Sekolah Dasar”, FONDATIA: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 150–157.
Anisah, A., Dwistia, H. dan Selvia, F. (2022). “Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Melalui Metode Bercerita pada Kelompok A di RA. Akhlakul Karimah Tanjung Aman”, Al Jayyid: Jurnal Pendidikan …, 1(1), pp. 1–19.
Arribathi, A. H., dkk. (2021). ”Peran Teknologi Informasi Dalam Pendidikan Agama Islam Untuk Menghadapi Tantangan Di Era Global Dan Generasi Z”, Alphabet Jurnal Wawasan Agama Risalah Islamiah, 1(1), 55–65.
Budiyono, A. (2019). ”Ruang Lingkup Teknologi Pendidikan Agama Islam di Era Indrustri 4.0”, ATTAQWA: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 15(1), 64–74. 10.5281/zenodo.3382449
Chadidjah, S., Erihadian, M., dan Saefulmillah, A. (2020). ”Pendidikan Islam Abad 21 Perspektif Disipliner Dan Interdisipliner”, FASTABIQ: Jurnal Studi Islam, 1(1), 80–97.
Dwistia, H., dkk. (2022). “Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam”, Ar Rusyd: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(2), 81–99.
Fauzi, M. dan Arifin, M. S. (2023). “Teknologi Informasi Dan Komunikasi (TIK) Dalam Pendidikan Islam”, Al-Ibrah: Jurnal Pendidikan dan Keilmuan Islam, 8(1), pp. 19-33.
Hajri, M. F. (2023). ”Pendidikan Islam di Era Digital: Tantangan dan Peluang pada Abad 21”, AL-MIKRAJ: Jurnal Studi Islam Dan Humaniora, 4(1), 33–41.
Jamar, A. dan Noh, M. A. C. (2021). “Gamifikasi Aplikasi Kahoot Dalam Pembelajaran Dan Pemudahcaraan (PDPC) Pendidikan Islam”, Seminar Antarabangsa Isu-Isu Pendidikan (ISPEN 2020), 269–280(January), p. 13.
Mardiana., dkk. (2021). ”Peran Teknologi Dalam Pendidikan Agama Islam Pada Globalisasi Untuk Kaum Milenial (Pelajar)”, Alphabet Jurnal Wawasan Agama Risalah Islamiah, Teknologi Dan Sosial, 1(1), 65–74.
Mulyani, D. K. (2022). ”Aplikasi Kinemaster sebagai Media Pembelajaran Daring pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam”, 1(1), pp. 1–26. doi:10.61094/arrusyd.2830-2281.4.
Nawi, M. Z. M. (2020). ”Transformasi Pengajaran dan Pembelajaran Multimedia dalam Pendidikan Islam: Satu Perbincangan”, Journal of ICT In Education, 7(2), 14–26. doi: 10.37134/jictie.vol7.2.2.2020
Wulandari, L, N., dan Dwistia, H. (2023). “Kemampuan Berhitung Menggunakan Permainan Balok Angka Pada Masa Pandemi di Kelompok B TK Yustisia”, Al Jayyid: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 62–74.
Pradika, P. W. T. A. (2022). ”Peran Teknologi Pendidikan Dalam Pendidikan Islam”, Jurnal Dirosah Islamiyah, 4(2), 174–183. doi: 10.17467/jdi.v4i2.692
Prihatana, D. I. dkk. (2022). ”Peran Teknologi Dalam Pendidikan Islam”, JurnalPendidikan Islam, 6(1), pp. 38–53. doi: 10.47467/jdi.v4i2.692.
Salsabila, U. H., Fitrah, P. F., dan Nursangadah, A. (2020). ”Eksistensi Teknologi Pendidikan dalam Kemajuan Pendidikan Islam Abad 21”, Jurnal Eduscience, 7(2), 68–77. doi: 10.36987/jes.v7i2.1913
Salsabila, U. H., dan Niar, A. (2021). “Peran Teknologi Pendidikan dalam Pembelajaran”, Islamika: Jurnal Keislaman Dan Ilmu Pendidikan, 3(1), 123–133.
Zakariyah., Arif, M., dan Faidah, N. (2022). “Analisis Model Kurikulum Pendidikan Agama Islam di Abad 21”, At-Ta’dib: Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Agama Islam, 14(1), 1–13. doi: 10.47498/tadib.v14i1.964
Alfi, A. M., Febriasari, A., dan Azka, J. N. (2023). “Transformasi Pendidikan Agama Islam Melalui Teknologi”, Jurnal Religion: Jurnal Agama, Sosial, dan Budaya, 1(4), pp. 511–522.
Alghozi, A. A., dkk. (2021). “Penggunaan Platform Padlet Sebagai Media PembelajaranDaring Pada Perkuliahan Teknologi Pendidikan Islam Di Masa Pandemi Covid 19”, ANWARUL: Jurnal Pendidikan dan Dakwah, 1(1), pp. 137–152. doi: 10.58578/anwarul.v1i1.52.
Ali, A., dan Erihadiana, M. (2022). ”Peningkatan Kinerja Teknologi Pendidikan dan Penerapannya pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam”, Jurnal Dirosah Islamiyah, 4(1), 49–58. doi: 10.47467/jdi.v4i1.445
Anggraeny, D., Nurlaili, D. A., dan Mufidah, R. A. (2020). ”Analisis Teknologi Pembelajaran dalam Pendidikan Sekolah Dasar”, FONDATIA: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 150–157.
Anisah, A., Dwistia, H. dan Selvia, F. (2022). “Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Melalui Metode Bercerita pada Kelompok A di RA. Akhlakul Karimah Tanjung Aman”, Al Jayyid: Jurnal Pendidikan …, 1(1), pp. 1–19.
Arribathi, A. H., dkk. (2021). ”Peran Teknologi Informasi Dalam Pendidikan Agama Islam Untuk Menghadapi Tantangan Di Era Global Dan Generasi Z”, Alphabet Jurnal Wawasan Agama Risalah Islamiah, 1(1), 55–65.
Budiyono, A. (2019). ”Ruang Lingkup Teknologi Pendidikan Agama Islam di Era Indrustri 4.0”, ATTAQWA: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 15(1), 64–74. 10.5281/zenodo.3382449
Chadidjah, S., Erihadian, M., dan Saefulmillah, A. (2020). ”Pendidikan Islam Abad 21 Perspektif Disipliner Dan Interdisipliner”, FASTABIQ: Jurnal Studi Islam, 1(1), 80–97.
Dwistia, H., dkk. (2022). “Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam”, Ar Rusyd: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(2), 81–99.
Fauzi, M. dan Arifin, M. S. (2023). “Teknologi Informasi Dan Komunikasi (TIK) Dalam Pendidikan Islam”, Al-Ibrah: Jurnal Pendidikan dan Keilmuan Islam, 8(1), pp. 19-33.
Hajri, M. F. (2023). ”Pendidikan Islam di Era Digital: Tantangan dan Peluang pada Abad 21”, AL-MIKRAJ: Jurnal Studi Islam Dan Humaniora, 4(1), 33–41.
Jamar, A. dan Noh, M. A. C. (2021). “Gamifikasi Aplikasi Kahoot Dalam Pembelajaran Dan Pemudahcaraan (PDPC) Pendidikan Islam”, Seminar Antarabangsa Isu-Isu Pendidikan (ISPEN 2020), 269–280(January), p. 13.
Mardiana., dkk. (2021). ”Peran Teknologi Dalam Pendidikan Agama Islam Pada Globalisasi Untuk Kaum Milenial (Pelajar)”, Alphabet Jurnal Wawasan Agama Risalah Islamiah, Teknologi Dan Sosial, 1(1), 65–74.
Mulyani, D. K. (2022). ”Aplikasi Kinemaster sebagai Media Pembelajaran Daring pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam”, 1(1), pp. 1–26. doi:10.61094/arrusyd.2830-2281.4.
Nawi, M. Z. M. (2020). ”Transformasi Pengajaran dan Pembelajaran Multimedia dalam Pendidikan Islam: Satu Perbincangan”, Journal of ICT In Education, 7(2), 14–26. doi: 10.37134/jictie.vol7.2.2.2020
Wulandari, L, N., dan Dwistia, H. (2023). “Kemampuan Berhitung Menggunakan Permainan Balok Angka Pada Masa Pandemi di Kelompok B TK Yustisia”, Al Jayyid: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 62–74.
Pradika, P. W. T. A. (2022). ”Peran Teknologi Pendidikan Dalam Pendidikan Islam”, Jurnal Dirosah Islamiyah, 4(2), 174–183. doi: 10.17467/jdi.v4i2.692
Prihatana, D. I. dkk. (2022). ”Peran Teknologi Dalam Pendidikan Islam”, JurnalPendidikan Islam, 6(1), pp. 38–53. doi: 10.47467/jdi.v4i2.692.
Salsabila, U. H., Fitrah, P. F., dan Nursangadah, A. (2020). ”Eksistensi Teknologi Pendidikan dalam Kemajuan Pendidikan Islam Abad 21”, Jurnal Eduscience, 7(2), 68–77. doi: 10.36987/jes.v7i2.1913
Salsabila, U. H., dan Niar, A. (2021). “Peran Teknologi Pendidikan dalam Pembelajaran”, Islamika: Jurnal Keislaman Dan Ilmu Pendidikan, 3(1), 123–133.
Zakariyah., Arif, M., dan Faidah, N. (2022). “Analisis Model Kurikulum Pendidikan Agama Islam di Abad 21”, At-Ta’dib: Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Agama Islam, 14(1), 1–13. doi: 10.47498/tadib.v14i1.964
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Habibah Shofiyah Assyifa

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
1) Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepenulisan karya dan publikasi awal di jurnal ini.
2) Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan awal publikasi di jurnal ini.
3) Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusi atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menghasilkan pertukaran yang produktif, serta kutipan lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.